Cara Memperbaiki Power Bank yang Ngedrop

Cara Memperbaiki Power Bank yang Ngedrop

Hadirnya Power Bank di saat ini sangat lah membantu, apalagi untuk mereka yang sering bekerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan yang jauh dari colokan dan tetap harus terhubung dengan hp. Dengan adanya Power Bank kita tidak perlu khawatir atau takut kehabisan baterai. Jika habis tinggal colok saja power bank dan smartphone bisa digunakan kembali.

Bicara mengenai Power Bank atau pengisian daya portabel ini banyuak macamnya. Untuk kamu yang ingin mencari powerbank terbaik bisa cek artikel Rekomendasi Merk Power Bank Terbaik yang sebelumnya sudah pernah kami bahas.

Power Bank sendiri memiliki beragam bentuk ukuran dan juga teknologi yang berbeda-beda. Salah satu kendala yang sering terjadi pada power bank adalah power bank yang sering drop. Jika power bank sudah digunakan bertahun-tahun mungkin sudha wajar jika kemampuannya berkurang. Tapi bagaimana jika power bank tersebut baru kita beli? Tidak perlu cemas. Berikut ini kami berikan cara memperbaiki Power Bank yang Ngedrop.

Cara Memperbaiki Power Bank yang Ngedrop

Isi baterai yang tertanam di power bank ini ada beberapa macam tipe. Mulai dari baterai Polimer dan juga baterai Lithium. Tentunya setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masaing-masing. Lalu, apa yang menyebabkan baterai power bank drop dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan jika mengalami masalah power bank drop.

Lakukan kalibrasi

Langkah pertama saat mengalami kejadian power bank ngedrop adalah dengan melakukan kali brasi baterai. Caranya cukup kamu habiskan daya baterai power bank baterai dan isi kembali sampai benar-benar penuh 100% setelah itu dihabiskan kembali sampai 0%. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali untuk memastikan baterai mendapatkan pengisian yang optimal.

Periksa Kabel USB

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek komponen output. Power Bank cepat drop bisa dikarenakan kualitas USB yang jelek. di paket penjualan memang terkadang kita mendapatkan kabel USB bawaan. Tapi saran kami tidak usah digunakan. Pasalnya kabel bawaan power bank kebanyakan tipis-tipis dan tidak bisa mengantarkan daya powerbank ke smartphone dengan maksimal.

Periksa Port

Jika USB yang digunakan tidak bermasalah, coba cek port USB. Cara mengeceknya bisa dengan alas USB tester untuk mengetahui apakah ada arus yang keluar atau tidak. Namun jika USB terdapat korosi, sepertinya kamu harus segera menggantinya.

Sudah waktunya ganti

Rata-rata umur powerbank yang beredar dipasaran adalah sekitar 1000x pengecasan atau 2 tahun. Jika power bank kamu memang sering digunakan dan sudah berumur, memang sudah saatnya untuk menggantinya. Untuk power bank seri lama mungkin bisa dilakukan penggantian baterai. Karena jenis baterai powerbank lama kebanyakan sama dan mudah ditemukan.

Garansikan Power bank

Untuk powerbank baru dan ternyata keadaannya ngedrop terus ada kalanya kamu mengklaim garansi. Ada kemungkinan produk yang kamu terima merupakan produk cacat pabrik. salah satu langkah termudah adalah dengan meminta penggantian unit baru yang normal.

Tips membeli powerbank

Berikut tips yang bisa kamu pakai sebelum membeli powerbank untuk meminimalisir mendapatkan produk power bank yang sering drop.

Perhatikan Harga

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah harga. Kita tau, kebanyakan orang pastinya mencari power bank kapasitas 10000mAh tapi dengan harga dibawah 100ribu. Memang ada banyak dipasaran powaer bank tersebut, tapi klualitasnya sangatlah buruk. Untuk power bank 10000mAh harga paling rekomendasi minimal adalah 80 ribuan (di luar flash sale). Dibawah harga tersebut kualitasnya wajib dipertanyakan. Jika kamu sedang mencari power bank 10000mAh terbaik bisa cek Power Bank 10000mAh Terbaik.

Beli power bank yang ada garansinya

Tips selanjutnya carilah powerbank yang memberikan garansi minimal hingga 1 tahun. Merk-merk terbaru bahkan berani memberika garansi hingag 2 tahun untuk power bank mereka. Hal ini tentunya dipilih untuk jaga-jaga bila power bank baru dipakai tapi sudah ngedrop.

Jangan beli barang palsu

Banyak beredar dipasaran powerbank palsu. Salah satu cirinya adalah harga yang lebih murah bila dibandingkan powerbank aslinya. Power bank palsu ini selain memiliki masalah di baterai yang sering ngedrop, arus yang dikeluarkan juga kurang baik. Jadi sebisa mungkin hindarilah pembelian produk power bank palsu ini.