aplikasi pendingin hp xiaomi terbaik

Aplikasi Pendingin Hp Xiaomi dan Android Lainnya

Salah satu masalah yang paling mengganggu saat menggunakan smartphone adalah suhu panas yang berlebih atau biasa kita sebut overheat. Kasus smartphone panas sering terjadi pada sistem operasi android dan bisa terjadi pada semua merk mulai dari Xiaomi, Samsung, Asus, Oppo, Realme, Vivo, Polytron dan merk lainnya yang menggunakan sistem operasi android.

Lalu apakah ada aplikasi pendingin Hp Xiaomi atau android lainnya? Tentu saja ada jika memang overheat disebabkan oleh sistem. Hp yang panas ini bisa dikarenakan beberapa hal berlebih seperti browsing, bermain game terlalu lama dan melakukan muiltitasking secara berlebihan.

Hp yang panas tentunya sangatlah tidak nyaman digunakan dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan baterai hp menjadi kembung dan sensitifitas layar menjadi kurang responsif. Beberapa kasus bisa menyebabkan EMMC error dan biaya untuk memperbaikinya tidaklah murah.

Salah satu pencegahan awal untuk mengatasi hp android overheat adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin Hp Xiaomi. Berikut ini beberapa aplikasi yang lumayan manjur untuk mendinginkan Hp Xiaomi dan android lainnya.

Aplikasi Pendingin Hp Xiaomi

1. Security Bawaan

Untuk smartphone merk xiaomi khususnya yang menggunakan MIUI bisa menggunakan aplikasi bawaan yang sudah terinstal yakni Security atau keamanan. Dalam aplikasi bawaan ini kita bisa memantau keamanan ponsel, baterai, dan pembersihan ruangan yang penuh akibat cache yang jarang terhapus.

Smartphone panas bisa diakibatkan memori yang hampir penuh, untuk itu kamu bisa melakukan pembersihan untuk menghapus file-file yang berukuran besar. Selain memori yang hampir penuh bisa juga karena aktivitas aplikasi dibelakang layar. Untuk mengeceknya bisa kamu lihat pada bagian Baterai dan Performa. Pastikan Hp Xiaomi memiliki poin diatas 95 dalam aplikasi Keamanan bawaan.

2. Clean Master

Untuk hp lain bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Clean Master. Clean master merupakan aplikasi pendingin hp yang sudah lumayan populer baik untuk pengguna desktop maupun smartphone. Kamu bisa mengunduhnya di Playstore gratis.

Dalam aplikasi Clean Master terdapat fitur bernama CPU Cooler yang mana berfungsi untuk mendinginkan hp xiaomi dengan menghentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang yang membuat kinerja prosesor dan RAM terlalu berat.

Selain ada CPU Cooler, dalam aplikasi Clean Master juga masih ada aplikasi lainnya seperti RAM booster untuk memaksimalkan kinerja RAM hp dan Battery Saver untuk menjaga kondisi baterai.

3. Cooler Master – CPU Cooler

Developer: Oxic Studio
Price: Free

Aplikasi pendingin Hp Xiaomi lainnya ada Cooler Master. Seperti namanya Cooler Master mampu mendinginkan hp xiaomi yang sering overheat atau terlalu panas saat digunakan.

Dengan aplikasi Cooler Master akan memantau keadaan suhu hp, sehingga jika suhu mendadak tinggi, aplikasi akan otomatis mematikan beberapa service dan background app untuk mendinginkannya.

Dengan ukuran aplikasi yang hanya 3MB, aplikasi pendingin hp xiaomi ini sangat cocok karena selain ringan juga tidak memakan banyak ruang memori.

4. Cooling Master – Phone Cooler

Sama seperti ketiga aplikasi sebelumnya, Cooling Master juga bisa menjadi pendingin hp yang bisa kamu coba. Aplikasi ini menyediakan fitur bernama Memory Boost yang mana berguna untuk membersihkan memory agar kinerja prosesor lebih ringan dan tentunya agar suhu lebih rendah lagi.

Dengan aplikai Cooling Master kamu taidak perlu khawatir jika aplikasi ini mengganggu kinerja hp. Karena aplikasi ini malah bisa meningkatkan performa hp kamu lebih dari sebelumnya.

5. Auto CPU Cooler Master

Developer: ZNP Labs
Price: Free

Aplikasi pendingin hp Xiaomi selanjutnya bernama Auto CPU Cooler Master yang mana aplikasi ini mampu mendinginkan Hp secara otomatis tanpa perlu seting-seting.

Dengan ukuran yang hanya 4MB, Aplikasi Auto CPU Cooler Master mampu mendinginkan hp yang memiliki spesifikasi rendah dengan mematikan beberpa proses yang tidak perlu dan dirasa memberatkan kinerja RAM dan CPU.

6. Finally Clean

Seperti yang sudah-sudah, Hp panas terkadang diakibatkan memori hp yang penuh. Salah satu penyebab memori cepat penuh adalah Cache atau file sementara yang menumpuk. Nah, cache ini biasanya berasal dari beberpa aplikasi media sosial seperti Whatsapp, FB, Instagram dan browser.

Untuk menghapusnya kita bisa menggunakan aplikasi Finally Clean. Aplikasi ini bisa melakukan pembersihan cache dengan mudah dan melakukan boost cache yang berguna untuk mendinginkan Hp android kamu.

7. Set CPU

Developer: SetCPU Inc
Price: Rp 28.000,00

Aplikasi berikut ini tentunya lebih advance dari aplikasi sebelumnya dimana untuk menggunakannya hp android kamu mesti di Root terlebih dahulu. Hp Xiaomi atau android yang sering panas sering dikarenakan kinerja procesor yang tidak stabil.

Disini aplikasi Set CPU bertugas untuk mengatur secara manual. Selain bisa untuk mendinginkan hp, Set CPU juga bisa digunakan untuk menambah performa android dengan menaikkan clock speed CPU. Tapi disini kami tidak menyarankannya karena bisa menyebabkan panas berlebih pada Hp Android.

8. Kernel Toolkit

Developer: Smart apps
Price: Free

Aplikasi Kernel Toolkit juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan Set CPU. Dengan aplikasi ini kita bisa mendinginkan hp dengan menyetting kecepatan CPU ke angka yang lebih rendah untuk CPU Android.

Untuk menggunakan aplikasi ini android diharuskan sudah Root. Dengan aplikasi Kernel Toolkit tidak hanya bisa menurunkan panas berlebih pada android. Tapi juga bisa membuat baterai lebih irit karena kinerja procesor diturunkan.

Nah, Mungkin itu saja yang beberapa rekomendasi aplikasi pendingin hp Xiaomi. Selain hp xiaomi, aplikasi diatas juga bisa kamu pakai di hp android merk lainnya seperti samsung, Oppo, Realme, Vivo, Asus dan lainnya.

Semoga daftar aplikasi penmdingin hp diatas bisa membantu untuk mendinginkan smartphone kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir.