Cara Mengempiskan Baterai Hp yang Menggelembung

Cara Mengempiskan Baterai Hp yang Menggelembung

Baterai hp tidak drop tapi menggelembung? Jangan buru-buru ganti. Kamu bisa mengempiskannya dengan mudah. silahkan baca artikel kali ini untuk mengetahui caranya.

Cara mengempiskan baterai hp yang menggelembung sebenarnya sudah cukup banyak dibahas. Tapi nyatanya permasalah baterai hp yang kembung ini hingga saat ini masih sering terjadi meski smartphone sudah mengembangkan fitur kemananan pengisian. Terlebih untuk smartphone keluaran terbaru saat ini yang mana hampir semuanya menggunakan baterai tanam. Masalah baterai yang menggelembung ini tentunya sangatlah mengganggu dan bisa mempengaruhi hardware seperti LCD dan Touchscreen.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu mempermasalahkan baterai yang mulai membesar tersebut dengan alasan yang penting masih bisa dipakai. Tapi beberapa orang lainnya mungkin sedikit risih. Ingin ganti baterai tapi dana kurang tidak diganti mengganggu penampilan.

Baterai sendiri merupakan suatu elemen terpenting di smartphone. Performa pun akan menurun jika baterai mulai drop padahal baterai baru saja di cas. Namun dalam kondisi lain baterai masih dalam kondisi baik alian tidak ngedrop tapi memiliki fisik yang mulai mengembung.

Penyebab Baterai HP Menggelembung

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengempiskan baterai yang menggembung ada baiknya kita ketahui kenapa bisa begitu. Baterai hp yang kembung ini biasanya disebabkan oleh kelebihan gas yang ada di dalam pembungkus baterai. Penyebab gas ini muncul ada beberapa dan hal ini tentunya perlu diketahui agar di kemudian hari hal ini tidak terjadi lagi. Berikut beberapa penyebab kenapa baterai jadi kembung atau hamil.

1. Charger berlebihan

Pertama yang menyebabkan baterai cepat kembung adalah charger berlebihan. Meski smartphone saat ini sudah memiliki sistem untuk memutus arus saat baterai penuh, hal tersebut belumlah terlalu efektif. Meski arus sudah terputus nyatanya arus masih bisa masuk ke hp meski kecil. Hal ini tentunya bisa mengurangi usia pemakaian baterai itu sendiri.

2. Penggunaan adapter yang tidak sesuai

Untuk smartphone keluaran lama sering kali jadi korban baterai kembung. Hal ini bisa dikarenakan penggunaan adapter charger yang tidak sesuai dengan kebutuhan HP. Rata-rata hp lama belum mendukung pengisian cepat dan hanya membutuhkan adapter dengan spek 5V/1A. Nah, kebanyakan dari kita malah menaikkan daya adapter ke 2A yang ternyata kurang baik dan bisa membuat baterai cepat kembung.

3. Main sambil charge

Penyebab selanjutnya adalah prilaku main game sambil charge. Bermain game sambil charge bisa menaikkan suhu hp yang berakibat baterai menjadi cepat drop. Sebisa mungkin istirahatlah jika baterai sudah habis untuk di charge. Jika tidak memungkinkan kami menyarankan menggunakan pendingin hp untuk menstabilkan suhu hp.

4. Penggunaan Power Bank yang jelek

Hadirnya powerbank tentunya membuat pengisian menjadi lebih mudah dalam keadaan darurat atau kondisi jauh dari colokan listrik. Nah, masalah muncul saat kamu menggunakan power bank yang kurang mumpuni. Alih-alih menawarkan mAh besar ternyata arus yang dikeluarkan tidak stabil dan malah membuat hp jadi rusak. Jika ingin menggunakan powerbank pastikan menggunakan yang terbaik. Kamu bisa cek Rekomendasi Merk Power Bank Terbaik untuk referensi.

Apa Aman Membiarkan baterai Hp Kembung?

Lalu apakah ada masalah yang timbul bila baterai hp sudah kembung dan kita biarkan saja? Tentu saja ada, Berikut beberapa masalah yang bisa menimpa hp kamu jika tidak segera ditangani.

  • Body pecah
  • LCD atau Touch Screen bisa kena
  • Baterai drop
  • Kerusakan hardware karena body tertekan

Cara Mengempiskan Baterai Hp yang Menggelembung

Lalu bagaimana cara mengempiskannya? Sebenarnya caranya cukup mudah. Disini kami memberikan 2 cara yang sudah kami coba sendiri. Berikut caranya.

Taruh di Freezer

Cara pertama yang paling umum dan tentunya sudah banyak yang tau adalah dengan memasukkan baterai ke Freezer. Cara nya cukup mudah, kamu tinggal melepaskan baterai pada ponsel. Untuk hp dengan model baterai tanam kamu mesti membuka dulu bacdoor hp dan membuka baut untuk melepaskan socketnya. Selanjutnya masukkan baterai ke dalam plastik klip. Terakhir kamu tinggal memasukkan baterai ke dalam freezer kulkas kurang lebih seharian. Setelah baterai kempis, kamu tinggal keringkan di suhu ruangan dan baterai siap digunakan kembali.

Lubangi baterainya

cara mengampiskan baterai kembung

Cara kedua yang agak ekstrim namun cukup ampuh dan sudah kami praktekkan sendiri dan hasilnya memuaskan adalah dengan melubangi baterai hp. Tujuan dari melubangi baterai ini adalah untuk mengeluarkan gas yang ada dalam baterai secara langsung. Melubanginya ini cukup menggunakan jarum saja. Caranya sama seperti yang pertama yakni copot baterai atau lepas socket baterai terlebih dahulu sebelum eksekusi. Setelah itu kamu bisa langsung tusuk pada bagian yang kembung dan tekan baterai untuk membuang gas. Cukup bagian pembungkusnya saja yang ditusuk jangan sampai terkena bagian karbonnya. Jika sudah ditusuk dan kempes kamu tinggal memberi solasi pada bagian yang berlubang.

Akhir kata

Nah itu saja mungkin yang bisa kami bagikan kali ini mengenai cara mengempiskan baterai hp yang menggelembung. Pastikan baterai dalam keadaan tidak drop jika ingin menggunakan cara ini. Jika baterai sudah drop saran kami adalah mengganti baterai dengan yang baru. Kedua cara diatas sudah kami coba dan cara kedua adalah cara tercepat dan terampuh. Tapi bila terjadi kerusakan pada perangkat kami tidak bertangguna jawab dan silahkan lakukan dengan resiko ditanggung sendiri DWYOR (Do With Your Own Risk).