Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Wifi Lemot di Laptop  – Tidak hanya smartphone saja yang membutuhkan akses internet, Laptop pun juga sangat membutuhkannya. Selain bisa untuk streaming film, mendengarkan lagu, hingga mengirim dokumen kerjaan memerlukan yang namanya internet. Dan cara paling umum untuk menghubungkan Laptop ke internet adalah lewat jaringan WiFi.

Di era yang sudah serba modern ini, kita bisa menemui akses WiFi dimana-mana mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. WiFi sendiri merupakan jaringan Nirakabel yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan. Dengan bantuan Wifi kita bisa dengan mudah berinternetan tanpa perlu ribet colok-colok kabel.

Meski wifi ini cukup simpel dan membantu, ada saja masalah yang sering timbul. Beberapa masalah yang paling sering muncul adalah Wifi Lemot di laptop. Nah, cara mengatasi Wifi Lemot di Laptop ini sebenarnya bukanlah masalah baru. Melainkan masalah yang cukup umum dan tentunya ada solusinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi WiFi Lemot di windows 10 ini? Berikut CukupTau akan bagikan beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk mengatasi masalah WiFi lemot ini. apa saja itu? Silahkan baca hingga habis.

Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop Terbaru

Mengubah Settingan Bandwidth

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WiFi yang lemot adalah dengan mengatur bandwith. Hal ini dimaksudkan agar koneksi internet pada laptop kamu semakin lancar dan tidak lemot. Berikut cara mengatur Bandwith WiFi Laptop.

  1. Pertama buka Run (Windows + R).
  2. Ketikkan gpedit.msc dan tekan enter.
  3. Buka direktori menu Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler.
  4. Double klik pada bagian Limit reservable bandwith.
  5. Ubah menjadi Enable dan atur pada bagian Bandwith Limit menjadi 100%.
  6. Kemudian langkah terakhir yaitu Restar laptop kamu untuk melihat hasilnya.

Ubah pengaturan DNS Laptop

DNS merupakan salah satu menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP untuk membuat koneksi Wifi pada Laptop tidak lambat. Salah satu cara agar koneksi lebih cepat adalah dengan mengubah menggunakan DNS Google. Berikut caranya.

  1. Buka Start dan ketikkan Network Connections.
  2. Akan muncul aplikasi View Network Connection, kamu bisa membukanya dan cari adapter jaringan WiFi yang kamu pakai.
  3. Klik kanan dan pilih Properties.
  4. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties
  5. Di tab general pilih Use the Following DNS server addresses.
  6. Isikan dengan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  7. Klik OK

DNS lain nyang bisa kamu gunakan selain google bisa pakai CloudFlare dengan IP 1.1.1.1.

Pastikan Jarak Router Tidak Jauh

Penyebab lainnya kenapa WiFi laptop lemot adalah karena jarak router ke Laptop yang terlalu jauh. Sebenarnya sinyal wiFi ini bisa mencapai jarak 50M. hanya saja jika ada banyak benda penghalang seperti dinding atau pohon akan cukup mengganggu sinyal WiFi.

Solusinya adalah dengan mendekatkan Laptop ke Router atau bisa mengunakan koneksi kabel untuk mendapatkan koneksi yang maksimal. Atau bisa juga dengan meletakkan Router di lokasi yang lebih terbuka agar sinyal yang dipancarkan lebih kuat.

Cek Kekuatan Sinyal

Jarak sudah dekat namun wifi masih lemot juga? Ada kemungkinan antena Laptop atau bahkan antena Router WiFi kamu bermasalah sehingga sinyal yang di ipancarkan  jadi tidak maksimal. Kamu bisa mengeceknya di bagian taskbar Window dan lihat beraba bar sinyal yang diterima. Jika kurang dari 3 bar padahal jarak laptop ke router sudah dekat kamu bisa mengecek antena WiFi apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.

Pengguna yang banyak

Semakin banyak semakin lemot? Tentu saja, apa lagi jika router yang digunakan router standart yang murah. Akan beda ceritanya jika router yang dipakai lebih bagus. Jadi, jika internet Wifi laptop kamu lemot periksalah pengguna yang terhubung ke jaringan tersebut.

Router Overheat

Selain pengguna yang banyak, Router yang overheat atau panas juga bisa menyebabkan Wiffi laptop menjadi lemot. Jika suhu Router yang kamu miliki terlalu panas bisa jadi itu penyebab internet WiFi sering drop atau lemot. Cara mengatasinya bisa dengan menaruh di ruangan terbuka atau bisa juga dengan menambah fan external untuk mendinginkan Router.

Hubungi CS

Jika semua hal diatas sudah dilakukan namun WiFi masih juga lemot langkah terakhir adalah dengan menghubungi Customer Service Provider bersangkutan. Karena bisa jadi sedang ada masalah jaringan di wilahmu yang menyebabkan Wifi jadi Lemot.

Nah, itu saja ulasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Wifi Lemot di Laptop Windows 10 /8/7. Jika ada pertanyaan bisa tinggalkan di kolom komentar. Semoga artikel bermanfaat dan terimakasih.