Cara Mengatasi Booting Windows PC/Laptop Lemot

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan – Kenapa waktu booting windows laptop / komputer saya semakin hari semakin lambat? Apa yang harus saya lakukan agar booting laptop / komputer saya kembali cepat? Pertanyaan seputar waktu booting windows yang lama nampaknya tidak ada habisnya ditanyakan rekan ke saya. Padahal, banyak sekali faktor yang menentukan mengapa waktu booting windows kita menjadi lambat atau lama.

Sebenarnya waktu booting windows lama ini bisa disebabkan dari berbagai faktor. Sebelum menangani booting laptop / komputer yang lama ini, ada baiknya teliti dahulu penyebabnya agar mudah untuk memperbaikinya. Disini saya akan membahas cara mengatasi booting laptop yang lama beserta penyebabnya.

Penyabab dan Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan dengan Mudah

1. Aplikasi Startup yang banyak

Hal pertama yang membuat booting windows menjadi lama adalah banyaknya aplikasi startup. Aplikasi startup ini akan langsung aktif ketika komputer dihidupkan,hal ini tentunya bisa mempegaruhi kecepatan waktu boot windows Laptop kamu.

Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mematikan startup aplikasi yang tidak penting. Berikut cara mematikan aplikasi Startup windows:

  • Buka Run (Windows+R) dan ketik msconfig > Enter.
  • Di menu System Configuration pilih tab Startup.
  • Hilangkan ceklis pada aplikasi-aplikasi yang kamu anggap tidak perlu aktif saat komputer pertama dihidupkan.
  • Klik Apply dan OK.
  • Setelah itu restart PC/Laptop.

Untuk pengguna Windows 10 bisa nonaktifkan apliaksi startup lewat Task Manager. Caranya hampir sama,hanya saja disini tidak ada ceklis. Untuk widnows 10 hanya ada Disable danEnableyang artinya jika Disable berarti tidak aktif dan Enable berarti aktif.

2. Shortcut dan data di Desktop yang menumpuk

Untuk mempermudah menemukan file atau berkas yang baru saja dikerja,biasanya sebagian orang menyimpannya di desktop. Hal ini memanglah tidak salah, namun dengan menumpuknya icon dan data di dekstop bisa membuat booting awal laptop / komputer menjadi berat.

Untuk mengatasi hal ini, kami menyarankan untuk mulai dengan merapikan data-data kamu  dalam suatu folder dan sebisa mungkin membuat isi dekstop laptop / komputer kamu hanya icon beberapa aplikasi saja.

3. Hardisk Hampir Penuh

Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Hardisk laptop / komputer yang hampir penuh sebenarnya sangat memberatkan kinerja sistem. Hal ini berdampak pada waktu booting windows kamu jadi lebih lama. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus data-data yang sudah tidak terpakai lagi atau melakukan upgrade hardisk ke SSD.

Laptop lemot? Baca juga Cara Mengatasi Laptop Lemot

4. Virus

Penyebab selanjutnya yang membuat booting windows laptop / komputer kamu lemot adalah adanya virus yang merusak sistem windows kamu. Cara paling mudah adalah membersihkannya dengan antivirus. Tapi cara yang saya rekomendasikan adalah dengan melakukan instal ulang windows. Karena dengan melakukan instal ulang laptop / komputer kita akan sepenuhnya bebas dari virus.

5. Kapasitas RAM yang kecil

Kapasitas RAM yang kecil selain membuat windows sering hang, hal ini juga bisa membuat waktu boot windows lama. Agar windows berjalan dengan lancar, kapasitar minimal RAM laptop atau komputer adalah 2GB untuk Windows 7 dan 4GB untuk windows 10. Jika laptop kamu memiliki kapasitas ram yang kecil, sebaiknya kamu mencoba untuk menambah kapasitas RAM.

Nah, itu dia 5 cara dan penyebab booting windows di laptop lemot. Kamu bisa menerapkan semua cara diatas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selamatmencoba dan semoga berhasil mengatasi booting windows yang lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.