Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Tidak Mengisi

baterai laptop plugged not charging

Keunggulan laptop dibandingkan dengan PC atau Personal Computer adalah mobilitas yang lebih tinggi. Dengan laptop kita bisa membawanya kemana-mana tidak seperti PC  yang akan sedikit sulit bila dibawa. Hal ini karena laptop memiliki bentuk yang cukup compaq serta bisa hidup sendiri karena memang sudah ada baterainya.

Nah, baterai laptop ini bisa dibilang menjadi salah satu bagian yang cukup sering mengalami masalah. Bayangkan saja jika baterai laptop rusak akan membuat laptop ini tidak jauh berbeda dengan PC  yang selalu membutuhkan listrik saat ingin di gunakan.

Beberapa permasalahan baterai laptop yang sering terjadi seperti baterai tidak mengisi, baterai drop, baterai tidak terdeteksi di  indikator bisa dibilang adalah penyakit semua laptop. Tinggal tunggu waktunya saja hingga laptop kamu juga mengalami masalah-masalah tersebut.

Meski laptop-laptop keluaran terbaru saat ini sudah cukup canggih karena sudah menggunakna baterai berjenis li-ion atau li-po.Tapi tetap saja, masalah baterai ini sering kali muncul.

Saat baterai laptop mengalami masalah dan tidak bisa dicharge tentunya akan menjadi masalah besar. Apa lagi saat kita sedang mengerjakan tugas dan indikator menunjukan daya baterai hampir habis.

Jika laptop kamu mengalami hal tersebut tidak usah panik atau bingung. Berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa kamu pakai  untuk memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah baterai laptop error tidak mengisi.

Driver Baterai Laptop yang error

uninstall-driver-baterai

Penyebab pertama mengapa baterai error dan tidak terdeteksi sehingga menyebabkan baterai tidak bisa terisi meski  sudah di colok chargeran bisa diakibatkan karena driver baterai yang error.

Masalah driver ini biasanya sering terjadi karena siklus pengisian yang tidak tepat. Untuk mengatasinya kamu bisa mendisable driver  baterai laptop. Berikut caranya:

  1. Pertama buka Device manager
  2. Lalu klik pada bagian Batteries
  3. Klik kanan pada bagian Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery dan Microsoft AC Adapter
  4. Pilih Uninstall
  5. Jika sudah restart Laptop

Dengan cara pertama ini bisa mengatasi masalah seperti indikator baterai yang masih plugged in, not charging atau tidak. Jika masih juga error lanjut ke tahap berikutnya.

Cek kabel dan adapter charger

charger-baterai-laptop

Penyebab lainnya yang menyebabkan laptop tidak bertambah baterainya bisa saja  karena komponen charger yang bermasalah entah itu pada bagian adapternya atau hanya pada bagian kabelnya.

Beberapa model charger terkadang sering mengalami kerusakan pada bagian ujung adapternya. Untuk mengetesnya pastikan selalu muncul status pluged in yang menandakan laptop terhubung dengan daya charger.

Nah, untuk mengetahui charger rusak atau tidak bisa coba meminjam charger laptop teman. Tidak perlu se-merk yang penting memiliki voltase dan jack yang sama.

Baterai Laptop yang sudah minta ganti

baterai-laptop

Umummya baterai laptop tidak terdeteksi dan tidak bisa di cas lagi karena memang sudah umurnya. Rata-rata umur baterai laptop sekitar 2 hingga 3 tahun pemakaian. Jika sudah lebih dari itu tidak mengagetkan jika baterai sering drop bahkan hingga tidak mau di isi.

Jika hal ini terjadi pada laptop lama mu mungkin sudah saatnya  untuk mengganti baterainya dengan yang baru. Atau jika laptop kamu menggunakan baterai tanam bisa membawanya ke service center atau teknisi yang sudah berpengalaman.

IC Power Rusak

Penyebab lainnya baterai laptop di cas tidak mengisi bisa dikarenakan IC Power yang rusak.Hal ini bisa terjadi saat kamu menggunakan charger yang memiliki arus yang berbeda dari charger bawaan.

Untuk perbaikannya sendiri agak sulit bila dilakukan sendiri. Kamu bisa membawanya ke tukang service laptop untuk memastikannya bila memang hal ini terjadi. Ciri-ciri laptop yang kena IC powernya selain baterai tidak bertambah saat di charge adalah laptop tidak hidup meski sudah terhubung dengan charger.

Nah, mungkinitu saja yang bisa kami berikan saat ini mengenai cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi atau plugged in not charging. Semoga cara diatas bermanfaat, bila ada yang kurang jelas bisa tinggalnkan pertanyaan di  kolom komentar dibawah.