Cara Pasang Recovery TWRP Xiaomi

Cara Pasang TWRP Xiaomi Semua Type

Buat kamu yang suka oprek posel android khususnya brand Xiaomi sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Recovery TWRP. TWRP atau singkatan dari Team Winn Recovery Project merupakan software custom Recovery.

Setiap merk smartphone biasanya menggunakan jenis recovery TWRP yang berbeda. Sebenarnya  selain TWRP ada juga  yang namanya CWM. Nah, dikesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana caranya menginstal TWRP di hp xiaomi dengan mudah.

Tujuan dari menginstal TWRP Xiaomi ini tentunya untuk memasang atau menginstal Custom ROM, Kernel, atau Mod-mod lainnya yang mengharuskan kita menginstalnya lewat Recovery mode.

Selain itu, di TWRP kita juga masih bisa memanajemen data-data milik kita untuk melakukan backup/restore dari penyimpanan internal ke penyimpanan microSD atau USB OTG.

KArena memiliki fungsi  yang cukup banyak,tidak ada salahnya jika kamu juga memasang TWRP di hp xiaomi milikmu. Berikut pembahasan kami mengenai cara install TWRP Xiaomi semua tipe.

Cara Install TWRP Xiaomi Semua Tipe

reset-hp-xiaomi

Untuk install atau pasang TWRPsejatinya yang paling aman adalah lewat PC/Laptop. Beberapa tutorial memang memberikan cara instal TWRP tanpa PC atau laptop. Tapi hampir semua cara tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi saat ini.

Daripada di PHPin, mending kamu cari pinjaman laptop saja sebentar untuk sekedar menginstal TWRP. Karena prosesnya sendiri tidaklah terlalu lama dengan file instalasi yang kecil.

Persiapan Sebelum Pasang TWRP Xiaomi

Sebelum mulai cara penginstalan TWRP , Berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu.

  • Hp xiaomi sudah dalam keadaan Unlock Bootloader. Untuk mengecek dan cara UBL xiaomi bisa baca disini.
  • Download Fastboot beserta image recovery TWRP. Link ada di  bawah.
  • Driver ADB sudah terinstal.
  • Driver hp sudah terinstal di laptop/pc.
  • Kabel data.
  • Pengaktifan opsi  pengembang di menu pengaturan ponsel.

Langkah pemasangan TWRP Xiaomi semua tipe

Jika semua bahan dan persiapan sudah siap. Saatnya kita  memulai eksekusinya. Berikut tutorialnya.

  1. Download driver ADB besertaImage TWRPyang sudah di unduh.
  2. Pastikan hp sudah dalam keadaan UBLatau Unlock Bootloader.
  3. Sekarang matikan hp dan hidupkan dengan menahan tombol power + Volume bawah untuk masuk ke fastboot mode.
  4. Sekarang hubungkan hp dengan laptop/pc. Jika baru  pertama kali menghubungi, pc akan menginstal driver secara otomatis.
  5. Buka folder ADB fastboot yang sudha di instal. Dalam Folder tahan Shift + Klik kanan dan pilih Open command windows here.
  6. Jendela CMD akan terbuka.
  7. Untuk memastikan apakah Hp sudah terhubung atau belum ketikkan perintah fastboot devices. Jika muncul keterangan device yang terhubung berarti sudah sukses konek.
  8. Langsung saja kita instal custom Recovery TWRP dengan mengetikkan perintah fastboot flash recovery recovery.img.(recovery.img adalah nama fileyang kamu pakai, sesuaikan berdasarkan file yang kamu download nantidan pastikan letakkan dalam satu folder fastboot adb).
  9. Tunggu fastboot menginstal recovery TWRP di hp xiaomi kamu  hingga muncul tulisan finished.
  10. Selanjutnya untuk masuk recovery tinggal kamu ketikkan comman fastboot boot twrp.img
  11. Hp akan restar dan langsung masuk ke TWRP. Untuk cara manual kamu tinggal mematikan hp dan menghidupkan menggunakan tombol power + volume atas.

Setelah pasang TWRP kini kamu sudah bisa pasang custom rom atau ROOT hp android dengan mudah. Kamu juga bisa pasang berbegai mod dan tweak yang mengharuskan penginstalan lewat recovery.

Semoga artikel tentang cara pasang Recovery TWRP hp Xiaomi semua type ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar dibawah.