Cara Menghapus Virus Shortcut .ink Permanen

cara-menghapus-virus-shortcut-ink-permanen

Hal yang paling menyebalkan saat perangkat komputer terkena virus adalah kehilangan data, file rusak,dan bahkan hingga kerusakan hardware. Nah, virus shortcut .ink merupakan salah satu virus yang cukup merepotkan.

Bagaimana tidak  merepotkan, virus komputer satu ini merubah semua file jadi ekstensi .ink atau shortcut dan file asli ter hiddenoleh virus. Virus ini biasanya menyerang file-file yang ada di  flashdisk.

Virus .ink atau virus shortcut ini merupakan golongan virus .vbs yang tidak terlelu bahaya namun  cukup merepotkan. Kita akan sedikit bingung saat ingin membuka file atau folder di flashdisk. Karena Virus ini meduplikat file dan folder yang kita miliki.

Penyebab Flashdisk kena virus shortcut

Virus ini merupakan kategori  Trojan danmembuat file asli kita terhidden dan virus  ini membuat salinan file tersebut dalam bentuk shortcut. Virus ini biasanya berasal dari internet ataupun program/software bajakan.

Ciri-ciri flashdisk terkena virus .ink

  1. Ekstensi semua file dan folder berubah jadi .ink atau shortcut.
  2. Ukuranfiledan folder hanya 1/2kb saja.
  3. Saat dibuka hanya akan membuka jendela POP Folder saja dan seterusnya.

Cara agar virus shortcut tidak menyebar

Berikut ini beberapa penanganan pertama untuk mencegah dan menangkal agar virus shortcut flsahdisk tidak merembet ke hardisk:

  1. Jangan asal instal software bajakan.
  2. Matikan fitur autostart (Control Panel > Hardware and Sound > Autoplay),kamu bisa menhilangkan ceklis pada Autoplay agar saat flashdisk ditancapkan virus tidak bisa otomatis bergerak.
  3. Rajin update antivirus dan jangan mematikan realtime protection.

Nah, jika kamu sudah melakukan hal-hal diatas. Kita sudah bisa mulai untuk menghapus Virus yang menjengkelkan ini.

Cara Menghilangkan Virus .ink

1. Cara Hapus Virus Shortcut Via CMD

cara-hapus-virus-shortcut--permanen

Untuk menghilangkan virus shortcut secara permanen  ternyata cukup mudah, kita hanya perlu menggunakan aplikasi bawaan windows yakni Command Prompt. dan berikut cara menghapus virus ink permanent via CMD.

  1. Buka CMD dengan Run as administrator.
  2. Ketik perintah dimana lokasi partisi  yang terkena virus, contoh f: maka secara otomatis cmd akan menyorot partisi F.
  3. Ketik lagi perintah del *.ink dan tekan enter.
  4. Lanjut ketik perintah attrib -s -r -h *.* /s /d /l dan tekan enter.
  5. Tunggu hingga computer menghapus semua file short cut yang ada di flashdisk kamu.

2. Hapus Permanen lewat Registry dan Folder temporary

Meski file shotrcut berhasil dihapus biasanya virus ini akan kembali lagi. Jika ini terjadi  berarti virus sudah membuat registry atau file automaticnya. Kamu bisa menghapusnya secara manual,barikut caranya.

Untuk bagian Registry bisa buka run (Windows+R) dan ketikkan regedit. Setelah masuk ke jendela Registry Editor silahkan langsung menuju folder

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Run

Jika menemukan registry bernama “WXCKYz“, ” ZGFYszaas” “OUzzckky” atau “odwcamszas” kamu bisa klik kanan dan pilih delete untuk menghapusnya.

Untuk bagian Temporary kamu bisa membuka folder temp dengan cara buka run > ketik %temp% enter. Setelah folder tem terbuka, cari folder atau file bernama nkvasyoxww.vbs WXCKYz.vbs“, ” ZGFYszaas.vbs” “OUzzckky.vbs. Hapus file-file terseubt.

Terakhir  kamu bisa cek pada Startup komputer. Silahkan buka Windows explorer dan pergi ke C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Jika kamumenemukan file nkvasyoxww.vbs atau file lain dengan ekstensi .vbs silahkan hapus.

3. Hapus pakai Software USB Shortcut Virus Remover

Cara selanjutnya kita  bisa menggunakan software bernama bernama USB Shortcut Virus Remover. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal terlebih dahulu software shortcut remover tool disini.
  2. Buka software penghapus virus .ink permanen.
  3. Ketikkan drive letter flashdisk kamu dan klik Clean Virus.
  4. Selesai.

4. Hapus pakai antivirus

Cara lainnya untuk menghpaus virus ini adalah dengan menggunakan antivirus komputer. Pastikan kamu menggunakan antivirus terupdate dan pastinya  bukan antivirus crack-an ya. Beberapa antivirus yang bisa kamu pakai untuk menghapus virus ini seperti SMADAV, HitmanPro, McAfee.

Nah, itulah cara mudah menghapus atau menghilangkan virus shortcut .ink dari flashdisk yang bisa kamu lakukan sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.