Cara Mendownload Aplikasi Play Store di Laptop

Cara download Play Store di laptop Windows 10 Terbaru

Diposting pada

Jika kamu sudah biasa menggunakan android lalu belajar menggunakan Laptop tentunya hal paling umum ditanyakan adalah bagaimana Cara download Play Store di laptop Windows 10. Meski laptop sendiri kebanyakan yang beredar menggunakan OS windows, Menginstal Play store di Laptop bukanlah hal yang sulit. Karena sebagaimana yang sudah diketahui. Penggunaan laptop sangatlah luas manfaat dan fungsinya. Nah, dikesempatan kali ini kami akan membagikan bagainmana cara menginstal aplikasi playstore di laptop dengan mudah.

Buat yang belum tau, Play store sendiri adalah produk dari Google yang mana bisa di jumpai di smartphone berbasis sistem operasi Android. Lalu apakah di Laptop juga ada playstorenya? Jawabannya ada. Meski jika untuk menginstal aplikasi android langsung di laptop tidak bisa langsung instal APK atau ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Namun seiring berkembangnya teknologi, di Widows 10 pun bisa dibilang sudah memiliki beragam fitur yang menyerupai smartphone Android, Salah satunya adalah keberadaan Play Store untuk menginstal game dan aplikasi gratis. Buat kamu yang belum tau caranya instal aplikasi di Laptop, silahkan baca tutorial berikut ini.

Cara download Play Store di laptop Windows 10

Mendownload aplikasi play store untuk digunakan di Laptop memang sudah cukup umum terjadi apalagi buat mereka yang sudah terbiasa memegang smartphone android. Tentunya keberadaan playstore ini seperti sudah kewajiban saat ingin menginstal aplikasi atau game terbaru.

Meski demikian, sayangnya untuk penggunaan Laptop tidak bisa langsung menginstal game atau aplikasi dari Play Store. Jika kamu mengakses Playstore langsung dari browser maka disana kamu hanya bisa melihat-lihat saja tanpa bisa memasangnya di Laptop. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara yang harus kamu lakukan jika ingin menginstal aplikasi Play Store di Laptop.

1. Pakai Emulator

download andy emulator gratis

Cara Mendownload Aplikasi Play Store di Laptop pertama yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan Emulator. Nah emulator ini memiliki fungsi dimana laptop kamu seolah-olah sedang menjalankan smartphone android. Untuk Emulatornya sendiri cukup banyak macamnya, Kamu bisa membaca Emulator Android Terbaik Paling Ringan. Tinggal sesuaikan saja sesuai spesifikasi laptop dengan emulator yang ingin digunakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah dan cara menginstal aplikasi Playstore di Laptop.

  • Pertama silahkan download emulator Android di Laptop kamu terlebih dahulu.
  • Selanjutnya instal di laptop.
  • Saat petama kali penginstalan biasanya kita harus menunggu resource selesai didownload sepenuhnya agar emulator bisa berjalan dengan normal.
  • Jika sudah kamu akan masuk ke homescreen emulator. Disini tampilannya tidak jauh beda dengan android di hp.
  • Silahkan masukkan akun google kamu di Emulator.
  • Masuk ke Play Store untuk mulai menginstal aplikasi yang diinginkan untuk dijalankan di laptop.

Kelebihan menggunakan Emulator

+ File bisa diakses dengan mudah
+ Ukuran emulator relatif kecil
+ Mendukung beragam jenis laptop dan versi Windows

Kekurangan menggunakan Emulator

Untuk membuka aplikasi terlebih dahulu harus membuka emulator
Untuk aplikasi dan game berat membutuhkan spek laptop yang tinggi
Beberapa game belum mendukung dimainkan menggunakan emulator

2. Pakai Phoenix OS

Phoenix-OS-anti-lag

Cara selanjutnya untuk bisa menginstal aplikasi Playstore dilaptop adalah dengan menggunakan Phoenix OS. Phoenix OS ini sendiri adalah OS atau sistem operasi yang bisa menjalankan program dan aplikasi android. Di dalamnya kamu bisa menginstal aplikasi Playstore dengan mudah. Karena ini  adalah sistem operasi, Jadi jika kamu ingin menggunakan Phoenix OS berarti kamu harus melakukan instal ulang. Karena sistem operasi bawaan Laptop kebanyakan adalah windows. Jadi jika ingin menggunakan Phoenix OS harus mengerti bagaimana caranya Instal Ulang.

Alternatif lainnya selain instal ulang adalah dengan membuat dual Boot. Jadi nantinya laptop kamu akan memiliki 2 opsi boot apakah ingin menggunakan Windows atau ignin menggunakan Phoenix OS. Cara menginstal aplikasi android dengan Phoenix OS ini menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin merasakan sensasi memainkan game android di layar laptop yang lebar.

*Update: Saat ini untuk menginstal Phoenix OS bisa dilakukan langsung dari windows dengan .exe installer. Untuk caranya silahkan baca dibawah.

Untuk cara menginstal Phoenix OS adalah sebagai berikut.

  • Pertama download installernya disini.
  • Selanjutnya pilih Exe atau ISO installer. Untuk yang belum terlalu pahan kami menyarankan pilih yang exe installer.
  • Selanjutnya instal Phoenix OS.
  • Tentukan Lokasi penyimpanan dan tentukan kapasitas penyimpanan maksimal Phoenix OS. (Kami menyarankan untuk menyimpan di D/E untuk memisahkan Phoenix OS dengan OS bawaan Laptop)
  • Setelah itu tunggu proses instalasi sampai selesai. Proses ini memakan waktu beberapa menit tergantung kecepatan hardisk kamu.
  • Jika proses susdah selesai, akan muncul pop up yang menunjukkan dimana Phoenix OS di instal.
  • Restart komputer untuk memilih booting ke  Phoenix OS.
  • Selanjutnya akan muncul welcome screen dan setting.
  • Lakukan login akun Google dan kamu sudah bisa mulai menginstal aplikasi Playstore di Laptop.
  • Selesai

Kelebihan Menggunakan Phoenix OS

+ Lebih ringan bila dibandingkan dengan menggunakan Emulator
+ Banyak aplikasi android yang sudah support Phoenix OS
+ Tidak membutuhkan spek laptop tingi untuk menginstal Phoenix OS

Kekurangan Phoenix OS

Untuk pindah antar OS harus restar Laptop
Pengaturan saat menginstal cukup sulit untuk orang yang masih awam

Jika dibandingkan dengan menggunakan emulator, kami lebih merekomendasikan penggunaan Phoenix OS. Karena jika menggunakan Phoenix OS maka laptop hanya akan memproses Phoenix OS saja. Berbeda ketika menggunakan Emulator dimana Laptop bekerja lebih berat karena menjalankan windows dan juga Emulator diwaktu yang bersamaan.

3. Langsung di Microsoft Store

Cara download Play Store di laptop Windows 10

Sebenarnya tidak perlu mencari aplikasi di Playstore saat menggunakan Laptop unutk menginstal aplikasi atau game karena di Laptop sendiri sudah ada aplikasi serupa yakni Microsoft Store. Hanya saja Microsoft Store ini hanya tersedia di Windows 8 ke atas. Untuk pengguna Windows 7 bisa terlebih dahulu melakukan ugrade Windows atau melakukan instal ulang. Untuk tutorial instal ulang bisa baca Cara Instal Windows 10.

Untuk menginstal aplikasi dari Microsoft store caranya juga mudah dan hampir sama seperti menginstal aplikasi di Playstore. Berikut caranya.

  • Pertama-tama pastikan sudah login akun Microsoft Account untuk bisa mengakses Microsoft Store.
  • Selanjutnya klik start dan cari Microsoft Store, bisa dengan mengetik Microsoft Store untuk memunculkan aplikasi.
  • Setelah Microsoft store terbuka tinggal pilih mau install aplikasi atau game apa.
  • Kamu juga bisa mencari game di kolom pencarian sebelah kanan atas.
  • Di menu aplikasi kamu tinggal klik Get dan instal unutuk mulai memasang di laptop.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasai selesai dan aplikasi bisa dijalankan.

Kelebihan menggunakan Microsoft Store

+ Lebih mudah dan merupakan bawaan windows
+ Banyak game yang sudah kompatibel dengan spesifikasi laptop

Kekurangan menggunakan Microsoft Store

Aplikasi dan game masih belum sebanyak Play Store
Aplikasi dan game gratisan yang kurang menarik

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Cara Mendownload Aplikasi Play Store di Laptop. Baik menggunakan emulator dan tanpa emulator dengan menginstal Phoenix OS maupun langsung lewat Microsoft Store sama saja. Hanya saja mungkin jumlah aplikasi dan game yang ada berbeda. Kami sendiri lebih suka menggunakan Phoenix OS jika ingin memainkan game Android di Laptop. Sedangkan untuk aplikasi standart kami menggunakan Microsoft Store. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.