Cara Mengembalikan Performa Motor yang Ngempos

Mengembalikan Performa Motor

CukupTau.id, Cara Mengembalikan Performa Motor yang ngempos – Pernahkah kamu mengalami kejadian atau masalah pada motor saat RPM tinggi namun tenaga yang dikeluarkan terasa tertahan atau bahasa kita disebut ngempos. Masalah motor ngempos ini tentunya selain berpengaruh pada keceatan motor juga menyebabkan motor menjadi boros bahan bakar atau bensin. Karena saat motor ngempos, kecepatannya tidak keluar sepenuhnya walaupun gas sudah ditarik full. Biasanya keadaan seperti ini menimpa motor-motor yang sudah berumur tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menimpa pada motor-motor keluaran terbaru.

Nah lalu apa yang menyebabkan dan baigana cara mengatasi motor ngempos tersebut? kali ini saya akan membahas pada ulasan dibawah ini. Info-info yang ada dibawah ini berasal dari forum-forum otomotif dan juga dari pengalaman admin sendiri. Pada dasarnya, motor akan kehilangan tenagaketika proses pembakaran kurang begitu sempurna atau pas. Dalam proses kerja mesin dalam membakar bahan bakar ada 4 hal yang mempengaruhinya. Yaitu udara, bensin, api dan tekanan kompresi. Jika salah satu dari empat hal itu mengalami masalah maka output yang dihasilkan pasti tidak maksimal dan menyebabkan motor ngempos.

Penyebab Motor Ngempos

Adapun hal-hal yang menyebabkan motor ngempos saat digas dan kehilangan tenaga yang di antaranya yaitu:

  1. Kompresi rendah
  2. Filter udara kotor/mampet
  3. Pilot jet (Karburator) / Injection mampet.
  4. Kampas kopling habis
  5. Beban motor berlebih
  6. Tekanan ban kurang

Cara mudah Mengembalikan Performa Motor

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi tenaga motor nahan di rpm atas atau ngempos tersebut? Dari penyebab yang sudah disebutkan di atas kita bisa mencari tau letak masalah yang menimpa pada motor kita. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menemukan terlebih dahulu letak masalahnya. Seperti diatas, kamu bisa mengeceknya satu persatu.

Mengecek Filter Udara

Untuk langkah awal kita bisa memilih langkah yang mudah terlebih dahulu seperti mengecek filter udara. Lepaskan filter udara pada motor kamu. langkah selanjutnya bisa membersihkan kotoran yang menempal pada permukaan filter tersebut.Cara membersihkan filter cukup disemprot saja menggunakan angin kompresor dan pastikan kotoran yang emnutupi filter hilang. Kotoran ini akan sangat tebal pada motor yang filternya jarang di cek. Jangan pernah mencuci filter udara motor denga air bila filter udara motor kamu  berbahan paper/kertas. Bila kondisi filter udara sudah tidak layak lagi kamu bisa menggantinya dengan yang terbaru.

Melakukan service karburator / Injector

Langkah selanjutnya kamu bisa membersihkan karburator/ injector motor kamu. Langkah ini dilakukan untuk membuat aliran bensin yang masuk keruang bakar tidak terganggu. Karena karbu/injector yang jarang diservice dapat menyebabkan asupan bensin keruang bakar tidak sempurna dikarenakan noozel mengalami mampet akibat kotoran dari bahan bakar. Walaupun sudah menggunakan bahan bakar tanpa timbal kamu tetap harus rutin melakukan service karbu/injector karena kotoran yang masuk biasanyaadalah partikel-partikel kecil dari debu yang masuk ke tanki kendaraan.

Buka Busi dan Bersihkan

Langkah berikutnya kamu bisa melepaskan busi motor untuk di cekdan dibersihkan. Pada langkah ini kita juga bisa mengecek keadaan pembakaran pada motor kita. Pertama kondisi busi, periksa apakah elektrodanya ditam atau basah. Untuk motor dengan embakaran yang sempurna businya harus kering dan berwarna merah bata. Bila busi kamu berwarna putih iut berarti motor kamu kekurangan suply bahan bakar. Dan jika busi motor kamu hitam dan basah, itu berarti motor kamu terlalu banyak menggunakan bensin. Jika busi hitam kamu bisa membersihkannya menggunakan amplas atau sikat kawat agar tidak terlalu pekat. Selanjutnya colokan busi pada cop busi pada keadaan tidak dipasang ke mesin. Selanjutnya tempelkan ulir busi ke ground motor hidupkan dan tekan stater untuk mengecek apakah pengapian motor kamu masih sempurnya atau tidak.

Mengecek Kompresi Mesin

Dila 3 cara diatas sudah kamu cek dan berfungsi dengan baik selanjutnya bisa melakukan cek kompresi menggunakan alat pengukur kompresi mesin “Compression Tester”. Alat ini biasanya hanya tersedia di bengkel-bengkel besar, sehingga untuk melakukan pengecekan kompresi kita perlu membawanya kebengkel keercayaan kalian. Tanpa alat ini kita tidak akan bisa mengukut tekanan kompresi mesin.

Biasanya gejala kompresi rendah seperti motor susah untuk di hidupkan pada kondisi dingin atau ada asap putih yang keluar dari knalpot. Apabila dua hal ini tidak kamu temukan maka tekanan kompresi pada motor masih aman.

Kompresi rendah ini biasanya dikarenakan adanya kebocoran ruang bakar. Yang paling sering menjadi penyebabnya adalah pada bagian seal klep dan dinding piston yang baret. Biasanya hal ini dikarenakan oli tidak naik ke head karena faktor-faktor tertentu.

Mengganti kampas kopling motor untuk Mengembalikan Performa Motor

Langkah selanjutnya jika motor tetap ngempos maka penyebabnya ada diluar mesin. Misalnya pada kampas koling. Kampas kopling ini tidak hanya ada ada motor dengan kopling manual saja tetapi juga ada pada motor matic dan bebek. Tapi untuk matic dan bebek biasanya yang pertama habis bukanlah kampas koplingnya namun kampas gandanya. Kampas kopling ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke roda belakang. Bila kampas sudah mulai habis ini memjadi penyebab motor tidak bisa digas tinggi. Karena tenaga dari mesin tidak sepenuhnya tersalurkan ke roda belakang.

Gejala yang timbul saat kampas kopling minta ganti adalah motor terasa selip dan mesin menggerung saat di rpm atas. Biasanya diikuti dengan bunyi yang kasar kapa area samping kanan mesin. Untuk motor matic akan ditemui suara decitan ketika motor di gas. Hal-hal tersebut bisa mengindkasikan bahwa kampas kopling mulai tipis dan minta di ganti. Untuk penggantian kampas kopling pertahitan juga plat koplingnya. Bila Plat kopling masih tebal yang perlu diganti kampasnya saja.

Demikianlah pembahasan Cara Ampuh Mengembalikan Performa Motor yang Ngempos agar tarikan kembali enteng. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua yang mengalami masalah motor ngempos. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.