Cara Mengatasi Error Load Driver a required CD/DVD drive device driver is missing

cara-mengatasi-error-saat-install-ulang-windows-7-8-10

Saat ingin melakukan instal ulang maupun istall windows baru tiba-tiba muncul peringatan “CD/DVD drive device driver is missing“. Masalah error ini biasanya terjadi saat melakukan penginstalan Windows 7,tapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di Windows 8 dan windows 10.

Masalah CD/DVD drive device driver is mising ini biasanya terjadi pada metode install windows menggunakan flashdisk ataupun hardisk eksternal. Dan buat kamu yang sedang terkena masalah ini tidak usah panik karena untuk mengatasinya tidaklah terlalu suli.

Penyebab Error CD/DVD drive device driver is missing

error-saat-instal-ulang-windows-7-8-10

Ada beberapa penyebab error instal ulang windows 7 ini. Penyebab-penyebabnya antara lain driver USB 3.0 belum terinstal, flashdisk yang sudah USB 3.0, dan format hardisk yang berbeda.

Nah, daripada berpanjang lebar lagi. Langsung saja berikut cara mengatasi A Required CD/DVD drive device driver is missing Saat Instal Windows 7.

Cara Mengatasi A required CD/DVD driver missing

1. Ganti Port USB

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengganti port USB yang digunakan. Kamu bisa mencolokkan flashdisk ke port USB 2.0.

2. Ganti Flashdisk

Cara lainnya adalah dengan menggunakan flashdisk lain yang masih memiliki interface USB 2.0. Yang membedakan USB 3.0 dan USB 2.0 biasanya terletak pada warna port USBnya. Untuk USB 3.0 berwarna biru sedangkan untuk USB 2.0 berwarna hitam. Tapi untuk lebih pastinya kamu bisa mengecek spesifikasi di web resminya.

3. Lakukan Clean Hardisk

Cara selanjutnya kamu bisa melakukan clean hardisk. Perlu diketahui, jika kamu menggunakan cara ini berarti kamu sudah siap kehilangan semua data yang ada di dalam hardisk. Karena cara ini akan memformat hardisk beserta partisi-partisinya. Jadi buat kamu yang melakukan instalulang harap lakukan backup data terlebih dahulu.

Berikut caranya:

  • Buka CMD (Command Prompt) Saat di dalam proses instalasi dengan menekan Shift + F10.
  • Ketikkan perintah diskpart dan enter, lalu ketik lagi list disk dan tekan enter lagi.
  • akan muncul daftar hardiskyang digunakan, untuk laptop atau PC dengan satu hardisk bisa langsung saja ketik perintah select disk 0 dan enter.
  • Lanjut berikan perintah clean → create partition primary → format fs=ntfs quick .

4. Instal langsung dari hardisk internal

Jika ketiga cara diatas masih belum juga  mengatasi masalah error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing saat instal windows. Cara terakhir adalah dengan melakukan penginstalan langsung dari hardisk  internal.

Untuk menginstal windows langsung dari hardisk internal terlebih dahulu kamu  harus membuat partisi baru  dan menaruh  file instalasi windows di partisi tersebut. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel Cara Instal Ulang Windows Langsung Dari Hardisk Internal.

Nah itu dia 4 cara yang bisa kamu pakai saat mengalami error Load Driver A required CD/DVD drive device driver is missing. emoga bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah windows kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.