Cara Menghemat Baterai Xiaomi

cara-mengatasi-bateraCara Menghemat Baterai Xiaomii-xiaomi-boros-panas-cepat-habis

Cara Menghemat Baterai Xiaomi – Apakah hp Xiaomi yang kamu miliki baterainya boros dan cepat habis? Gak usah panik atau khawatir, karena masalah ini sebenarnya tidak hanya terjadi di hp xiaomi saja. Masalah Baterai cepat habis dan boros bisa terjadi di semua smartphone Android dan iPhone.

Banyak hal yang menyebabkan baterai hp Xiaomi boros dan cepat habis. Beberapa diantaranya seperti HP xiaomi overheat karena digunakan terus menerus, Sinyal yang lemah, penggunaan banyak aplikasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Masalah baterai hp xiaomi cepat habis biasanya terjadi pada hp-hp yang sudah berumur 2 tahunan. Tapi tidak menutup kemungkinan hal ini juga bisa terjadi pada hp keluaran terbaru karena penggunaan yang salah.

Setiap hp tentunya memiliki masalah yang berbeda-beda. Nah, disini kami akan memberikan cara mengatasi baterai Xiaomi yang boros dan cepat habis terbaru yang bisa kamu pakai. Sebenarnya tidak hanya merk xiaomi saja,cara dibawah ini juga bisa diterapkan untuk semua smartphone baik itu android, iPhone, dan Windows phone.

cara-kalibrasi-agar-baterai-kembali-normal

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Yang Boros

1. Perhatikan penggunaan aplikasi

Hal pertama yang perlu di cek adalah penggunaan aplikasi. Coab kamu cek aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini tentunya akan membuat baterai xiaomi cepat habis meski hp dalam keadaan mati.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan di HP xiaomi kamu bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi terinstal > lalu pilih urutkan berdasarkan Status. aplikasi yang sedang berjalan akan ditampilkan pada posisi paling atas dengan icon hijau samping namanya.

Jika ada aplikasi yang tidak kamu kenal atau kamu merasa tidak pernah menginstalnya. KAmu bisa mengkliknya untuk menghentikan proses dan mencopot pemasangannya.

2. Mengatur kecerahan layar

Buat kamu yang belum tau, hampir 40% penggunaan baterai digunakan untuk menampilkan display di layar. Display atau layar smartphone memanglah salah satu penyedot baterai terboros.

Cara paling efektif untuk mengatasi baterai xiaomi cepat habis adalah dengan mematikan fitur auto brightness dan mengatur kecerahan layar serendah mungkin namun masih terlihat jelas.Cara ini tentunya cukup  mudah dilakaukan.

Selain bisa membuat baterai lebih awet, menurunkan kecerahan layar juga bisa menurunkan resiko burn-in pada layar hp xiaomi yang sering terjadi.

3. Jangan pakai Live Wallpaper

Namanya orang apalagi wanita pastinya ingin tampilan hpnya kerene. Apalagi sekarang ada aplikasi live wallpaper keren yang tinggal pakai. Tapi perlu diketahui, dibalik keindahan Live Wallpaper yang  kamu pakai, kamu harus mengorbankan baterai boros dan hp cepat panas.

Boleh-boleh saja menggunakan Live Wallpaper. Tapi kamu harus menerima resiko tersebut karena wallpaper bergerak tersebut masih berjalan di  background maski kamu sudha mematikan hp.

4. Hp Overheat

Hp overheat atau panas berlebih biasanya terjadi saat hp sedang di cas namun tetap digunakan. Jika kamu sering melakukan hal inisebaiknya segera kurangi. Karena hp  yang overheat karena dimainkan sambil di charge bisa membuat hp rusak dan gampang drop.

Atau solusi lainnya kamu bisa membeli phone cooler. Aksesoris ini semacam docking yang ada kipasnya dan nantinya diletakkan di belakang ponsel untuk menjaga agar suhu tetap stabil. Harganya bervariasai mulai dari 80 ribuan hingga 500ribuan.

5. Tidak instal aplikasi sembarangan

Sperti poin pertama, buat kamu yang suka oprek android pastinya sering memasang aplikasi-aplikasi diluar playstore. Pastikan kamu tidak menginstal aplikasi yang aneh-aneh. Karena aplikasi yang diinstal diluar playstore dan kamu tidak mengetahu sumbernya bisa saja aplikasi tersebut berisi Virus.

6. Masih ROM Distributor

Buat pengguna Xiaomi pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya ROM distributor, apalagi yang belinya tidak resmi TAM. Meski tidak semua ROM distributor bermasalah, namun Kebanyakan ROM bermasalah.

Masalah-masalah yang sering muncul saat menggunakan ROM distributor seperti Baterai boros, banyak iklan, main game lag, sinyal lemah, dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini kamu hanya perlu melakukan flash ke rom Global atau Resmi.

7. Kalibrasi Baterai

Cara mengatasi baterai hp xiaomi boros selanjutnya bisa dengan melakukan kalibrasi ponsel. Dengan melakukan kalibrasi, diharapkan daya yang ada didalam smartphone bisa beregenerasi dengan sempurna agar  masalah baterai cepat habis bisa teratasi.

Untuk kalibrasi baterai Xiaomi sebenarnya cukup mudah.Kamu hanya perlu menggunakan hp sampai baterai benar-benar habis 0%. Nah, dalam keadaan mati tersebut kamu tinggal charge saja sampai baterai penuh. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel mengenai kalibrasi baterai di artikel Cara Kalibrasi Baterai Android.

8. Ganti Baterai

Sudah hapus aplikasi tidak penting, matikan live wallpaper, kalibrasi baterai, dan sampai ganti ROM tapi masalah baterai cepat habis di  hp xiaomi masih ada. Jika sudah semua cara dilakukan, kemungkinan terakhir adalah baterai yang sudah minta ganti.

Pada umumnya umur baterai smartphone itu kurang lebih 2 tahunan tergantung pemakaian apalagi jika pemakaian ekstrem yang menjadikan umur baterai mungkin hanya bertahan kurang  dari setahun. Nah, buat kamu yang punya hp dengan pemakaian sudah diatas 2 tahun mungkin sudah saatnya untuk menggantinya dengan baterai  yang baru.

Kesimpulan

Sekian tutorial mengenai cara mengatasi baterai Xiaomi yang boros dan cepat habis. Sebenarnya masih ada cara lain seperti mematikan GPS, hapus cache, dan pengaturan jaringan. Tapi menurut kami cara paling efektif adalah dengan 8 cara diatas.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang boros diatas juga  bisa diterapkan untuk smartphone lainnya seperti Samsung, Lenovo, Vivo, Oppo, Asus, Realme, Huawei, Nokia dan iPhone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.