Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

cara-mengatasi-hardisk-eksternal-tidak-terbaca-sama-sekali

Sebagai pengguna hardisk eksternal, tentunya hal yang paling ditakutkan adalah hardisk eksternal tidak terbaca sama sekali di komputer atau laptop. Seperti yang kitaketahui, hardisk eksternal sendiri biasanya digunakan untuk membackup data-data besar seperti file back up dan sebagainya.

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan jika suatu saat hardisk eksternal kita tidak terbaca sistem? Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Tapi buat jaga-jaga, ada baiknya kamu harus tau cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca di windows.

Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Sebelum masuk ke cara memngatasi hardisk eksternal tidak terbaca di komputer, terlebih dahulu kita kenali apa saja penyebab paling umum yang membuat laptop tidak mendeteksi hardisk eksternal kita. Berikut penyebab-penyebabnya:

  • Driver tidak terinstal dengan benar
  • Kabel USB bermasalah
  • Casing Hardisk Bermasalah
  • Hardisk tidak mendapat dayayang cuku
  • Hardisk pernah terjatuh
  • Hardisk sudah berumur

hardisk-tidak-terdeteksi-windows

Cara Mengatasi Hardisk Ekternal Tidak Terbaca

Nah, setelah tau apa-apa saja yang menyebabkan hardisk eksternal tidak terbaca, kini kita masuk ke cara mengatasinya. Cara mengatasinya sendiri gampang-gampang sulit. Berikut cara untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca sama sekali di windows.

1. Update Driver

Langkah pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengupdate driver hardisk eksternal. Untuk mengupdate driver kamu bisa masuk ke Device Manager pilih Disk Drive dan menu Universal Serial Bus jika ada hardisk eksternal kamu tinggal klik kanan pilih properties dan terakhirpilih update driver.

Pastikan laptop atau komputer terhubung ke internet agar proses update driver berjalan dengan lancar.

2. Ganti port USB lain

Cara selanjutnya jika hardisk eksternal kamu tidak terbaca dilaptop coba hubungkan ke port USB lain. Jika sebelumnya kamu menghubungkan ke USB 3.0 coba sekarang kamu hubungkan ke USB 2.0.

Jika masih tidak terdeteksi kamu juga bisa emncoba menghubungkannya ke laptop lain untuk memastikan apakah yang error hardisk eksternal kita atau laptop kita.

3. Atur Pengaturan Disk Management

Untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terdeteksi juga bisa dilakukan lewat Disk Management. Karena hardisk tidak terbaca juga bisa dikarenakan drive yang bermasalah.Untuk itu kita harus mengaturnya di Disk Management.

Caraya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk disk managementlewat start dan ketikkan disk management. Setelah terbuka cek apakah hardisk kamu terdeteksi. Jika ada, Klik kanan Drivernyadan pilih Delete Volume. Jika sudah, klik kanan Drive hasil format dan pilih New Simple Volume. Untuk format Drivenya sendiri bisa pakai FAT32 atau NTFS.

Jika kamu menggunakan cara ini semua data yang ada dihardisk akan menghilang. Jadi silahkan pikirkan dahulu sebelum mengeksekusi.

4. Ganti Letter Hardisk Eksternal

Masih di menggunakan cara mengatasi hardisk tidak terbaca lewat Disk Management. Jika hardisk eksternal terlihat online dan aktif di disk management tapi tidak memiliki drive letteratau huruf khusus di samping namanya, mungkin disini masalahnya.

Untuk menambahkan Letter Hardisk eksternal kamu hanya perlu klik kanan Volume yang dimaksud dan pilih Change Drive Letter and Paths. Silahkan pilih huruf standar untuk removable drives seperti G, H, atau J.

5. Ganti Kabel USB Hardisk Eksternal

Sama seperti kabel data smartphone, Kabel USB di hardisk Eksternal juga memiliki peran penting dalam pengiriman data. Jika kabel USB rusak atau tertekuk maka hardisk eksternal tidak akan terdeteksi di Windows.

Untuk itu kamu bisa mencoba mengganti kabel USB hardisk eksternal. Atau jika tidak ingin keluar uang,kamu bisa terlebih dahulu meminjam kabel USB milik teman.

6. Ganti Casing Hardisk

Penyebab hardisk eksternal tidak terbaca bisa jadi karena komponen casing hardisk tersebut bermasalah. Hardisk eksternal sendiri biasanya merupakan hardisk 2,5″ yang diberi casing. Di dalam casing ini terdapat port SATA sekaligus Converter ke USB.

Jika part converter tersebut rusak, sudah pasti akan menyebabkan hardisk jadi tidak terdeteksi. Kamu bisa mengganti casing hardisk eksternal denganyang baru atau membeli bagian converternya saja.

7. Lakukan Low Level Format

Low Level Format adalah cara memformat hardisk hingga benar-benar bersih 100%. Cara ini cukup berguna untuk memperbaiki hardisk yang mulai error. Kamu bisa mendownload aplikasi Low Level Format disini.

Bonus! Tips Merawat Hardisk Eksternal

Nah, sudah tau kan cara untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terdeteksi di komputer. Sebagai Bonus, berikut tips merawat hardisk eksternal agar awet dan gak gampang rusak.

  • Jangan sering mengguncang-guncang hardisk.
  • Selalu gunakan safely remove hardware setiap kali ingi mencabut hardisk.
  • Jangan terlalu sering melakukan format.
  • Untuk data besar dan banyak bisa dijadikan file .rar atau .zip.
  • Perhatikan suhu hardisk saat digunakan.
  • Lakukan check disk secara rutin.

Sekian artikel kali ini mengenai cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca. Semoga masalah Hardisk eksternaltidak terbaca di explorer windows 10, tidak terbaca di bios, tidak terbaca setelah diformat dan tidak terbaca di disk management terselesaikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.