Cara Mempercepat Kinerja dan Loading Website Blog WordPress

mempercepat loading wordpress

Cukuptau.id,  Cara Mempercepat WordPress – Waktu dan kecepatan yang dibutuhkan untuk membuka sebuah website dan blog sangat penting. Hal yang paling utama saat kamu menggunakan wordpres adalah bagaimana cara mempercepat loading web wordpress.

Saat seseorang mengunjungi blog atau situs kamu untuk pertama kalinya, Disitu kamu memiliki beberapa detik untuk bisa membutnya fokus agar bisa menghabiskan waktu untuk menelusuri blog kamu.

Banyak studi  penelitian yang telah mengkonfirmasikan bahwa kamu memiliki waktu yang sangat singkat agar website kamu terloading sepenuhnya sebelum pengunjung melakukan klik disitus tersebut kemudian meninggalkannya, terlebih bila kamu mendatangkan trafic dari situs lain.

Yang membuat lambatnya kecepatan di wordpress sangat beragam. Seperti Tema yang buruk, Plugin yang terlalu banyak, gambar yang tidak di optimalkan, banyak widget, dan lainnya.

Website atau blog yang lambat dapat merusak bisnis dengan memalingkan pengunjung yang menginginkan waktu loading yang cepat dan pengalaman berinternet yang lancar.

Hal ini merupakan suatu yang sering dialami sebagian pengguna wordpress yang dimana waktu untuk membuka situs yang biasanya sangat lambat.

Jika kamu tidak mengambil tindakan, kamu mungkin berakhir dengan blog yang lambat yang pastinya bukan hanya membuat pengunjung lama melihat konten yang ingin mereka lihat, tetapi juga akan membuat kamu kehilangan pelanggandan juga sebagian pelanggan yang memiliki sifat tidak sabaran.

Cara Mempercepat Kinerja dan Loading Website Blog WordPress

Jika blog kamu lambat, kamu mungkin akan kehilangan banyak pengunjung bahkan sebelum kamu memiliki kesempatan untuk menjadikannya pelanggan blog kamu. Google sendiri memasukkan kecepatan load website dan blog dalam pemberian peringkat di mesin pencarinya.

Hal ini menunjukkan bahwa mempercepat kinerja wordpress sangat mempengaruhi SEO sebuah website. Jika website kamu lambat, kamu tidak hanya akan kehilangan pengunjung situs. Kamu juga kehilangan posisi di mesin pencari karena berada di page belakang.

Jadi, mari mempercepat akses wordpress kita yang sudah lama kamu kerjakan. Admin menyarankan melakukan pengujian kecepatan halaman web wordpress kamu sebelum dan sesudah menerapkan cara mempercepat loading wordpress untuk melihat apakah ada perubahan yang signifikan saat website di buka.

Untuk melakukan tes kecepatan loading website kamu bisa menggunakan GTmetrix, Pingdom atau Google PageSpeed Insights.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mempercepat kinerja website dengan platform WordPress

1. Pakai Plugin yang Diperlukan Saja

Dengan banyaknya plugin di luar sana yang bisa kamu pakai dan menjanjikan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa buat situs web kamu. Jangan selalu ikut-ikutan memilih plugin yang tidak kamu ketahui manfaatnya.

Gunakanlah plugin yang bisa mengontrol setiap fungsi dan fitur yang ada di website anda dengan maksimal.

Sangat tidak bagus. Lebih banyak plugin, berarti lebih banyak masalah yang akan timbul. Semakin banyak plugin yang kamu miliki, maka semakin banyak juga pekerjaan yang harus dilakukan website kamu saat sedang dibuka.

Dan juga ada beberapa plugin yang mungkin memiliki kode yang tidak kompitable dengan versi wordpress kamu karena sudah out of date.

Gunakanlah plugin yang kamu butuhkan. Hindari menggunakan plugin yang menjalankan fungsi yang sama, plugin yang sudah tidak diaktifkan, dan yang sudak tidak mendapat update lagi dari developernya lebih dari 2 tahun.

Baca Juga : 11 Plugin Terbaik WordPress Wajib Anda Install

2. Pilih Layanan Hosting Yang Bagus

Saat memilih Hosting, sebisa mungkin pilihlah layanan yang paling bagus. Karena beda harga sebuah hosting memiliki banyak fitur didalamnya yang berbeda. Dimana fitur ini kadang tidak kita dapatkan saat memilih hosting dengan harga yang murah yang membuat website kita sangat lambat saat dibuka bahkan downtime karena durasi lalulintas yang tinggi.

Gunakanlah self hosting, karena self hosting memiliki kecepatan yang lebih stabil daripada menggunakan shared hosting.

3. Jangan Pasang Widged Terlalu  Banyak

Dalam kebanyakan kasus, beranda merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung. Kamu mungkin telah mendesainnya dan menampilkan semua yang kamu suka di beranda kamu.

Sidebar penuh dengan widget-widget yang sepertinya tidak terlalupenting bagi pengunjung, namun tetap kamu taruh untuk mengesankan pengunjung.

Tapi taukah kamu bahwa semakin banyak widget dan konten yang kamu miliki di halaman depan, maka semakin lama juga situs kamu terload dengan sempurna

Harus kamu ketaghui, bahwa desain yang bersih itu sama mengesankannya bagi pengunjung blog. Cukup gunakan satu atau dua widget di blog kamu untuk akhiran postingan blog kamu, dimana mereka akan memiliki manfaat untuk pengunjung blog kamu.

Kamu juga bisa mempercepat loading wordpress dengan mengatur jumlah postingan yang tampil dihalaman depan kurang dari 10 postingan.

4. Pakai Tema dengan Pagespeed yang bagus

Tema wordpress yang bagus biasanya sudah di kodding dengan sempurna dan pastinya sudah di optimalkan. Tema WordPress menjadi faktor penting untuk meningkatkan kinerja wordpress itu sendiri, atau bisa dibilang menjadi fondasi dari website kmau.

Memang benar kita tidak bisa tau apakah suatu tema dibuat dengan baik sampai kita menginstalnya dan mengaktifkannya. Carilah tema yang direkomendasikan dan bacalah ulasan-ulasan dari tema tersebut untuk mengetahuinya.

5. Optimasi Gambar

Semakin tinggi ukuran dan resolusi gambar maka semakin lama juga waktu yang diperlukan untuk memuatnya. Semakin banyak gambar yang kamu miliki, semakin labat juga website kamu dibuatnya.

Ada solusi untuk masalah ini. Jadi kamu tidak perlu takut untuk menggunakan gambar pada blog kamu.

Sebelum mengupload gambar ke blog, cobalah untuk mengubah ukurannya di photoshop dan saat menyimpan pilih opsi “Simpan untuk WEB”

Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas gambar tetapi mengoptimalkannya untuk digunakan di situs web.

Setelah kamu menguploadnya, kamu bisa menjalankan gambar melalui plugin pengoptimal gambar seperti Smush. Admin juga menggunakan plugin ini untuk pengoptimalan gambar di website cukuptau.

Kamu juga bisa menginstal plugin Lazy Load. Dengan menggunakan plugin ini gambar yang hanya tampil di atas flip, atau pada bagian situs yang dilihat oleh pengunjung.

6. Gunakan Plugin Caching

Plugin WordPress ini cukup berguna. Dengan plugin ini secara drastis dapat meningkatkan waktu buka halaman, dan yang terbaik, semuanya di WP.org gratis dan mudah digunakan.

Kamu bisa mencoba W3 Total Cache atau Super Cache. Keduanya paling populer dan bisa mempercepat blog wordpress.

Beberapa fitur dan pengaturan mungkin sedikit membingungkan. Jadi berhati-hatilah apa yang harus kamu aktifkan. Ada banyak tutorial yang tersedia untuk mengatur plugin caching yang terbaik, jadi periksalah.

7. Guankan CDN (Content Delivery Network)

Banyak situs besar yang menggunakan CDN. CDN ini bekerja mengambil semua file statis yang ada di website kamu (CSS, JavaScript, gambar, dan lainnya) . Dan memungkinkan pegunjung mengunduhnya secara cepat dengan menyajikan file di server sedekatmungkin dengna mereka.

Bila blog kamu masih merupakan blog yang masih dikembangkan, kamu mungkin tidak perlu memilih yang berbayar untuk meningkatkan kinerja wordpress. Kamu bisa menggunakan yang gratisan seperti CloudFlare.

8. Optimalkan Database WordPress

Ini bisa dilakukan secara manual tetapi hal itu sangatlah membosankan. Ada cara lain yang bisa kamu gunaka, yaitu menggunakan plugin. Kamu  cukup menggunakan plugin WP-Optimize, yang juga admin gunakan untu blog-blog wordpress yang admin punya.

Walau belum ada pembaruan terbaru, tapi plugin ini tetap bekerja tanpa ada masalah atau konflik dengan plugin yang lainnya. Kamu juga bisa mencoa WO-Sweep untuk alternatif plugin lainnya.

Plugin ini melakukan satu tugas sederhana: optimalkan database (spam, posting revisi, konsep, tabel, dll.).

9. Disable hotlink

Hotlink merupakan bentuk pencurian bandwith. Ini terjadi ketika situs lain mengarahkan tautan ke gambar di situs kamu dari artikel mereka yang membuat beban server kamu menjadi tinggi.

Hal ini dapat bertambah dengan cepat jika banyak orang mengambil postingan di website kamu yang sedang viral.

10. Tambahkan header kadaluarsa ke static resources

Header Kedaluwarsa adalah cara untuk menentukan waktu yang cukup jauh di masa depan sehingga klien (browser) tidak perlu mengambil kembali konten statis apa pun (seperti file css, javascript, gambar, dll.).

Cara ini dapat menyingkatkan waktu muat kamu secara signifikan untuk pengguna reguler.

Anda perlu menyalin dan menempelkan kode berikut ini di file .htaccess root Anda:

ExpiresActive On
ExpiresByType image/gif A2592000
ExpiresByType image/png A2592000
ExpiresByType image/jpg A2592000
ExpiresByType image/jpeg A2592000

Angka-angka di atas diatur selama satu bulan (dalam detik). Ubah sesuai keinginan Anda.

11. Aktifkan HTML Compression

HTML Compression membantu mengurangi setiap ukuran di website. Ini mengurangi ukuran file dengan memperpendek URL dengan aman, menghapus semua komentar standar dan white-space yang tidak rapi dari file dokumen HTML.

Biasanya di WordPress, setiap pos diformat dalam dokumen HTML, jadi jika HTML Compression kamu mendapatkan peluang terbaik untuk menghemat bandwith dan memastikan pengiriman konten yang hampir langsung ke pembaca kami sambil meningkatkan peringkat google.

Jika kamu mengaktifkan beberapa plugin cache, plugin ini seharusnya memiliki pengaturan untuk mengaktifkan HTML Compression.

12. Minimalkan CSS dan JS

File JavaScript dan CSS biasanya berisi spasi dan komentar yang tidak digunakan. Untuk menghapus ruang-ruang dan koentar yang tidak digunakan itu, ada baiknya mengaktifkan minify daripada mengedit setiap file sekaligus.

Jika kamu mengaktifkan plugin cache atau CDN (Cloudflare), harus ada opsi untuk mengaktifkan CDD dan js minify.

Kesimpulan

Semoga tips ini bisa membantu kamu mempercepat akses wordpress. Admin ingin memberitahu bahwa kecepatan akses wordpress itu sangat penting, tapi itu bukanlah segalanya.

Selalu ingat apa tujuan dari kamu membuat Website itu.

Cara yang admin sebutkan berkisar dari peningkatan dasar hingga menengah yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan blog wordpress kamu.

Kombinasi tool dan plugin ini akan membantu membuat website yang lebih cepat tanpa mengeluarkan dana.

Hal lain yang perlu kamu ketahui, terlalu banyak plugin tidak selalu memperlambat situs kamu asalkan mereka merupakan plugin berkualitas.

Sekarang semuanya terserah pada anda. Bila ada sesuatu yang kurang atau ada tambahan, bisa tinggalkan komentar di bawah. Jika ada kesalahan dari cara admin diatas dalam mempercepat kinerja wordpress jangan ragu untuk memberikan komentar kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.