Mengenal Apa Itu NFC Fungsi dan Cara Pakainya

cara-pakai-nfc-di-android

Jika kamu memperhatikan perkembangan smartphone saat ini, smartphone keluaran terbaru di tahun 2020 ini kebanyakan mulai dibekali dengan Fitur NFC. Rata-rata smartphone dengan harga 5 juta keatas sudah menjadikan NFC fitur di hpnya.

Jika sedikit kembali ke beberapa tahun silam, tentunya kehadiran NFC ini tidaklah terlalu berpengaruh. Karena memang di masa itu fitur NFC masih jarang atau bahkan tidak terlalu diperluhkan.

Namun seiring berjalannya waktu NFC ini semakin banyak dicaridan digunakan, baik itu untuk mentransfer file, mengakses informasi smartcard,hingga pembayaran Cashless. Tidak heran bila para vendor Android murah mulai menjadikan NFC sebagai standar fitur smartphone masa kini.

Apa itu NFC?

Buat yang masih awam tentunya masih bingung, apa itu NFC. NFC sendiri merupakan singkatan dari Near-field Communication. NFC ini sendiri semacam protokol komunikasi jarak pendek yang bisa membuat dua alat elektronik bisa tersambung satu sama lain.

Fitur NFC ini mirip-mirip seperti infrared yang ada di hp jadul namun dengan kemampuan yang lebih baik. Cara pakainya juga hampir sama, kita perlu mendekatkan/menempelkan kedua perangkat agar NFC bisa terhubung.

Cara Pakai NFC di Android dan iPhone

Beberapa android keluaran terbaru rata-rata sudah dibekali fitur ini, apalagi snadroid kelas flagship. Untuk  mengecekya kamu bisa menuju pengaturan > Wireless & Networ. Akan ada menu NFC bila hp  kamu mendukung.

Sedangkan untuk NFC iPhone sudah ada pada iPhone 6. Namun NFC yang ada di iPhone 6 hanya untuk mendukung Apple Play dan belum bisa untuk membaca maupun mengirim data. Fitur tersebut baru ada untuk generasi iPhone 7 keatas.

Mau itu NFC di Xiaomi,Oppo, Vivo, Samsung, iPhone cara penggunaannya sama saja. Sebagai contoh, jika kita ingin mengupdate saldo e-Toll, ya tinggal tempelkan saja di bagian belakang HP.

Cara kerja NFC

NFC bekerja dengan mentransmisikan atau menerima data melalui gelombang radio dan bisa beroperasi pada radius 4cm.

NFC sendiri ada dua jenis yakni aktif dan pasif. Nah, untuk NFC yang ada di android dan iPhone merupakan jenis NFC akti. Sementara perangkat pasif NFC ini seperti e-money dan e-KTP.

Lalu apa bedanya? tentu saja beda.Perangkat aktif bisa digunakan untuk membaca informasi, transfer file, dan bisa juga untuk pembayaran digital. Sedangkan perangkat pasif hanya untuk mengirimkan informasi saja.

Kelebihan dan Kekurangan NFC

jika dibandingkan dengan sambungan nirkabel lainnya seperti  Bluetooth, Infrared, dan Wi-Fi. NFC tentunya memiliki kelebihan tersendiri seperti kecepatan tersambungnya perangkat dan irit daya.

Meski begitu, NFC juga masih punya kekurangan seperti kecepatan transfer yang masih lambat, belum tersedia di kebanyakan smartphone saat ini dan rata-rata smartphone yang memiliki  fitur ini memiliki harga yang masih cukup mahal.

Fungsi NFC di Smartphone

Nah, karena yang sedang kita bahas disini adalah NFC yang ada di smartphone baik tiu Android dan iPhone. Berikut ini fungsi dan kegunaan NFC di Android yang bisa kamu manfaatkan.

Transfer File

Meski kecepatan transfer file pada NFC belum secepat Transfer file menggunakan Wifi. Transfer file menggunakan NFC lebih mudah karena kita tidak perlu melakukan scan device. Kita hanya  perlu menempelkan kedua perangkat untuk transfer file.

Dengan NFC,kamu bisa mentransfer berbagai jenis dokumen mulai dari nomor telepon, gambar, audio, video,dan lainnya. Tapi perlu diingat, jika ingin transfer file menggunakan NFC perangkat penerima juga  harus memiliki fitur NFC.

NFC Tag

NFC tag ini merupakan stiker kecil yang didalamnnya sudah tertanam chip NFC. Di tag ini biasanya  berisi alamat web atau perintah tertentu seperti membuka aplikasi.

Jika kamu sering menggunakan QR code, kurang lebih fungsinya seperti itu. Hanya saja disini kita hanya perlu melakukan tap pada stiker NFC Tag untuke mendapatkan informasi  yang diperlukan.

Mengakses Informasi Smart Card

Dengan NFC di smartphone, kita bisa membaca data yang ada di  smart card. Beberapasmartcard seperti e-KTP,  e-Money,e-toll,dan kartu lainnya tentunya informasi dalam kartu tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya dengan mentap kartu di  belakang smartphone.

Melakukan pembayaran

Nah ini dia fitur yang paling bermanfaat dari NFC, yakni NFC Payment. Dengan fitur ini kita bisa melakukan pembayaran hanya  dengan men-tap smartphone ke perangkat transaksi tanpa menggunakan uang tunau ataupun kartu kredit.

Namun sayangnya fitur ini belum diimplementasikan di negara kita. Untuk saat ini kita baru bisa memanfaatkan NFC hanya untuk mengecek saldo ataupun top-up e-Money. Tapi untuk kedepannya cepat aatau lambat kami yakin fitur ini akan mulai digunakan.

Akhir Kata

Itu dia sekilas tentang apa saja fungsi, manfaat, carakerja, kelebihan, dan kekurangan dari NFC yang perlu kamu ketahui. Intinya, NFC memiliki sejumlah fungsi yang cukup praktis. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *