Investasi Menguntungkan Dengan Resiko Kecil

investasi menguntungkan

Seiringa berjalannya waktu, masyarakat indonesia sudah mulai aware dengan pentingnya sebuah investasi untuk kaminan masa depan. Karena pada tahun 2019 lalu perkembangan kegiatan investasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Nah buat kamu yang ingin memulai investasi di tahun 2020 ini dan ingin tau investasi apa saja yang menguntungkan dengan resiko yang minim kamu bisa membaca artikel berikut ini. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang bisa kamu pilih dan pastinya menguntungkan untuk kamu mulai tahun ini.

Investasi yang menguntungkan dengan resiko kecil

1. Reksa Dana

Investasi reksa dana bisa menjadi pilihan pertama kamu sebagai investasi yang menguntungkan. Selain kemudahan yang ditawarkan investasi ini, dengan adanya manajer investasi reksa dana juga memberikan kemudahan dalam memonitor dan menganalisa keuangan kamu secara menyeluruh. Kamu harus bisa memilih manajer investasi yang mempunyai reputasi baik serta memiliki tim yang dapat memproses investasi secara terstruktur dan dapat dipertanggung jawabkan agar bisa mendapatkan hasil investasi yang maksimal. Kelebihan lain dari berinvestasi di reksa dana adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jual dan beli dari nilai aktiva bersih reksa dana.

Reksa dana sendiri memiliki banyak ragam jenis investasi, ada reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.

2. Saham

Investasi yang satu ini cocok buat kamu yang memiliki daya analisa yang baik dan mempunyai keinginan untuk mendiversifikasikan dananya. Saat kamu ingin membeli atau memiliki saham. Maka saham saham itulah adalah tanda dari kepemilikan kamu terhadap suatu usaha. Dalam investasi saham keuntungan yang kamu daat adalah berupa deviden. Deviden sendiri merupakan pembagian laba kepada setiap pemegang saham dilihat dari berapa banyak saham yang dimiliki.

Bila investasi obligasi memberikan kamu keuntungan yang pasti, tapi tidak untuk investasi saham. Karena pada jenis invetasi ini keuntungannya bersifat tidak menentu. Tidak menentunya disini dikarenakan adanya perubahan nilai saham itu sendiri setiap harinya. Terlepas dari itu, investasi saham merupakan investasi yang memiliki peminat cukup banyak di indonesia.

3. Obligasi

Obligasi merupakan salah satu investasi Efek berpendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan risiko yang relatif lebih stabil juga, dibandingkan dengan saham. Dari jenisnya sendiri obligasi itu ada 3jenis yaitu:

  1. Obligasi Pemerintah, yaitu obligasi dalam bentuk Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah RI. Pemerintah menerbitkan obligasi dengan kupon tetap (seri FR- Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (seri VR –Variable Rate) dan obligasi dengan prinsip syariah/ Sukuk Negara.
  2. Obligasi Korporasi, yaitu obligasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh Korporasi Indonesia baik BUMN maupun korporasi lainnya. Sama seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi terbagi atas obligasi dengan kupon tetap, obligasi dengan kupon variabel dan obligasi dengan prinsip syariah. Ada Obligasi Korporasi yang telah diperingkat atau ada yang tidak diperingkat.
  3. Obligasi Ritel, yang diterbitkan oleh Pemerintah yang dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk oleh Pemerintah. Biasanya ada beberapa jenis yaitu ORI atau Sukuk Ritel.

Keuntungan yang kamu dapatkan bila memilih investasi jenis ini adalah keamanan apa lagi jika kamu membeli obligasi dari pemerintah. Tetapi tentu dengan keamanan dan resiko yang rendah dari obligasi ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan tergolong rendah dibandingkan dengan saham yang bisa memberikan return yang lebih tinggi.

Baca juga : Cepat Kaya Dengan Cara Menabung Walau Gaji Minim

4. Properti

Selanjutnya ada investasi yang memiliki perkembangan yang luar biasa dan memiliki tingkat keuntungan dan resiko yang minim. Beberapa sumber mengatakan bahwa peningkatan harga properti meningkat 8% setiap tahunnya. Karena itulah investasi properti seperti rumah, apartemen dan ruko saat ini menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Di daerah kota-kota besar peningkatan harganya bisa mencapai 100% dalam waktu kurang dari 5 tahun. Dari presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa investasi di bidang properti ini sangat menjanjijan di tahun 2019 ini.

Kendala yang dihadapi saat memilih investasi jenis ini biasanya adalah dana yang harus kita keluarkan tidak sedikit untuk memulainya. Tapi kamu juga harus tau, dalam investasi properti selain untuk dijual kembali kamu juga bisa menyewakan properti milikmu untuk disewakan.

5. Peer-to-Peer (P2P) Lending

adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Keuntungan dari investasi pendanaan Peer to Peer (P2P) Lending ini mengakomodir hampir semua keuntungan yang dimiliki investasi lainnya yang sudah disebutkan diatas seperti, kamu bisa memonitor langsung semua perkembangan pendanaan yang kamu lakukan lewat smartphone yang kamu miliki., Keamanan yang terjamiin, keuntungan yang lebi baik dari investasi lainnya dan dapat memaksimalkan pendanaan kamu dengan verifikasi pada P2P Lending untung mengurangi resiko yang ada.

Tentukan Pilihan Investasi yang menguntungkan dan minim resiko

Dengan banyaknya macam investasi yang menguntungkan dan bisa dengan mudah kamu miliki. Tentunya dari banyak pilihan tersebut kamu harus bijak dalam memilih jenis investasi agar kamu mendapatkan investasi yang mudah, aman, menguntungkan dan bila bisa memiliki resiko yang kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.