Cara Menyembunyikan Status Device Root Android

sembunyikan-status-root-android-mudah

Root merupakan cara yang dilakukan untuk dapat mengakses dan membuka fitur-fitur system android seperti Lucky Patcher, Titaniu Backup, Font Changer, Root Explorer. Sebenarnya dengan meroot android kita bisa lebih leluasa melakukan peningkatan performa dan membuka fitur-fitur baru. Namun, ada aplikasi atau game yang tidak bisa dibuka karena Android terdeteksi Root. Aplikasi seperti perbankan maupun e-Money rata-rata tidak bisa terbuka di hp android root.

Beberapa aplikasi tersebut saat dibukan akan muncul notifikasi Root Device Detected yang menyatakan perangkat android kita terdeteksi sebagai rooted device dan aplikasi akan secara otomatis keluar.

Kesal? pastinya iya, sampai-sampai banyak user Android yang rela malakukan unroot demi membuka aplikasi yang tidak bisa dibuka karena terdeteksi device root. Tapi sekarang kamu tidka perlu khawatir lagi, karena kali ini Cukuptau akan membagikan trik cara menyembunyikan status root atau sembunyikan status root agar tidak terdeteksi.

menyembunyikan-status-root-android

Cara Menyembunyikan Status Device Root Android

1. Menggunakan Magisk

Cara pertama dan cukup mudah untuk menyembunyikan status root android adalah dengan melakukan root pakai Magisk. Berikut langkah-langkah agar android tidak terdeteksi root oleh aplikasi:

  • Buka Aplikasi Magisk Manager.
  • Buka menu pengaturan cari dan aktifkan opsi Magisk Hide
  • Menu Magisk Hide akan muncul, buka menu Magisk Hide.
  • Di dalam menu Magisk Hide silahkan cari aplikasi mana saja yang ignin disembunyikan status rootnya dengan cara mencentangnya.
  • Terakhir kamu tinggal keluar dan mencoba membuka aplikasi yang keluar karena device root.

Update: Beberapa aplikasi telah melakukan update dan menyebabkan Magisk Hide tidak berfungsi untuk menyembunyikan status root. Cara menyembunyikannya adalah dengan mengubah package magisk menjadi manager. Untuk merubahnya kamu hanya perlu menuju tab pengaturan dan pilih Hide Magisk Manager. Saat kamu mengaktifkan fitur ini secara otomatis MAgisk manager akan merubah package namenya menjadi Manager saja.

2. Pakai Xposed Framework

Cara selanjutnya kita bisa pakai Xposed Framework. Sebenarnya aplikasi ini hampir sama dengan Magisk hanya berbeda di module yag dimiliki. Berikut cara untuk menyembunyikan status root android dengan Xposed Framework.

  • Download terlebih dahulu modul RootCloak disini.
  • Install dan aktifkan module di Xposed Fremework.
  • Restart Android.
  • Buka aplikasi RootCloack dan pilih add/remove apps.
  • Klik tombol + dan pilih aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan dari status root device android.
  • Jika sudah reboot/restart kembali hp android kamu.

3. Menyembunyikan Status Root Pakai Second Space

Untuk pengguna hp Xiaomi, cara lain yang bisa kamu pakai agar aplikasi bisa dibuka di android yang di root adalah dengan memanfaatkan fitur Second Space. Sementara untuk android lain bisa mendownload aplikasi dual space di playstore.

Caranya cukup mudah, yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan Second Space. Setelah itu silahkan instal dan buka aplikasi yang yang tidak bisa dibuka karena root lewat Second Space atau virtual space.

Cara ini menurut kami adalah yang paling mudah namun kamu memerlukan android dengan RAM yang besar agar aplikasi berjalan lancar.

Mau internet gratisan Unlimited? Kamu bisa coba Cara Membobol Password Wifi Lewat Android

Nah itu dia 3 cara yang sampai saat ini masih bisa digunakan untuk membuka aplikasi seperti Tcash Wallet, BNI Banking, Grabb, GoJek dan aplikasi lainnya yang tidak bisa dibuka karena android terdeteksi Root. Admin sendirimenggunakan cara pertama karena dirasa cukup mudah.

Semoga cara nyembunyikan root agar tidak terdeteksi ini bisa membantu untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka karena root tanpa harus unroot android. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.