Cara Mengatasi Wifi Limited Access Windows 7/8/10

wifi limited access

Internet sudah menjadi salah satu bagian yang cukup penting saat ini. Salah satu cara menghubungkan laptop atau pc ke jaringan internet adalah melalui wifi. Namun ada kalanya kita mendapatkan masalah seperti icon WiFi ada tanda seru kuning dan muncul tulisan WiFi Limited Access yang membuat kita tidak bisa internetan.

Masalah WiFi limited access ini cukup sering terjadi di laptop dan pc yang bisa membuat kita cukup pusing mengatasinya. Bagaimana tidak pusing, wifi bisa terhubung seperti biasanya tapi mendadak Limited Access dan tidak bisa internetan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pengguna tidak bisa tergubung ke internet lewat jaringan wifi karena terkena limited access. Tapi bukan berarti kita harus panggil teknisi jaringan ataupun teknisi komputer untuk menyelesaikan masalah satu ini. Cara mengatasi WiFi Limited Access ini tidaklah sesulit yang dibayangkan dan kamu bisa mengatasinya sendiri. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu pakai untuk mengatasi masalah internet laptop satu ini.

Cara Memperbaiki WiFi Limited Access Windows 7/8/10

1. Restart Laptop atau PC

Carapertama yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa internetan akrena Limited Access adalah dengan merestart laptop atau PC kalian. Cara ini tentunya bisa kamu  pakai bila kamu sebelumnya  sudah pernah terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut. Bila belum pernah terkoneksi kamu bisa lanjut ke  cara berikutnya.

2. Restart Modem atau Router WiFi

Buat kamu yang memiliki akses ke router wifi bisa coba untuk restar wifi atau modem. Cara ini sendiri sering admin lakukan saat terkena masalah Wifi Limited Access. Cara kedua ini berguna untuk merefresh pengaturan jaringan wifi router. Untuk merestart router kamu cukup mematikan dan menghidupkannya  kembali.

3. Ganti IP Address

Cara selanjutnya untuk problem limited access windows 10 adalah dengan mengganti IP Address. Cara ini tentunya untuk mereka yang menggunakan IP Manual unutk bisa terkoneksi ke WiFi.

IP Address yang sama antara satu laptop dengan laptop lainnya bisa menjadi penyebab tidak bisa internetan dan muncul peringatan Limited Access. Berikut cara untuk mengganti IP Address:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center
  3. Klik koneksi  WiFi  yang digunakan
  4. Akan muncul jendela Wireless Network Connection Status
  5. Pilih Properties
  6. Klik Properties lagi pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  7. Ubah pada bagian Use the following IP address dengan IP yang kosong.

4. Reset IP Address

Masih berhubungan dengan IP Address yang menyebabkan error wifi limited access. Kita bisa coba untuk melakukan reset IPS. Caranya cukup mudah, kita tinggal buka CMD dengan run as administrator dan ketikkan perintah netsh int ip reset C:\resetlog.txt enter. Selanjutnya coba koneksikan kembali  laptop  ke  WiFi.

5. Disable Bonjour Service

mengatasi-tidak-bisa-internetan-limited-access

Cara selanjutnya untuk mengatasi Limited Wifi Access Windows 7 / 10 adalah dengan mematikan Bonjour services. Service satu ini terkadang menjadi pemicu yang membuat koneksi wifi laptop error. Berikut cara mematikan Bonjour Services.

  1. Buka Start dan ketikkan services.
  2. Klik saja aplikasi servicesdan otomatis jendela services akan terbuka.
  3. Cari Bonjour Service > klik kanan dan pilih Properties.
  4. Klik Stop dan pada bagian Startup type ubah menjadi Disabled.
  5. Klik OK.

6. MAC Address Laptop atau PC tidak terdaftar dalam jaringan WiFi

Penyebab lainnya limited access wifi dan tidak bisa internetan adalah karena MAC Address Wifi laptop kita tidak terdaftar. Untuk kasus ini tentunya terlebih dahulu kita harus mendaftar pada jaringan WiFi tersebut untuk bisa mengakses internet.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengatasi WiFi Limited Acces Windows 7 dan 10 laptop/PC. Semoga tips diatas bisa membantu dan mengatasi masalah kamu yang tidak bisa internetan karena limited access.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.