Cara Mengamankan Laptop/PC Dari Virus Tanpa Antivirus

virus laptop

Antivirus adalah software terbaik yang paling diperlukan untuk laptop dan pc setiap orang. Karena antivirus inilah laptop atau pc kita bisa terhindar dari ancaman virus yang berbahaya.

Menemukan antivirus bagus dengan kualitas terbaik untuk saat ini cukup mudah, apalagi bila ada uang untuk membelinya. Tapi tahukah Kamu bahwatanpa antivirus sekalipun laptop Kamu bisa bekerja secara normal dan aman?

Tidak perlu menggunakan program antivirus yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di sistem operasi agar terhindar dari virus yang menyerang.

Kali ini admin akan mengulas cara atau tips agar laptop Kamu kebal terhadap virus tanpa perlu instal antivirus. Bagimana caranya? silahkan baca sampai habis!

Laptop/PC Bebas Virus Tanpa Instal Antivirus

Menurut pendapat admin yang sok tau ini, komputer adalah alat yang dibutuhkan semua orang dan kantor. Jadi belajar cara merawat laptop/komputer itu penting. Karena laptop/komputer yang rusak karena terkena virus membutuhkan biaya  lagi untuk perbaikannya.

Hingga saat ini, di beberapa situs web yang tidak jelas atau tidak sengaja ter klik saat berselancar di internet dan membuka tab baru. Yang dimana secara otomatis web tersebut mendownload file langsung tanpa persetujuan dari kamu. Biasanya file tersebut berisi virus.

Saat komputer terkena virus hal yang paling sering dirasakan adalah komputer jadi lemot dan yang paling parahnya lagi virus tersebut bisa menyebabkan hardware seperti hardisk menjadi rusak dan kita kehilangan semua  data-datanya.

Umumnya, virus yang menginfeksi laptop berasal dari berbagai media. Seperti website nakal, flash disk, CD, DVD, dan hardisk eksternal. Lalu bagaimana cara mengamankan pc/laptop tanpa antivirus? berikut cara yang bisa kamu pakai.

1. Nonaktifkan autoplay Windows

Cara pertama adalah dengan menonaktifkan fitur autorun windows. Fitur ini sebenarnya berguna untuk segera mengeksekusi flashdisk ataupun device yang baru tersambung ke komputer. Tpi disinilah kelemahan dari fitur ini, windows akan langsung memproses file autorun flashdisk ataupun hardisk eksternal yang baru tertancap baik dalam flashdisk tersebut terdapat virus maupun tidak.

Nah, untuk mennonaktifkan fitur ini tidaklah sulit. Kamu cukup buka Control Panel > View by ubah ke small icon > pilih Autoplay. Di dalam jendela Autoplay kamu bisa menghilangkan tanda ceklis dibagian Use AutoPlay for all media and devices.

2. Pasang Deep Freeze

Cara kedua adalah dengan memasang Deep Freeze atau aplikasi sejenis. Aplikasi ini berguna untuk membekukan sistem agar tidak terjadi perubahan saat dilakukan restart. Jadi secara otomatis komputer akan kembali seperti semula saat di  restart.

Kekurangan dari cara ini, kita akan sedikit direpotkan saat ingin menginstal program atau aplikasi baru ke dalam PC.Karena kita harus terlebih dahulu menonaktifkan dan mengaktifkannya lagi saat sudah selesai menginstal aplikasi.

3. Buat akun type Limited

Cara terakhir  yang bisa kamu pakai untuk mengamankan windows dari virus tanpa antivirus adalah dengan membuat akun baru dengan type Limited. Kamu bisa membuatnya di menu pengaturan akun dan tambahkan akun baru dengan type Gues.

Ketiga metode ini sudah admin pakai dan terbukti selama beberapa tahun ini laptop dan pc admin tidak pernah terjadi masalah yang serius pada bagian system windowsnya.

Karena itu, mulai sekarang, Kamu tidak perlu bingung mencari antivirus, karena bahkan tanpa antivirus pun komputer kamu masih terlinsungi.

Dengan langkah-langkah di atas, bahkan tanpa antivirus terbaik, keamanan laptop Kamu akan dijamin, tetapi tidak hingga 100%. Karena setiap kali virus dibuat dengan kode program terbaru yang sangat kejam yang bisa merusak system windows dan juga tercurinya data kita.

Semoga cara mengamankan windows dari virus tanpa anti virus ini  bisa membantu.Selain mudah digunakan, tentunya komputer bisa berjalan lebih lancar karena tidak memproses software antivirus. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.