Cara Mempercepat Windows 7 Yang Lemot

cara-mempercepat-windows

Meski microsoft sudah tidak lagi memberikan update pada sistem operasi windows 7 di tahun 2020 ini, namun pengguna aktif yang menggunakan OS windows 7 masih cukup banyak. Hal ini dikarenakan tampilan yang simpel, ringan dan mudah dalam pengoperasiannya. Lalu, bagaimana jika Windows 7 kita lemot? berikut akan kami bahas cara mempercepat windows 7 semua versi seperti home, pro, ultimate, dan enterprise.

Tidak hanya hardware saja, Sistem oprasi yang sudah lama dipakai tentunya akan mulai lemot ditambah bila kita sering menambahkan file baru dan jarang melakukan pembersihan system. Walau pada dasarnya windows 7 ini sudah cepat, kita masih bisa mengakalinya agar lebih cepat lagi.

Cara mempercepat windows 7 ini selain untuk mengatasi masalah windows 7 lemot adalah untuk memaksimalkan kinerja agar produktifitas lebih lancar.

Penyebab Windows Lemot

Berikut beberapa penyebab umum windows lemot yang perlu kamu ketahui:

  • Penyimpanan mulai penuh.
  • RAM terlalu kecil.
  • Terlalu banyak memasang widget.
  • Virus.
  • Terlalu banyakmenjalankan aplikasi.
  • Hardisk Sudah melemah.

Oke, dari pada berpanjang lebar lagi lebih baik kita langsung saja ke tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat windows 7. Cara-cara dibawah ini sudah admin praktakkan dan cukup berpengaruh terhadap kecepatan komputer dan meringankan kinerja prosesor.

Cara Mempercepat Windows 7

1. Mematkan Efek Aero

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mematikan Aero. Aero disini adalah sebuah efek untuk mempercantik tampilan windows pada bagian task bar dan menu bar.

Tapi dari tampilan yang cantik tersebut kita harus membayar dengan pemakaian ram yang besar. Buat kamu yang memiliki ram pas-pasan dan menggunakan fitur aero ini pasti sering mendapatkan notifikasi untuk mematikan efek aero untuk memperlancar windows.

Buat kamu yang tidak terlalu memikirkan tampilan dan menginginkan performa lebih, kamu bisa mematikan efek aero windows 7. Berikut cara mematikan efek aero di windows 7:

  • Klik Start → klik kanan pada Computer → pilh Properties.
  • Setelah  masuk ke jendela informasi komputer, pada sisi kiri silahkan klik Advanced system setting.
  • Klik pada tab  Advanced →  Settings ada bagian Performance.
  • Disini kita bisa memilih pengaturan apa saja yang ingin kita matikan atau aktifkan.
  • Jika kamu hanya membutuhkan performa silahkan pilih opsi Adjust for best performance. Setelah kamu memilih secara otomatis komputer akan berubah tampilannya secara total.

2. Matikan Desktop Gadgets

Buat kamu yang sering menggunakan desktop gadgets secara berlebihan sebaiknya mulai sekarang kamu harus mematikannya jika menginginkan performa lebih kencang.

Walau kamu hanya memasang jam unuk widget, nyatanya hal ini juga mempengaruhi pemakaian ram yang menyebabkan windows lemot.

Laptop lemot? Baca juga Cara Mengatasi Laptop Lemot

3. Rapihkan File di Desktop dan Folder

Buat mereka yang sering menyimpan data di desktop sebaiknya segera menghentikan cara ini. Pasalnya saat desktop kamu penuh dengan icon dan file-file akan membuat waktu starting lebih lama. Hal ini karena system harus membaca data-data muncul di desktop.

Selain di desktop hal ini juga berlaku di folder-folder drive ayng kamu punya. Kamu bisa merapihkan file dengan memasukkannya ke folder-folder. Hal ini tentunya lumayan membantu windows dalam memproses data di suatu file. Kamu bisa membuat partisi baru dengan Cara Partisi Hardisk agar file-file lebih tertata rapih.

4. Matikan Services dan Startup Aplikasi Jarang Pakai

Cara mempercepat windows 7 selanjutnya adalah dengan menonaktifkan service aplikasi yang jarang digunakan. Selain bisa meringankan kinerja prosesor, cara ini juga membuat waktu booting lebih cepat.

Berikut cara mematikan Service aplikasi di windows 7:

  • Bka Run (Windows + R) → Ketikkan msconfig
  • Setelah masuk System Configuration klik tab Services.
  • Hilangkan tanda ceklis pada aplikasi yang sekiranya jarang kamu pakai untuk menonaktifkannya.
  • Jika kamu ingin memakai aplikasi tersebut kamu tinggal mengulangi langkah di atas untuk mengaktifkannya.
  • Untuk tab Startup juga sama, silahkan matikan  pada aplikasi yang jarang kamu pakai.

5. Cek Virus

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan virus di komputer kita untuk mempercepat windows. Karena virus ini selain berbahaya untuk file dan data, juga  bisa membuat system berjalan lambat.

Pastikan juga antivirus yang  kamu gunakan selalu update dan jangan pernah menggunakan antivirus berbayar yang diaktifkan dengan crack.

Lakukan pemindaian secara berkala agar komputer terjaga dari serangn virus baik itu virus malware, spyware, adware dan sebagainya.

6. Bersihkan cache windows 7

Windows yang lemot bisa juga disebabkan oleh file cache yang mulai menumpuk. Selain cache juga beberapa file sampah yang lama tersimpan di Recycle bin juga turut menjadi penyebab windows lemot.

Untuk itulah kita harus sesering mungkin untuk rajin membersihkan cache yang menumpuk agar laptop tidak menumpuk

Silahkan baca Cara Menghapus Cache Windows untuk tutorial lebih lanjut

7. Ubah Power Settings

Untuk mempercepat windows kita  juga bisa mengubah pengaturan power settings. Cara ini cukup ampuh untuk memaksimalkan kinerja laptop maupun komputer.

Untuk membuka Power setting kamu bisa membuka Control Panel → Hardware and Sound → Power Options.

Pada bagian power plan silahkan pilih High performance pada bagian additional plans. Saat kamu mengaktifkan mode ini, komputerkamu akan bekerja dengan kecepatan maksimal.

Tapi untuk pengguna laptop yang tidak terhubung dengan daya tidak disarankan karena penggunaan baterai akan lebih cepat habis.

8. Defrag Hard Disk

Selain membersihkan file temporary yang mengenda di hardisk, dengan melakukan defrag hardisk juga membantu untuk meningkatkan performa komputer.

Walau system windows sendiri sudah memiliki jadwal otomatis, terkadang jadwal tersebut tidak bejalan dengan baik. Untuk itulah kita harus melakukannya secara manual. Berikut caranya:

  • Buka Control Start → All Program → Accessories → System tools → Disk defragment
  • Setelah terbuka silahkan pilih partisi hardisk yang ingin di defrag dan klik defrag.
  • Disini kita juga bisa menjadwalkan proses defrag sesuai keinginan kita.

Nah, itu dia 8 pengaturan system yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat windows 7. Bila kamu memiliki budget lebih kamu bisa menggunakan 2 cara dibawah ini untuk mendapatkan performa dan kecepatan yang lebih lagi.

9. Tambah RAM

Walau system windows 7 sendiri tidak terlalu banyak memakan RAM. Namun, saat kita menggunakan komputer untuk menjalankan aplikasi apalagi aplikasi editing tentunya aplikasi tersebut membutuhkan kapasitas RAM yang cukup.

Idealnya Windows 7 menggunakan RAM 2GB untuk penggunaan biasa. Sedangkan untuk penggunaan yang lebih, kamu bisa menambahkannya menjadi 4GB agar  kinerja Windows 7 lebih cepat.

10. Ganti Hardisk ke SSD

Cara terakhir dan yang bisa meningkatkan kecepatan windows adalah dengan mengganti hardisk ke SSD. SSD atau Solid State Drive memiliki kecepatan memba dan menulis hingga 5-10 kali dari kecepatan hardisk biasa.

Selain menambah kecepatan windows, penggantian Hardisk ke SDD juga membuat efisiensi daya lebih rendah.

Sekian artikel kali ini mengenai cara mempercepat windows 7 yang bisa kamu coba. Semoga dengan cara diatas windows kamu bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.