Cara Install Plugin WordPress

cara-install-plugin-wordpress

Cara Install Plugin WordPress – Salah satu fitur unggulan dari menggunakan Platfolm WordPress adalah adanya fitur Plugin. Tanpa tambahan Plugin, WordPress hanya meiliki fungsi yang sederhana. Dengan adanya plugin ini pengguna bisa menambahkan beragam fitur seperti modul e-Commerce hingga admin area.

Ada banyak plugin wordpress yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan website WordPress kamu mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar premium. Nah, di tutorial blog kali ini, kami akan membahas bagaimana cara menginstal Plugin WordPress yang bisa kamu pakai.

Plugin WordPress

Sebelum masuk ke tutorial cara pasang plugin WordPress ada baiknya mengetahui apa itu Plugin WordPress. Plugin WordPress sendiri adalah sebuah fitur yang tersedia di WordPress.org yang mana fungsinya adalah sebagai script aplikasi tambahan dan fitur tambahan untuk menjalankan fungsional dari sebuah website atau situs berbasis platform WordPress.

Na, untuk memasang Plugin WordPress ini aba beberapa cara yang bisa kamu gunakan mulai dari dashboard panel hingga cPanel. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak lebih lanjut dibawah ini!

Cara Instal Plugin di WordPress

1. Instal Plugin Langsung Dari Repository Dashboard WordPress

Cara pertama yang paling mudah untuk memasang plugin bisa menggunakan repository resmi yang sudah di sediakan WordPress. Plugin-plugin yang ada di sini hampir sebagian gratis, tapi ada juga yang menyediakan versi premiumnya untuk versi yang lebih lengkap.

Berikut cara untuk menambahkan atau menginstall plugin wordpress lewat repository WordPress secara gratis:

  • Di menu dashboard admin pilih Plugins.
    tambah-plugin-wordpress
  • Pada bagian Add Plugin klik Tambah Baru.
    instal-plugin
  • Di menu tambahkan plugin akan muncul bermacam plugin yang bisa kamu instal. Kamu bisa mencari di bagian populer disarankan atau mencarinya di kolom pencarian.
  • Jika sudah menemukan plugin yang ingin dipasang, kamu tinggal klik Instal sekarang, Tunggu proses selesai dan kamu bisa klik  Activate.
    instal-sekarang

2. Cara Instal Plugin WordPress Manual

Yang kedua kita bisa menginstal secara manual. Cara ini biasanya di pakai untuk plugin-plugin premium yang tidak ada di repository WordPress. Berikut caranya.

  • Pertama di menu dashboard admin masuk ke menu Plugins.
    tambah-plugin-wordpress
  • Pilih Tambah baru.
    instal-plugin
  • Di halaman plugin kamu tinggal pilih Upload Plugin.
  • Di sini kita tinggalm upload file Plugin berbentik .zip yang tersimpan di komputer dengan di bagian Pilih File kemudian pilih Install Now.
    instal-plugin-manual
  • Tunggu beberapa saat dan bila sudah selesai tinggal klik Active Plugin

3. Cara Instal Plugin WordPress di Cpanel

Jika saat menginstal plugin tidak bisa dilakukan secara manual kamu bisa menggunakan cara berikut ini. Yakni instal plugin melalui FTP cPanel Hosting kalian. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama login dulu ke cPanel website kamu.
  • Kemudian masuk ke File Manager dan langsung menuju ke direktori public_html/wp-content/plugin/. Di sini kamu akan melihat beberapa folder direktori plugin yang sudah kamu install di WordPress.
  • Selanjutnya kamu tinggal klik Upload dan pilih File .Zip plugin yang kamu miliki.
  • Jika upload sudah selesai dan tidak ada peringatan tinggal extract file .zip barusan dan hapus file.zip agar tidak memenuhi penyimpanan hosting.
  • Terakhir tinggal login ke dashboard WordPress dan cek Plugin. Akan muncul plugin yang baru saja di taruh dan tinggal klik activate untuk mulai menggunakannya.

Akhir Kata

Nah, itu dia tadi tutorial singkat mengenai cara Install Plugin di WordPress. Jika kamu mengalami masalah tidak bisa install plugin WordPress bisa baca artikelnya  disini. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bisa membantu dan Terima Kasih.