Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android adalah sesuatu yang banyak dicari khususnya untuk mereka yang suka internetan dan sering download-download file besar. Tentunya dengan keneksi yang stabil kecepatan download bisa lebih tinggi dan saat bermain game pun menjadi lebih lancar tanpa perlu takut ping merah.

Meski saat ini sudah memasuki era jaringan 5G, sayangnya beberapa tempat untuk jaringan 4G sendiri masih belum maksimal. Karena itulah diperlukan sedikit trik agar internet bisa lebih stabil. Beberapa cara untuk membuat koneksi lebih stabil bisa kamu lakukan langsung dari pengaturan smartphone atau pengaturan bawaan android. Tapi ada juga yang membutuhkan aplikasi tambahan seperti aplikasi penguat sinyal untuk membantu menstabilkan jaringan koneksi internet.

Jika kamu ingin tau bagaimana cara ampuh menstabilkan koneksi internet di android, berikut beberapa cara yang bisa kamu pakai agar internet lebih stabil dan main game tidak lagi lag.

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

1. Atur Prioritas Jaringan

Seperti yang sudah kami singgung diatas dimana jarignan di negara kita ini kurang merata. Hal ini dikarenakan letak geografis yang banyak pegunungan dan minimnya menara BTS di suatu daerah. Nah, salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengatur prioritas jaringan. Untuk mengatur prioritas jaringan kamu bisa menuju Pengaturan > Jaringan & Internet > Mobile network > pada bagian Simcard Setting pilih SIM card yang digunkana untuk internet > Pilih Preferred netword Type dan pilih Prefer LTE atau boleh juga LTE Only.

Jika kondisi jaringan 4G di daerah kamu tidak stabil kamu juga bisa menurunkan ke frekuensi 3G/HSPDA. Terkadang frekuensi 3G lebih stabil ketimbang 4G di beberapa daerah dan masih cukup lancar untuk bermain game.

2. Bersihkan cache

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan cache. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang lebih pada memori internal. Cache yang menumpuk dan membuat ruang penyimpanan hampir penuh ternyata juga turut mendukung koneksi menjadi lemot dan tidak stabil.

Untuk smartphone keluaran terbaru kebanyakan sudah menyediakan aplikasi bawaan utnuk membersihkan Cache ini dengan nama Cleaner. Jika kamu penggunakan hp lama bisa dilakukan secara manual dengan menuju pengaturan > management aplikasi > Pilih aplikasi yang cachenya mau dihapus > Clear cache. Beberapa aplikasi yang menyimpan banyak cache seperti Facebook, IG, WA, Youtube dan media sosial lainnya bisa jadi prioritas.

Jika tidak mau manual bisa mendownload aplikasi cleaner di playstore seperti CC  Cleaner, Cache Cleaner, dan aplikasi sejenis.

 3. Pakai aplikasi Connection Stabilizer

Cara selanjutnya adalah dengan aplikasi penguat sinyal. Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk menguatkan sinyal yakni Connection Stabilizer Booster. Aplikasi ini cukup ampuh untuk menstabilkan koneksi internet. Aplikasi ini memiliki cara kerja seperti cara pertama namun lebih advanced. Connection Stabilizer mampu memindai jaringan yang paling stabil untuk di gunakan. Kamu bisa download aplikasi ini gratis di Playstore.

4. Instal AD Block

Hp menjadi lemot dan internet tidak stabil juga bisa dikarenakan adware atau iklan berlebih yang menyerang hp. Iklan ini tentunya juga memakan bandwith data internet yang menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil. Cara manual kamu bisa memblokir iklan-iklan tersebut dengan mencopot pemasangan aplikasi terkait atau bisa juga dengan aplikasi AD Block. Untuk lebih jelasnya bisa baca Cara Menghilangkan Iklan di HP Android.

5. Cek aplikasi berjalan

Tips selanjutnya mengenai cara agar koneksi internet stabil di android adalahd engan mengecek status aplikasi berjalan. Beberapa aplikasi terkadang masih berjalan meski kita sudah mengeluarkannya, Untuk mengeceknya bisa ke Pengaturan > Management Aplikasi > Pilih aplikasi Berjalan. disini kamu bisa lihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Kamu bisa menghentikan aplikasi yang dirasa mencurigakan.

6. Masuk Mode Pesawat

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan restart jaringan. Cara termudah untuk restar jaringan adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat dan mematikannya lagi. Lakukan cara ini jika dirasa internet kamu mendadak lemot dan tidak mau jalan.

7. Reboot perangkat

Melakukan reboot atau restart perangkat adalah salah satu cara ampuh yang berlaku utnuk semua sistem oeprasi ketika berjalan. Internet lemot dan tidak stabil bisa dikarenakan sistem android kamu mengalami masalah sambungan internet. Dengan melakukan reboot atau restart diharapkan sistem android kembali norman dan berjalan dengan baik lagi.

8. Pindah lokasi

Koneksi yang tidak stabil bisa dikarenakan kondisi ruangan tertutup. cobalah untuk pindah lokasi ke tempat yang lebih terbuka agar android bisa mendapatkan sinyal yang lebih stabil. Pastikan juga di sekitarmu tidak ada benda-benda yang bisa mengganggu jaringan telepon. Beberapa benda yang bisa mengganggu sinyal seperti kulkas, microwave, permukaan besi, bahkan cermin. Cobalah untuk menghindari benda-benda tersebut untuk menstabilkan koneksi internat.

9. Ganti ROM

Khusus untuk nomor 9 ini adalah mereka yang suka oprek dan gonta ganti ROM. Masalah sinyal tidak stabil di android juga bisa dikarenakan ROM yuang digunakan tidak stabil dan lemah dalam menangkap sinyal internet. Cobalah untuk mengganti ke ROM Official atau ROM Stable agar sistem bisa bekerja dengan lancar.

10. Pasang Penguat Sinyal

Jika memang semua cara diatas masih belum mampu menangani masalah internet tidak stabil cara terakhir adalah dengan memasang penguat sinyal. Cara terakhir ini tentunya kamu harus sedikit modal. Dengan Antena penguat sinyal tentunya penerimaan sinyal bisa lebih stabil dan lancar.

Akhir Kata

Nah, itu dia 10 Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android yang bisa kamu coba. Semua cara diatas tentunya bisa kamu praktekkan langsung di smartphone android tanpe perlu Root dan berlaku untuk semua operator di indonesia mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Axis, dan lainnya. Semoga dengan tips ini jaringan menajadi lancar dan bermain game tanpa lag.