Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Mungkin kamu pernah sesekali menemukan website yang tidak bisa dibuka dan mendapatkan pesan Your Connection is Not Secure. Lalu, apa yang harus dilakukan? apakah dengan mengganti jaringan bisa menyelesaikan masalah ini? dan kenapa pesan ini sering muncul saat mengunjungi website tertentu? Nah, di sini akan kami berikan penjelasan serta cara mengatasi your connection is not private dengan mudah.

Mengenal istilah Your Connection is Not Private

Sebelum masuk ke pembasahan cara menyelesaikan masalah Your Connection is Not Private. Terlebih dahulu kita kenali kenapa pesan tersebut muncul karena apa dan kenapa. Pesan Your Connection is Not Private itu sendiri biasanya akan muncul saat terjadi error pada sertifikat SSL suatu website.

SSL atau secure sockets layer biasanya biasa digunakan untuk menjaga keamanan dan privacy informasi yang kamu masukkan di sebuah situs website. Salah satu contoh  website yang sudah menerapkan fungsi SSL yakni dimulai dengan https:// didepannya.

Nah, peringatan your connection is not private ini biasanya akan muncul saat kamu membuka situs yang dianggap kurang aman atau masih menggunakan Http://. Jika kamu membuka website yang belum menerapkan SSL sebaiknya harus berhati-hati.

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private Android dan Laptop

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa internetan karena your connection is not private baik itu di komputer atau di android.

Cek Tanggal dan Waktu

Cara pertama kenapa kita tidak bisa mengakses karena masalah connection not private atau not secure mungkin bisa coba cek pengaturan tanggal dan waktu. Karena mungkin saja sertifikat keamanan sudah kadaluarsa karena tanggal di laptop/komputer ngaco.

Jika tanggal dan waktu yang ada tidak sesuai dengan saat ini, maka browser akan mengira bahwa sertifikat SSL sebuah website sudah expired. Jika memang iya, sebaiknya kamu mengatur ntanggal dan waktu.

Untuk mempermudah dalam pengaturan tanggal dan jam kamu bisa memilih set time automatically atau sesuaikan waktu dan tanggal berdasarkan jaringan jika di android. Setelah itu coba restart browser dan kembali ke halaman barusan.

Akses dengan mode Private

Peringatan Your Connection is Not Private bertujuan untuk mengamankan data-data browser kamu. Cara lainnya yang bisa kamu pakai adalah dengan berinternetan menggunakan mode Private. Setiap browser baik itu di laptop dan Android tentunya menyediakan fitur ini.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, kamu tinggal buka menu Browser dan cari Create Private Tab/Windows atau bila di chrome bernama incognito window. Alasan menggunakan Private mode karena di mode ini browser tidak akan menyimpan baik itu cookies, data, riwayat browsing, dan informasi yang kamu masukkan ke formulir.

Hapus Browsing History Browser yang Digunakan

Cara selanjutnya jika terkena masalah tidak bisa internetan karena Your Connection is not Private adalah dengan menghapus history atau riwayat di browser yang digunakan. Kamu bisa melakukan ini dengan masuk ke menu, pilih history dan clear browsing data. Pilih all date dan klik tombol clear.

Resfresh Halaman

Cara lainnya yang cukup simpel dan membantu dengan kemungkinan berhasil yang cukup tinggi lainnya adlaha dengan mel;akukan Reload atau refresh halaman browser. Reload halaman kerap kali berhasil untuk mengatasi masalah Connection not Private ini karena adanya kemungkinan jika sertifikat SSL sedang di reissue atau browser hanya gagal me-load permintaan server.

Nonaktifkan Antivirus dan windows defender

Cara yang satu ini agak sedikit ekstrim, yakni dengan mematikan program anti virus. Hal ini dikarenakan beberpa software Anti Virus dan program keamanan internet akan memindai situs yang menggunakan HTTPS. Bila fitur ini aktif maka setiap situs yang tidak mengantongi sertifikat SSL yang muncul akan langsung di blok.

Selain menonaktifkan antivirusnya, kamu bisa juga menonaktifkan fitur SSL scanning. Tapi pastikan jangan sampai lupa untuk mengaktifkannya kembali jika sudah selesai. Karena dikhawatirkan komputer terserang malware.

Hapus sertifikat cert8.db

Data-data sertifikat sebelumnya yang tersimpan namun korup biasanya suka muncul ketika file di folder profil kamu, dimana sertifikat cert8.db tersimpan mengalami kerusakan. Kamu bisa menghapus file ini dan biarkan browser memperbaharui file ini.

Aktifkan DNS Automatic

Penyebab lainnya kenapa  muncul pesan Your Connection is not private adalah pengaturan DNS yang diubah manjadi manual milik google atau lainnya. Jika kamu pernah melakukan perubahan ini, maka saran kami adalah mengembalikannya ke pengaturan awal atau ubah menjadi Automatic saja.

Pakai VPN

Koneksi yang tidak aman sering kali mengalami error ketika membuka website-website luar terutama website http://. Cara terakhir jika semua cara diatas tidak berpengaruh adalah dengan menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN kita bisa mengatur keberadaan dan IP internet kita.

Untuk pengguna Laptop/komputer tidak usah bingung mau instal aplikasi VPN apa. Karena biasanya di browser sendiri sudah ada addon atau extension VPN yang siap digunakan. Jadi kamu tinggal mau pilih negara mana dan berinternetan dengan aman.

Untuk pengguna android bisa download aplikasi VPN di playstore seperti Turbo VPN PRO,Super VPN, Hola VPN, dan lainnya yang bisa kamu instal dan download gratis.

Akhir Kata

Masalah tidak bisa buka situs karena muncul peringatan Your Connection is Not Private yang sering terjadi bukanlah masalah besar. Jadi kamu tidak perlu panik karena ada banyak penyebab dan cara untuk mengatasi your connection is not private. Kamu tinggal pilih dari cara pertama hingga cara terakhir diatas. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah. Selamat mencoba!