cara mengatasi usb tidak terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca – Flashdisk memang media penyimanan yang cukup simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Tapi dibalik kemudahan itu sering kali terjadi masalah flashdisk tidak terbaca atau terdeteksi baik itu di laptop, pc, dan android.

Masalah flashdisk tidak terbacamerupakan kerusakan yang sering dialami oleh para penggunanya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena disini CukupTau akan memberikan tips dan trikuntuk mengatasi masalah flashdisk error.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, terlebih dahulu kita harus tau apa saja penyebab flashdisk tidak tampil di windows. Penyebab ini juga bisa jadi acuan agar nantinya kamu bisa menjaga flashdisk agar tetap awet.

Berikut beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di pc:

  1. Port USB yang bermasalah
  2. Driver USB yang bermasalah
  3. Flashdisk tidak terbaca karena virus
  4. File flashdisk yang terlalu banyak
  5. Sering mencabut perangkat flashdisk dari pc tanpa di eject/removable disk
  6. Flashdisk palsu

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca

Dari beberapa penyebab kenapa flashdisk mengalami error, sekarang kita bisa mengetahui cara untuk memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut.Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

1. Cek Port USB pada PC/Laptop

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada colokan USB. Karena ada kemungkinan port USB kamu yang bermasalah sehingga file flashdisk tidak terbaca di laptop.

Cara mengeceknya juga cukup mudah, kamu bisa mencoba menggunakan flashdisk lain di port yang sama. Jika flash disk lain juga tidak terbaca juga, maka besar kemungkinan port USB kamu bermasalah. Kamu bisa coba membersihkannya terlebih dahulu.

2. Cek Flashdisk

Selain port USB laptop/PC yang bermasalah, ada kemungkinan juga flashdisk kamu memang sudah rusak. KArena flashdisk yang rusak secara otomatis tidak akan terbaca di windows maupun di CMD.

Untuk mengecek kerusakan flashdisk kita hanya perlu mencolokkannya ke laptop yang berbeda. Jika flashdisk juga tidak terdeteksi, berarti memang flashdisk kamu mengalami kerusakan.

3. Instal Ulang Driver USB

Saat mengalami  Flashdisk tidak terbaca di windows 10, kamu bisa memperbaikinya dengan melakukan install ulang pada driver USB yang digunakan.

Untuk melakukan instal ulang driver USB caranya cukup mudah, beriut langkah-langkahnya:

  1. Pertama colokkan flashdisk di  port usb.
  2. Masuk ke tab Device Manager Windows lewat tombol start dan ketikkan device manager.
  3. Setelah jendela device manager terbuka pilih Universal Serial Bus Controllers dan pilih USB Mass Storage Device.
  4. Klik kanan pada USB Storage Device dan pilih opsi Uninstall Device.
  5. Setelah selesai coba cabut dan masukkan kembali flashdisk kamu.
  6. Jika berhasil flashdisk akan kembali mengisnstal drivernya yang baru.

4. Pindai dengan software Antivirus

Jika flashdisk kamu terbaca namun filenya tidak tampil ada kemungkinan flashdisk kamu terkena virus atau serangan malware. Maka cara paling efektif adalah dengan melakukan pemindaian menggunakan aplikasi Antivirus.

Baca juga : Cara Mengamankan Laptop Dari Virus Tanpa Antivirus

5. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan CMD

Cara selanjutnya kamu bisa melakukan format pada flashdisk kamu. Dengan menggunakan cara inni otomatis semua data dan file yang tersimpan di dalam flashdisk akan hilang semuanya.

Walau flashdisk tidak terbaca di windows namun biasanya masih terdeteksi di CDM. Tapi jika flashdisk juga tidak terdeteksi di cmd kamu bisa melewati langkah ini.

Berikut adalah langkah-langkah format flasdisk lewat CMD:

  • PAstikan flashdisk sudah tercolok di port USB PC/Laptop.
  • Setelah itu silahkan buka CMD dengan run atau menekan tombol “windows + R” dan ketikkan “CMD“.
  • Silahkan ketikkan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD. huruf “F” ini adalah lokasi port flashdisk kamu. KAmu bisa menyesuaikannya dengan format yang sering flashdisk kamu miliki seperti F, E, atau D.
  • Selanjutnya kamu  hanya perlu tekan enter dan secara otomatis flashdisk kamu akan di format oleh windows dan menghapus semua file yang ada di flashdisk tersebut.

6. Format Flashdisk lewat Disk Management

Selain memformat lewat CMD, kamu juga bisa memformat flashdisk yang tidak terdeteksi di windows lewat Disk management. cara ini juga akan menghapus semua file yang ada pada flashdisk kamu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk format flashdisk yang tidak terbaca lewat Disk Management:

  • Pastikan flashdisk sudah terpasang dengan benar di port USB laptop/pc.
  • Masuk ke disk management dengan cara klik start dan ketikkan Disk Managenet.
  • Jika sudah akan secara otomatis muncul pilihan create and fortmat disk partition, Klik dan jendela Disk Management akan terbuka.
  • Selanjutnya pilih partisi flashdisk yang digunakan baik itu E, F, D atau yang lainnya. Pastikan yang kamu pilih adalah flashdisk dan bukan hardisk. Karena bila salah memilih bisa-bia hardisk kamu yang terformat.
  • Setelah yakin yang kamu pilih adalah partisi flashdisk silahkan klik kanan dan pilih format.
  • Selanjutnya tinggal menunggu hingga proses selesai. Dan kini flashdisk kamu sudah bisa di format ulang.

Nah itu dia beberapa Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di laptop maupun di PC. Semoga dengan cara diatas flashdisk kamu bisa kembali dengan normal dan bisa digunakan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.