Cara Membuat Barcode Sendiri

cara membuat barcode

Di zaman yang sudah serba digital ini keberadaan barcode tentunya sudah sangat sering digunakan. Dengan adanya barcode kita bisa melakukan pendataan barang dengan mudah hanya dengan menscan barcode yang tertera. Tidak heran banyak orang mencari cara membuat barcode sendiri untuk bisa memanfaatkan kepraktisannya.

Selain digunakan untuk barang, barcode juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Sebagai contoh untuk mengetahui ketersediaan barang, url tujuan atau hanya sekedar untuk koleksi pribadi untuk mempermudah kamu dalam mengidentifikasinya.

Jika dulu untuk membuat barcode diperlukan alat khusus, kini kita bisa langsung membuat bercode sendiri baik itu di pc,android, iOS maupun secara online langsung gratis.

Jenis-jenis Barcode

Sebelum masuk ke tahap pembahasan cara membuat barcode, alangkah lebih baiknya kita ketahui jenis-jenis barcode. Barcode ini sendiri terdapat 2 jenis. Yakni barcode satu dimensi atau linear barcode dan barcode dua dimensi atau metrix barcode. Apa bedanya? Berikut penjelasan singkatnya.

Linear Barcode

linear-barcode

Linear barcode atau barcode satu dimensi atau biasa juga disebut kode batang. Kode batang merupakan kumpulan kode yang terdiri dari satu garis atau linear dengan ketebalan yang berbeda. Jadi pembacaan baracode hanya bisa mengumpulkan data dalam satu garis saja.

Barcode linear biasa digunakan sebagai tanda pengenal dan tentunya kamu sering melihat barcode jenis ini di balik kemasan sebuah produk. Dan untuk menggunakan barcode ini memerlukan pemindai barcode khusus satu dimensi. Karena tidak semua  barcode bisa dibaca oleh barcode scaner.

Matrix Barcode

matrixbarcode qr code

Matrik barcode atau barcode 2dimensi pastinya masih banyak yang belum tau. Tapi jika kita menyebutnya QR Code pasti sudah banyak  yang tau. Ya, Matrix Barcodeini adalah QR Code yang dimana QR ini merupakan singkatan dari Quick Response.

Sistem ini merupakan peningkatan dari kode batang suatu sistem barcode satu dimensi. QR Code sendiri memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan mengenai suatu produk dengan respon yang cepat. Selain tiu barcode  ini juga bisa digunakan untuk menemukan lokasi atau tracker langsung kesebuah website tertentu.

Nah, lalu bagaimana cara membuat sendiri barcode baik itu Barcode batang atau QR code sendiri? Berikut tutorial yang bisa kamu pakai untuk membuat barcode sendiri gratis.

Cara Membuat Barcode Sendiri

Buat Barcode Batang di Excel

Cara buat barcode pertama kita bisa pakai software yang hampir di semua komputer atau laptop khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows yakni Ms Excell. Di Microsoft Excel kita bisa dengan mudah membuat barcode batang dan dapat langsung dicetak dan ditempel untuk id sebuah barang. Berikut langkah-langkah untuk membuat barcode menggunakan Excel.

  1. Pertama-tama masuk dulu ke situs IDautomation.com dan pilih menu Font Toolsyang ada di homepage.
  2. Selanjutnya cari menu Microsoft Office & VBA for Excel, Access & Word dan klik tombol download.
  3. Simpan file yang diunduh dan jika sudah silahkan di ekstrak.
  4. LAnjut buka Microsoft Excel, lalu pilih menu Tools> Macro > Visual Basic Editor.
  5. Lanjut klik menu File dan pilih menu Import File.
  6. Buka browser untuk navigasi anda ID Automation yang sudha di download.Cari file makro bernama IDautomation.bas dan buka di browser. Setelah itu file akan ditambahkan di bagian Modules yang ada di Excel.
  7. Selanjutnya silahkan close Editor Visual Basic dan kembali ke workbook kosong. Uji barcode kmau dengan cara mengatik nomordi sel A1.dan disebelahnya fungsi barcode.
  8. Untuk fungsinya silahkan ketikkan =Code128(A1) di sel B2 yang diinginkan dan tekan Enter setelah kamu selesai memberi kode pada data.
  9. Selanjutnya pilih sel B2 dan masuk ke pilihan Font lalu cari ID otomatisasi font dan pilih salah satunya.
  10. Barcodeakan tampil berdasarkan kode yang kamu buat di sel B2.

Jika hanya untuk membuat satu barcode batang saja sepertinya terlalu ribet jika menggunakan Excel. Cara pertama ini hanya buat kamu yang ingin membuat program lebih lanjut. Untuk cara   mudahnya bisa lanjut dibawah.

Buat Barcode Online

Dari namanya cara membuat barcode online yang berarti cara ini bisa kita gunakan baik lewat smartphone maupun laptop atau PC. Yang kita butuhkan hanya browser dan jaringan internet. Adapun cara membuat Barcode online adalah sebagai berikut:

  1. Pertama bukasitus pembuat barcode online di createbarcodes.com.
  2. Disini kammu bia pilih Type barcode mana yang ingin kamu pakai.Silahkan pilih nomor identifikasi yang  ingin digunakan baik itu UPC/ISBN untuk produk kamu.
  3. Selanjutnya silahkan isikan data-data produk kamu. Isikan juga email yang digunakan.
  4. Jikas sudah selesai kamu tinggal memberi tanda centang pada bagian I agree to the terms and conditions dan klik Email Low-Res JPG.

Cara Membuat Barcode di Android

Gak suka ribet dan pengen langsung jadi? Langsung bikin aja di smartphone android kamu.Caranya mudah. Kamu tinggal instal beberapa aplikasi keren dibawah ini untuk membuat barcode sendiri. Tidak hanya barcode batang, aplikasi-aplikasi ini juga sudah mendukung pembuatan barcode QR Code. Berikut aplikasi Android untuk cara membuat barcode di android.

1. Barcode Generator

Barcode Generator
Barcode Generator
Developer: Aeiou
Price: Free

Aplikasi pertama yang bisa digunakan tanpa ribet dan juga ringan digunakan untuk membuat barcode bisa pakai Baracode Generator. Aplikasi yang dikembangkan oleh Aeiou ini cukup mudah digunakan dan cepat untuk membuat barcode secara instan.

Disini tersedia 11 jenis barcode yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari barcode batang, QR Code dan custom barcode ada disini. Aplikasi inisudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia dengan rating 4.5 di playstore. Jadi tidap perlu diragunakan lagi kualitas barcoe yang dihasilkan dari aplikasi ini,

2. Barcode Architect

Barcode Architect
Barcode Architect
Developer: Simon Boylen
Price: Free

aplikasi cara untuk membuat barcode sendiri di android selanjutnya ada Barcode Architect. aplikasi ini  dibuat dan dikembangkan  oleh developer bernama Simon Boyle dan sudah digunakan lebih dari 100ribu pengguna.

Di aplikasi ini kamu bisa membuar barcode 1dimensi dengan mudah tanap ribet.Hanya perlu isi datayang diinginkan dan secara otomatis barcode akan terbuat. Disini juga sudha mendukung beberapa format barcode seperti EAN,UPC-A, UPC-E,ISBN,dan masih banyak lagi.

Kamu bisa langsung mengirim hasil jadi barcode yang sudha dibuat melalui e-mail atau bisa juga menyimpannya langsung dalam format PNG,JPG, SVG, atau HTML 5.

3. QR – Barcode

Aplikasi pembuat barcode selanjutnya ada QR-Barcode. Aplikasi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pembuat barcode alinnya di android. Ada banya jenis barcode yang bisa dipilih ma itu barcode 1dimensi maupun 2 dimensi bisa dibuat semua disini gratis.

Beberapa fitur unggulan seperti mengganti warna dan ukuran barcode bisa kamu lakukan. Tapi tidak hanya untuk membuat saja. aplikasi ini juga  bisa membaca Barcode yang sudah jadi.

Akhir kata

Itu dia tadi cara membuat barcode sendiri dengan mudah di laptop, android maupun online. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu  untuk mengembangkan usaha. Sekian dari kami, selamat mencoba dan terimakasih.