Cara Menghapus Virus di Smartphone Android

menghapus-virus

Seiring berkembangnya zaman, kini virus elektronik tidak hanya menginfeksi pc saja. Kini Virus malware juga menjangkit perangkat smartphone terkhususnya Android. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan membahas cara menghapus virus malware di android.

Cara menghapus virus dianroid secara otomatis ini bisa dilakukan pada android samsung, xiaomi, oppo, vivo, asus, dan merk lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Tapi sebelum kita membahas lebih dalam tentang cara menghapus virus di android, terlebih dahulu kita harus tau apa itu virus, ciri-ciri hp terkena virus, dan macam virus di hp.

Virus Android

Secara garis besar virus android adalah sebuah file yang bisa merusak file lain dan mampu mengganggu kinerja sistem. File yang bisa di infeksi bisa berupa data-data penting, foto, video, bahkan file sistem operasi android itu sendiri. Kerena itu lah kita harus tau cara menghilangkan virus di hp android secepat mungkin.

Beberapa penyebab android kita terjangkit virus salah satunya adalah dari aplikasi yang di install dari luar playstore, mengunjungi website yang tidak jelas, bahkan secara tidak sengaja menginstall aplikasinya.

Macam-macam Virus Android

cara-menghapus-virus-di-android

Berikut adalah macam-macam virus yang sering menjangkit ponsel pintar android.

1. Adware

Virus ini merupakan jenis virus yang paling sering muncul dan mengganggu. Sebenarnya Adware ini bukanlah sebuah virus, namun ini adalah sebuah program iklan brutal yang sangat mengganggu pengguna. Iklan yang dimunculkan Adware tidak lain adalah aplikasi android yang juga merupakan pemicu iklan-iklan lainnya.

2. Spyware

Spyware sendiri merupakan perangkat lunak pengintai, virus ini cukup berbahaya karena bisa mengetahui data pribadi pengguna yang tersimpan di hpnya. Tidak sampai disitu saja, Spyware juga mampu melihat aktifitas dan juga mencuri data kita.

3. Malware

Karena banyaknya pengguna smartphone android, tentunya ada segelintir orang yang memiliki niat buruk untuk menciptakan aplikasi berbahaya seperti virus yang terdapat pada komputer Windows. Malware ini selain bisa merusak data system juga membuat kinerja hp android jadi berat.

Ciri-ciri Android Kena Virus

Tentunya hp android yang terkena virus akan memiliki gejala, dan bila tidak segera menghapus virus tersebut hp bahkan bisa mengalami hardbrick. Berikut ciri-ciri android yang terkena virus:

  1. Iklan sering muncul padahal sedang tidak membuka aplikasi
  2. Memori RAM sering penuh
  3. Internet terasa LEMOT
  4. Android menjadi lemot
  5. Aplikasi bertambah dengan sendirinya
  6. Aplikasi sering Force Close
  7. Android sering restart
  8. Softbrick hingga Hardbrick karena OS rusak

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Android Lemot

Cara Menghapus Virus di Android

Bila hp kamu sudah mengalami gejala terkena virus di atas segeralah menggunakan cara berikut ini untuk menghilangkan virus di android. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

1. Pakai Anti Virus

Cara pertama untuk menghilangkan virus di android tentunya dengan aplikasi antivirus. Tapi tidak sembarang antivirus bisa kamu download di playstore. Gunakanlah antivirus yang sudah terkenal seperti Avast, Kaspersky, atau AVG. Ketiga aplikasi antivirus tersebut sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama yakni bisa membersihkan RAM, menghapus cache, dan mengunci aplikasi tidak dikenal.

Cara menghapus virus malware di android:

  • Install/pasang antivirus di playstore.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Setelah masuk ke menu utama kamu bisa langsung melakukan scan untuk memindai apakah hp kamu terkena virus atau tidak
  • Setelah selesai, kamu akan melihat lapuran masalah yang terdeteksi mulai dari virus sampai aplikasi yang dianggap berbahaya.

2. Factory Reset

Jika cara menghapus virus di hp adroid diatas masih tidak berpengaruh. Cara kedua ini adalah cara paling mudah tanpa perlu menginstall aplikasi lainnya yakni dengan melakukan Factory Reset.

Factory reset ini merupakan cara untuk mengambalikan sistem hp android seperti pertama atau bahasa umumnya setelan pabrik.

Selain berguna untuk menghapus virus android, factory reset juga bisa mengatasi masalah android seperti bootloop, android lemot, memori penuh dan lainnya.

Berikut beberapa cara untuk melakukan Factory reset di android.

Soft reset

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan soft reset android:

  • Buka menu Pengaturan Telepon/Setting
  • Pilih Buat Cadangan  & setel Ulang (Backup & Reset)
  • Pilih kembalikan ke setelan pabrik (Factory reset)
  • Setelah muncul peringatan konfirmasi silahkan pilih ok dan masukkan pola/pin/password hp android.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan android secara otomatis akan restart dan selesai.

Hard Reset

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hard reset atau hapus semua data android:

  • Sebelum melakukan hard reset pastikan hp dalam keadaan mati.
  • Hidupkan dengan menekan tombol power dan volume down/up sampai masuk ke menu recovery mode.
  • Setelah masuk menu recovery pilih wipe data/factory reset.
  • Selanjutnya pilih wipe all data dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai kamu bisa pilih reboot phone dan selesai.

Itu dia cara untuk menghapus virus di android. Cara ini bisa kamu gunakan di semua hp android samsung, xiaomi, asus, oppo, lenovo, dan merk lainnya. Semoga dengan cara ini hp kamu bisa segera bersih dari virus dan bisa bekerja normal lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.