Ciri-ciri VGA Card Palsu

Jika 5 tahun lalu kehadiran VGA card atau kartu grafis pc palsu ini bisa di hitung dengan jari. Saat ini kehadiran VGA palsu ini semakin banyak dengan imim-imim spesifikasi tinggi dengan harga murah untuk memancing para korbannya.

Seperti yang kita ketahui, VGA atau kartu grafis sangatlah berperan penting dalam pemrosesan berbasis gambar baik itu untuk  merender animasi serta visual effect dalam sebuah game yang dimainkan.

Di pasaran saat ini terutama di marketplace online mulai banyak bermunculan seller penjual VGA palsu. Hal ini tentunya cukup merugikan, apalagi untuk mereka yang masih belum tau atau mungkin sedang belajar merakit komputer untuk digunakan.

Jenis VGA yang paling sering dipalsukan saat ini paling sering adalah dari varian chipset Nvidia terutama pada seri 7xx. Nah buat kamu  yang sedang berencana ining beli VGA. Berikut beberapa ciri VGA palsu yang perlu kamu ketahui agar tidak tertipu.

Ciri-ciri VGA Palsu atau Fake VGA

ciri-vga-palsu-kw

Jika memegangnya  secara langsung tentunya akan mudah menentukan apakah VGA ini KW atau bukan. Tapi namanya belanja online pastinya kita hanya bisa melihat gambar yang diberikan seller. Tapi tidak perlu khawatir dan takut beli online,selama kamu menerapkan cara-cara dibawah kami pastikan kamu tidak akan mendapatkan VGA KW.

Berikut beberapa ciri-ciri yang harus kamu ketahui agar tehindar dari VGA palsu.

1. Fisik VGA Card PC Palsu

vga-palsu

Secara fisik, vga palsu ini cukup unik dan mudah dikenali. beberapaciri fisik  yang dimilikinya antara lain:

  • Hanya menyertakan merk Nvidia tanpa merk produsen VGA.
  • Stiker VGA Nvidia kuning di fan VGA.
  • Kardus bergambar Avenger.

Jika kamu menemui 3 ciri fisi diatas pada VGA yang ingin kamu beli sebaiknya kamu urungkan niat untuk membeli. Karena sudah pasti VGA tersebut pasti KW.

2. Fitur di lebih-lebihkan

Ciri lainnya VGA palsu adalah vitur yanng dilebih-lebihkan. Beberapa fitur andalan yang sering mereka cantumkan adalah VR ready pada seri Nvidia GT 700 series. Padahal seri ini sendiri dari Nvidianya sendiri tidak memberikan fitur ini. Selain itu mereka juga sering melebih-lebihkan VRAM dari kartu grafis tersebut.

3. Performa langsung drop saat main game

Buat yang sudah beli dan penasaran ingin tau apakah VGA yang dimiliki palsuatau tidak bisa dicek saat memainkan game.Untuk fake VGA akan biasa-biasa saja saat game dimulai. Namun setelah memainkan tidak sampai 10 menit performa akan angsung drop. Jika kamu mengalami hal ini,ada kemungkinan VGA yang kamu pakai itu Fake.

4. Spesifikasi di GPU-Z ngaco

fake-VGA

Cara selanjutnya untuk mengetahui VGA tersebut KW atau tidak bisa menggunakan software bernama GPU-Z. Kamu bisa mendownloadnya langsung di situs resminya disini. Cocokan apakah spesifikasi  yang tertera diboxsama dengan yang ada di  GPU-Z. VGA palsu biasanya memiliki spesifikasi berbeda. Selain itu di GPU-Z juga akan ada tulisan Fake pada merk VGA kamu jika VGA itu palsu.

5. Tidak bisa update driver

Untuk pengguna VGA asli, saat ada update drive terbaru kita bisa langsung mengupdatenya dari situs chipset terkait. Namun untuk VGA KW kamu tidak akan bisa melakukan update. Jangankan update driver. Saat kamu masuk ke website river,website tersebut bahkan tidak akan bisa mendeteksi VGA komputeryang kamu gunakan.

6. Harga tidak wajar

Harga VGA baik second dan baru pastinya tidak jauh berbeda bahkan antar brand itu sendiri. Jika kamu menemukan kartu grafis dengan harga yang tidak wajar dan sangat murah kamu harus menyelidiki VGA tersebut apakah VGA tersebut asli atau tidak. Untuk masalah ini kamu bisa melihat kembali pada poin pertama mengenai ciri fisik VGA palsu.

7. Seller masih baru

Pastikan kamu mengecek profil penjual VGA tersebut. Apakah seler tersebut merupakan seler baru atau merupakan seler lama yang memiliki reputasi bagus. Jika seler tersebut merupakan seler baru penjualan barangnya masih sedikit kamu  harus mempertimbangkan beli VGA di toko Tersebut.

Tips beli VGA agar tidak tertipu

Jika sudah tau apa saja ciri dari VGA KW, berikut ini kami sertakan juga tips-tips yang bisa kamu pakai saat ingin membeli VGA agar tidak tertipu mendapatkan VGA palsu.

  1. Pastikan membeli di penjual terpercaya dan memiliki reputasi toko yang bagus.
  2. Cari tau secara detail spesifikasi VGA yang ingin di beli di situs resminya agar tidak tergiur dengan spesifikasi  yang dilebih-lebihkan pada VGA KW.
  3. Cari VGA dengan nama brand yang sudah terkenal seperti Biostar, Asus, GALAX, MSI dan lainnya.
  4. Jika beli VGA Second kamu bisa mengecek dengen GPU-Z.
  5. Jangan tergiur harga murah.

Nah itu dia ciri-ciri VGA palsu serta tips untuk membeli VGA agar tidak tertipu. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.