Dijamin Ampuh! Tutorial Cara Menghemat Daya Baterai Android Terbaru

baterai android lemah

Apakah kamu memiliki spartphone android? Apakah baterai android kamu cepat habis? Hal ini bisa membuat kita cemas apa lagi saat kita ingin melakukan perjalanan. Untuk itu kita harus bia menghemat baterai android.

Baterai android memang memiliki kapasitas maximal penyimpanan daya, daya baterai yang cepat berkurang bisa terjadi karena beberapa faktor namun bisa juga karena pemakaian yang terlalu berlebih. Seperti bermain game terlalu lama, penggunaan gps, menonton video yang dimana hal tersebut menguras banyak daya baterai.

Nah disini cukuptau.id akan membagikan pengalamannya agar daya baterai bisa lebih hemat. Langsung saja kita simak tutorial dibawah ini.

Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak  Cepat Habis

1. Matikan Fitur Yang Tidak Penting

Disini maksud dari fitur yang tidak penting adalah fitur-fitur network seperti Wifi dan GPS atau Paket Data. matikan lah fitur-fitur tersebut jika tidak terpakai karena itu dapat menguras banyak daya baterai ponsel pintar kamu.

2. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis memang sama dengan fitur diatas, sinkronisasi otomatis akan selalu jalan di latar belakang proses ponsel pintar kamu dan ini akan berjalan sewaktu-waktu, tujuannya apa? sinkronisasi otomatis bertujuan untuk menyinkronkan data pada smartphone kamu, seperti email dll.

 3. Aktifkan Mode Air Plane (Pesawat Penerbangan)

Pilihan ini juga sangat berpengaruh besat dalam penghematan daya smartphone android kamu, jika kamu memang dalam kondisi terdesak silahkan aktifkan mode ini. jika tidak terlalu terdesak jangan mengaktifkan mode ini karena jika kamu mengaktifkan mode ini maka semua kegiatan panggilan, sms atau pun data seluler akan full di non aktifkan.

4. Gunakan Fitur “Hemat Daya”

Nah ini adalah fitur umum, fitur ini pasti ada dan tersedia disemua perangkat android kamu karena ini merupakan fitur bawaan. biasanya fitur ini ada di pengaturan baterai atau setelan baterai. jika kamu mengaktifkan fitur ini kemungkinan besar baterai kamu akan sedikit hemat karena proses ini memangkas atau mencegah proses yang tidak penting yang berjalan di latar belakang.

5. Kurangi Pencahayaan Layar Kamu

Lebih dari 50% penggunaan daya baterai digunakan untuk layar kamu. Dengan mengurangi pencahayaan kamu otomatis akan membuat daya baterai kamu lebih lama lagi. Cara ini terbukti sangat berguna untuk menambah daya tahan baterai android kamu.

Android sudah mulai lemot? Coba Cara Mengatasi Hp Android Lemot

6. Mematikan Animasi Sistem

Cara terakhir untuk menghebat baterai android kamu adalah dengan mematikan animasi sistem. Dengan cara ini selain baterai jadi lebih tahan lama, sistem juga akan menjadi lebih responsive karena tidak menggunakan animasi untuk melakukan transisi. Kamu bisa mematikan animasi ini pada pengaturan Developer Options dan pada bagian animation bisa anda matikan.

Itulah Cara Menghemat Daya Baterai Android menurut pengalaman saya pribadi, selamat mencoba dan semoga berhasil. Bila ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *