5 Jenis Aplikasi Yang Sebaiknya Tidak Kamu Instal di Android

google playstore

Pada era milenial ini setiap orang pasti sudah memegang smartphone, terlebih lagi sekarang ini smartphone sudah lebih terjangkau harganya. Untuk smartphone low pasti masalah yang paling sering ditemukan adalah memori yang penuh. Selain membuat kinerja sartphone menjadi lemot juga hal ini bisa membuat baterai kamu menjadi boros.

Banyak pengguna smartphone khususnya android saat mengalami masalah ini pasti karena menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak begitut berguna. Biasanya aplikasi dengan embel-embel booster, saver dan sebagainya. Biasanya para developer aplikasi ini hanya memanfaatkan ketidak tauan user agar menginstal aplikasinya. Alih-alih tujuan kamu untuk membuat smartphone menjadi ringan malah semakin berat karena menginstal aplikasi tersebut.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kali ini admin yang sok tau ini akan memnyarankan kamu agar tidak menginstal 5 jenis aplikasi ini di smartphone kesayangan kamu. Apalagi kalo smartphone kamu masuk kelas low end. Berikut 5 jenis aplikasi smartphone yang sebaiknya tidak kamu instal atau uninstal dari smartphone kamu.

5 Jenis Aplikasi Yang Sebaiknya Tidak Kamu Instal di Android

1. Aplikasi Penghemat RAM

ram booster

Aplikasi jenis ini biasanya berjalan di background sistem yang dampaknya malah membuat smartphone kamu bukannya ringan karena RAMnya menjadi hemat justru menjadi berat karena aplikasi background bertambah. Aplikasi penghemat RAM ini sebenarnya hanya gimic yang membuat seolah-olah smartphone user lebih ringan bila menginstal aplikasi ini.

2. Clean Master

clean master

Berikutnya adalah aplikasi pembersih clean master, karena banyak pengguna yang beranggapan bahwa dengan menginstal aplikasi ini smartphonenya akan menjadi lebih stabil saat digunakan. walaupun benar aplikasi ini memang menghapus beberapa file cache dan data, namun sebaiknya kamu tidak perlu menginstalnya. Karena hal tersebut bisa kamu lakukan secara manual tanpa perlu menambah aplikasi melalui pengaturan aplikasi bawaan smartphone. Nah dari sini sudah jelas kan, daripada membuat memori penuh karena menginstal aplikasi ini, lebih baik kita secara manual menghapus data dan cache aplikasi langsung lewat pengaturan bawaan smartphone.

Baca Juga : Whatsapp Lite, Solusi Untuk Android Jadul Dengan Memori Terbatas

3. Aplikasi Penghemat Baterai

battery saver

Apliaksi jenis ini sistem kerjanya hampir sama dengan jenis aplikasi penghemat RAM. Jenis aplikasi ini menawarkan solusi untuk menghemat baterai kamu yang boros. Secara logika saja hal ini sulit untuk dilakukan. Coba bayangkan saja bagaimana caranya sebuah aplikasi bisa menghemat sebuah baterai ponsel. Sedangkan sebuah daya baterai akan berkurang seiring berjalannya proses aplikasi yang kamu jalankan dan juga aplikais background. Solusi terbaiknya untuk menghemat baterai smartphone kamu adalah dengan mengurangi multitasking dalam penggunaan smartphone. Selain itu kamu juga bisa mematikan animasi di smartphone agar baterai lebih awet.  Hal ini dirasa cukup lebih baik  daripada menginstal jenis aplikasi tersebut

4. Aplikasi Antivirus

anti virus

Memang benar smartphone rawan dengan yang namanya virus. Tapi perlu di ketahui, virus yang menyerang smartphone biasanya berasal dari situs atau aplikasi yang tidak jelas. Bila kamu menggunakan smartphone kamu hanya untuk membuka medsos, youtube, dan memutar lagu admin rasa kamu tidak perlu menginstal antivirus. Karena selain ukuannya yang besar dan memakan banyak memori. Aplikasi antivirus juga berjalan di background sistem yang membuat RAM kamu juga semakin sesak saat menjalankannya.

5. Game Booster

game booster

Jenis aplikasi terakhir adalah game booster. Dengan judul dan deskripsi yang cukup meyakinkan, banyak pengguna menginstal jenis aplikasi ini. Padahal cara kerja aplikasi ini hanya menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan, yang dimana hal tersebut bisa kita lakukan sendiri lewat pengaturan bawaan aplikasi. Memang ada beberapa aplikasi game booster yang memang benar-benar membuat smartphone bisa dengan lancar memainkan game. Tetapi admin rasa aplikasi jenis ini tidak perlu kamu instal, mengingat aplikasi ini sendiri juga memakan banyak ram karena berjalan di background.

Nah itu dia 5 jenis aplikasi yang sebaiknya tidak kamu instal di smartphone android kamu. Saran admin adalah installah aplikasi yang diperlukan saja. Bila ada tambahan atau masukkan bisa meninggalkan komentar. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.