Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan gangguan kulit yang cukup menyebalkan yang bisa menurunkan penampilan seseorang. Tapi untungnya kini sudah banyak cara alami unutk menghilangkan jerawat yang bisa kamu ikuti tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam

Dalam medis, jerawat ini disebut Acne Vulgaris. Jerawat bisa timbul dikarenakan adanya kelenjar minyak yang berlebihan pada folikel bulu. Saat folikel tersebut tersumbat, maka jerawat akan muncul ke permukaan wajah.

Jika kamu mengalami gangguan kulit berupa jerawat, Sebelum memutuskan untuk ke Klinik Kecantikan sebaiknya kamu mengatasinya terlebih dahulu menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah didapatkan.

Berbagai bahan, mulai dari bawang putih, madu, hingga lidah buaya bisa kita manfaatkan agar kulit menjadi halus dan bebas jerawat. Tapi tidak semua kulit wajah cocok dengan bahan-bahan yang disebutkan tersebut.

Jika tidak cocok, jerawat bukannya menghilang malah bisa jadi  semaki bertambah nantinya. Jadi kamu perlu berhati-hati dalam menjalankannya karena kami tidak bertanggung jawab dan menjamin bahwa bahan-bahan dibawah ini apakah cocok atau tidak untuk kulit kamu.

cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Es Batu

Cara alami pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menampung beberapa es dan meletakkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit sambil menekannya secara perlahan. Lakukan secara rutin selama beberapa hari.

2. Lidah Buaya

Cara selanjutnya kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu meredakan eradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Didalam lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang dimana dua bahan ini sudah cukup sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Cara penggunaannya, kamu hanya tinggal mengerok gel lidah buaya dan menggunakannya sebagai pelembap wajah dengan cara mengoleskannya secara langsung. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali sehari. Tapi bila kulit terasa gatal, sebaiknya hentikan penggunaan.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Tapi sebaiknya kamu berhati-hati karena kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis akan membuat perih. Jika kulitmu mengalami peradangan sebaiknya jangan diteruskan. Hal ini dikarenakan kulit setiap orang tidaklah sama.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Cukup bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air, keringkan, dan oleskan jeruk  nipis pada area yang berjerawat. Tunggu sekitar 15 menit dan bilas hingga bersih.

4. Minyak Zaitun

Minyak  zaitun memang sudah terkenal khasiatnya untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Selain itu, minyak zaitun juga membuat wajah terasa lebih lembab.

Cara penggunaannya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini sebelum kamu tidur malam dan bersihkan saat keesokan harinya. Lakukan secara rutin agar wajah tampak bersih.

Baca juga : 18 Bahan Alami Yang Bisa digunakan Untuk Memutihkan Kulit

5. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori.

Kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

6. Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan yang kaya akn anti oksidan dan bahan anti bakteri. Kandungan ini dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Untuk menggunakannya kamu  bisa menambahkan madu untuk membuat masker wajah dengan campuran 2 sendok madu diaduk dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk.

Aduk secara merata, dan oleskan secara merata ke wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan terakhir cuci muka hingga bersih dan keringkan.

7. Daun Sirih

Sama seperti bahan lainnya, Daun sirih juga memiliki kandungan yang kaya akan anti-oksidan yang berguna sebagai salah satu oabat jerawat alami. Cara memakainnya cukup sederhana. Terlebih dahulu haluskan daun sirih, kemudian tambahkan air hangat, diamkan sejenak dan kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

8. Bawang Putih

Selain dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri, Bawang Putih juga dipercaya dapat membentu mengatasi infeksi dan enghilangkan jerawat.

Kamu bisa menambahkan lebih banyak bawang putih dalam menu harian kamu untuk mendapatkan manfaatnya.

Jangan mencoba untuk mengoleskan langsung bawang putih ke wajah yang berjerawat, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

9. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitu, minyak kelapa juga dipercaya bisa menjadi cara efektif dan cepat untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat didalam minyak kelapa memungkinkan untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat.

Cara penggunaanya cukup mengoleskan coconut oil pada kulit yang berjerawat secara rutin setiap hari kurang lebih selama 15 menit.

10. Bengkuang

Dalam buah bengkuang terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untk menjaga kesehatan kulit. Selai bisa untuk menghilangkan jerawat, bengkuang juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan bengkuang tersebut, saring dan ambil endapan airnya. Air tersebut kemudian bisa kamu jadikan masker wajah.

11. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga tidak heran teh hijau ini selain sehat untuk dikonsumsi juga cukup bagus untuk produk kecantikan.

12. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya kamu bisa memanfaatkan putih telur. Dalam putih telur terdapat protein dan vitamin yang dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak berlebih dari kulit.

Cara enggunaannya cukup mengoleskannya ke kulit yang berjerawat dan diamkan hingga 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. JAdi, pastikan telur yang kamu  pakai adalah yang bersih dan organik.

13. Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C dan anti oksidan yang ada di kulit jeruk bagus untuk meregenerasi sel kulit yang dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan

Penggunaannya cukup dengan menghaluskan kulit jeruk dengan cara diparut dan dicampur dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, terakhir bilas dengan air hingga bersih.

14. Kentang

Kentang bisa menjadi bahan alami selanjutnya yang cukup ampuh untuk mengatasi jerawat. Kandungan kentang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Untuk menggunakannya, kamu cukup menghaluskan kentang dan menjadikannya masker wajah. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Stroberi

Buah yang cukup populer ini dipercaya mampu membersihkan dan mencerahkan wajah. Kamu bisa membuat masker dengan buah stroberi untuk menghilangkan jerawat diwajah secara alami.

16. Listerine

Listerine jiga bisa menjadi penolong pertama untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Listerine dipercaya dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. Cara menggunakannya cukup tuangkan listerine ke kapas atau cotton bud dan mengoleskannya ke wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, menggunakan listerine tidak disarankan.

17. Tomat

Kandungan vitamin A, C, dan lycopenedalam tomat bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya sama seperti biasa, kamu bisa menghaluskan tomat dan menjadikan masker.

18. Pepaya

Pepaya selain berguna untuk membersihkan wajah juga berguna untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya cukup menghaluskan pepaya dan oleskan pada area wajah yang berjerawat. Tunggu 15-30 menit, dan bilas dengan air. Lakukan hal ini 1-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

19. Lemon

Sama seperti jeruk nipis, kandungan vitamin C yang ada di Lemon depercaya bisa mengatasi masalah jerawat di wajah dengan baik. Caranya memakainya cukup mudah, potong lemon menjadi 2 bagian, lalu ambil cotton bud dan gunakan untuk mengoles cairan lemon ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga kering dan bilas hingga bersih.

20. Peppermint

Kandungan menthol yang ada di dalam tanaman peppermint dapat memberikan rasa segar pada wajah. Cara menggunakannya untuk menghilangkan jerawat juga cukup mudah, cukup haluskan beberapa helai daun peppermint campur dengan sedikit air dan oleskan ada wajah yang berjerawat.

21. Soda Kue

Selain berfungsi sebagai bahan untuk emmbuat kue, Soda Kue juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi jerawat. Cukup capurkan soda kue dengan sedikit air dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat.

22. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil ini sudah banyak digunakan untuk campuran produk-produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat. PAsalnya, bahan yang satu ini memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan kulit yang dianggap efektif unutk mengempiskan jerawat yang membengkak.

23. Cuka Apel

Cuka Apel mengandung beberapa jenis kandungan asam organik yang dipercaya mempu membunuh bakteri jahat penyebab jerawat di wajah dan bisa mengurangi minyak berlebih.

Untuk menggunakna cuka apel sebagai penghilang jerawat alami kamu bis amencampurkan 1 sendik makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. Oleskan campuran cuka apel ke kulit dengan kapas.

Berbagai bahan dan cara untuk menghilangkan jerawat secara alami di atas bisa kamu pakai. Tapi perlu diperhatikan buat kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknnya kamu mengetas terlebih dahulu reaksi alergi sebelum menggunakan bahan-bahan diatas.

Cara menghilangkan jerawat secara alami diatas hanyalah sebagai alternatif. Bila tidak ada yang ampuh untuk menghilangkan jerawat sebaiknya kamu melakukan konsultasi ke dokter kulit untuk benar-benar mengetahui kondisi jerawat yang muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.