Cara Sharing Printer di Windows

cara-sharing-printer-windows-7-8-10

Apa kamu sudah tau apa itu sharing printer? Jika belum, Sharing printer adalah suatu cara untuk menghubungkan beberapa komputer maupun laptop ke satu printer dengan memanfaatkan jaringan baik itu sharing printer wifi maupun sharing printer lan.

Selain bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli banyak printer untuk setiap pc dan juga bisa menghemat waktu karena kita tidak perlu mondar-mandir untukmencetak dokume.

Sharing printer ini bisa kita aplikasikan pada jaringan Wireless atau WiFi dan LAN dengan cara setting yang tidak jauh berbeda. Yang terpenting, setiap komputer  yang ingin terhubung ke printer tersebut harus terhubung dalam satu jaringan yang sama.

cara-sharing-printer-windows-10

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, 10 dengan mudah

Untuk mengaktifkan fitur sharing printer, langkah pertama kamu harus menghidupkan fitur File and printer sharing sekaligus pengaturannya. berikut tutorialnya:

  • Untuk windows 7klik start dan pilihdevices and printers.Sedangkan untuk windows 8 dan 10 bisa dengan klik start dan mengetikkan Devicesand printers.
  • Setelah  muncul jendela devices and printer,kita bisa melihat devices apa saja yang terhubung di komputer kita.
  • Klik kanan printer yang sedang digunakan dan pilih Properties.
  • Di menu printerproperties klik tab Sharing dan beri centang pada opsishare this printer.Berinama sesuai keinginnan kamu dan klik ok.
  • Sekarang printer tersebut sudah siap untuk di sharing. Dan untuk menggunakannya kita harus mengetahui IP dari pc atau laptop yang menggunakan printer tersebut.
  • Untuk mengetahui IP masuk menu Network Connection, klik kanan jaringan yang digunakan dan pilih status. Klik detail dan disana kamu bisa mengetahui IP jaringan komputer tersebut.

Setelah selesai melakukan pengaturan dan tau IP komputer tersebut kita bisa mulailangkah kedua dengan mengkoneksikannya dengan laptop yang ingin menggunakan sharing printer. Berikut caranya:

  • Buka run (windows+ r) dan ketikkan \\ip printer (contoh \\192.168.1.12) dan tekan enter.
  • Jendela windows explorer akan muncul. Jika ada logo printer kamu bisaklik kanan dan pilih connect. Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai kini komputer kita sudah bisa mengakses printer yang disharing tadi.
  • Untuk mengetesnya kita bisa mencoba untuk mencetak dokumen, saat memilih printer akan muncul nama printer yang di sharing dan di ikuti dengan nomor ip printer tersebut.

Sharing printer tidak bisa terhubung / error

Masalah pertama yang sering muncul adalah sharing printer yang tidakbisa terhubung. Penyebab yang sering terjadi adalah salah memasukkan IP dan komputer/laptop yang terhubung ke printer tersebut mati.

Hal ini menjadi kelemahan sharing printer dengan printer yang belum memiliki fitur wi-fi. Karena komputer/laptop yang terhubung ke printer tidak boleh mati jika ingin menggunakan sharing printer. Berbeda dengan Printer yang mendukung WiFi yang bisa langsung dikoneksikantanpa perlu komputer/laptop host.

Demikian tutorial singkat mengenai cara sharing printer di windows. Cara ini berlaku untuk jaringan wifi  maupun lan. Yang terpenting komputer yang ingin menggunakan printer harus di jaringan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *