Cara buat Related Post/Posting Terkait WordPress

Saat kamu mengunjungi sebuah artikel di blog pastinya sang penulis sering menautkan artikel relevan lainnya di postingan tersebut. Tautan ini biasanya dibumbui dengan kata-kata baca juga, artikel terkait dan lainnya. Hal ini tentunya dilakukan untuk membuat sang pengunjung betah berlama-lama tinggal di blog tersebut. Dengan lamanya pengunjung tinggal di blog kamu tentunya akan mempengaruhi bounce rate dan meningkatkan pageview.

Pada umumnya relate post Baca juga ditaruh di bagian -bagian tertentu agar pembaca bisa lebih memahami bila ada alternatif lainnya. Tekhnik menaruh related post ini sebenarnya bisa dilakukan secara manua. Jika masih sedikit artikel cara manual memang hal yang tidak ribet. Tapi bagaimana jika kita sudah memiliki banyak artikel? Untuk pengguna wordpress tentunya tidak perlu bingung. Karena kamu tinggal menggunakan plugin baca juga wordpress yang bisa kamu instal gratis.

Dengan menggunakan Plugin related post atau baca juga ini. Maka setiap post yang sudah ada akan secara otomatis memiliki link tautan related post. Plugin populer yang biasa digunakan bernama Inline Related Post. Dan di kesempatan kali ini akan kami bagikan cara pengaturannya dengan mudah.

Plugin Baca Juga WordPress

Plugin yang akan kita gunakan kali ini bernama In Related Post. Untuk lebih jelasnya silahkan baca carapasang dan pengaturannya dibawah ini:

Cara instal Plugin Inline Related Post

  1. Pertama-tama silahkan download Plugin Inline Related Post disini.
    Setelah terdownload, kamu bisa masuk ke menu Plugin WordPress dan pilih Tambah baru.
  2. Kamu bisa mengunggah plugin yang kamu download barusan. Tapi jika belum download juga bisa menginstalnya dengan melakukan pencarian plugin Inline Related Posts di kotak pencarian Tambah Plugin WordPress.
  3. Jika sudah terpasang tinggal klik Aktifkan.

Pengaturan Plugin Baca Juga Inline Related Post

Karena yang kita gunakan disini adalah versi gratisannya. Maka ada beberapa fitur yang terkunci. Tapi tenang saja, fitur utama yakni relatepost masih bisa digunakna dengan lancar. berikut langkah-langkah pengaturannya:

  1. Masuk ke Dashboard Admin, di bagian pengaturan pilih Inrelated Post.
  2. Selanjutnya kamu tinggal beri centang pada bagian Active?
  3. Di sini kamu tingal ganti sesuai keinginnan. Atau bisa juga pakai settingan yang kami buat.
  4. Untuk Style Setting bagian  Related text or Call-To-Action bisa kamu ubah menjadi Baca Juga atau kata-kata lain seperti Artikel terkait, artikel lainnya dan sebagainya. Selebihnya hanya pengaturan tema dan warna yang ingin digunakan.
  5. Untuk Bagian Plugin Setting  tinggal sesuaikan berapa post yang aka ditampilkan di setiap postingan.
  6. Jika sudah tinggal klik Save dan kamu bisa langsung melihat hasilnya.

Plugin Inline Relate Post tentunya cukup berguna untuk menambah internal link suatu blog di bagian tengah artikel. Sebenarnya masih ada banyak plugin related post, tapi kebanyakan posisinya tidak di bagian tengah artikel.

Perlu diketahui juga, Plugin baca juga wordpress yang sudah dipasang otomatis akan tampil di semua artikel secara random. Mungkjin itu saja yang dapat kami bagikan kali ini. Selamat mencoba.