Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak

Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak? Ini Penyebabnya

Diposting pada

Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak – Di zaman yang mana pengguna HP sudah mulai beralih ke smartphone, masalah paling sering muncul ialah hp yang terasa semakin lemot. Padalah tidak digunakan utnuk apa-apa. Hal ini tentunya tidak hanya satu dua orang saja yang merasakan. Hampir kebanyakan pengguna Smartphone tentunya akan mengelaminya. Tinggal menunggu waktunya saja.

Tapi apakah bisa dicegah masalah HP Lemot ini agar tidak terjadi? Bisa iya bisa tidak. Tergantung permasalahan yang dihadapi. Tapi tidak perlu khawatir, disini kami akan membagikan tipsnya untuk Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyakyang bisa kamu terapkan untuk setidaknya meminimalisir kejadian hp lemot.

Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak

HP lemot tidak melulu karena memori, tapi memang memori hp menjadi pemicu paling awal kenapa hp jadi lemot. Nah, selain meamori, apa lagi yang m,embuat hp jadi lemot? Berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi pada smartphone yang lemot.

Chipset sudah berumur

Chipset atau processor merupakan inti dari sebuah smartphone yang mana komponen ini sangat berperan penting dalam pengoperasian sebauh smartphone. Saat pertama kali membeli smartphone tentunya yang kamu rasakan adalah smartphone yang lancar tanpa lag. Namun seiring berjalannya waktu, Chipset ini tentunya sudah tidak segarang saat pertama kali keluar.

Standarnya, chipset sebuah smartphone cukup lancar di 3-5 tahun pertamanya. Namun jika smartphone kamu sudah berada diatas itu, sebaiknya siap-siap untuk menggantinya karena memang penyakit lemot tersebut berasal dari chipset yang sudah berumur.

RAM Terbatas

Jika kita sedikit memundurkan tahun, dibeberapa tahun belakangan smartphone khususnya smartphone android dengan RAM 2GB sudah cukup untuk memenuhi kegiatan sehari-hari seperti buka sosicl media, chatting, youtubean, dan bahkan utnuk game juga masih lancar.

Namun semakin kesini, resource sebuah aplikasi semakin besar yang mana berdampak pada pemakaian RAM yang semakin besar juga. Jadi jangan heran jika android dengan RAM 2GB atau dibawahnya menjadi lemot dan sering mengalami force close. Idealnya android saat ini membutuhkan kapasitas RAM sekitar 3/4GB agar bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga : Cara Agar Ruang Penyimpanan Tidak Penuh di HP Xiaomi Termudah

Hp Overheat

Tidak melulu hp lama yang menjadi lemot karena sudah umurnya. HP baru pun bisa mengalami gejala lemot. Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak tentunya akan dilontarkan oleh penggunanya. KArena memang hp-hp terbaru saat ini sudah dibekali dengan memori internal yang lumayan besar ditambah tersedianya slot MicroSD.

Penyebab HP lemot selanjutnya bisa dikarenakan hp overheat atau panas berlebih. Penyebab hp panas ini juga ada banyak macamnya. Beberapa masalah hp overheat bisa dikarenakan penggunaan case yang jelek, bermain sambil charge, terlalu memaksakan settingan game yang tinggi, dan sebagainya.

Cache aplikasi/Game Yang sudah Over

Masih seputar memori, Cache adalah jenis file temporary yang mana dibutuhkan untuk meringankan load gambar atau video sebuah aplikasi. Untuk aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, cache dalam aplikasi tentunya akan cukup banyak.

Nah, aplikasi dengan cache yang sudah cukup banyak ini berpotensi bisa membuat hp jadi lemot. Kenapa? Karena cache yang banyak dalam aplikasi ini membuat processor bekerja keras untuk meload seluruh file cache tersebut. Jadi Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak bisa juga disebabkan karena cache aplikasi yang menumpuk.

Banyak aplikasi berjalan

Nah, untuk poin selanjutnya ini bisa dibilang merupakan kelanjutan dari Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak yang disebabkan karena RAM terbatas. aplikasi yang berjalan di latar belakang tentunya akan memakan RAM. Untuk pengguna hp dengan RAM tinggi tentunya tidak akan terlalu terlihat permasalahnya.

Untuk emgnatasinya pastikan selalu menutup aplikasi yang tidak di gunakan. Pastikan benar-benar menutupnya baik dari recent app dan apliaksi berjalan. KArena beberapa aplikasi meski kita sudah mengeluarkannya, aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang sistem.

Sedang Update

Penyebab Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak selanjutnya bisajuga dikarenakan masalah sepele seperti perangkat/aplikasi yang sedang update. Saat aplikasi sedang melakukan update tentunya performa maupun sinyal akan sedikit menurun. Jadi tidak heran jika hp menjadi lemot saat update ini berlangsung. Saran kami saat hp sedang update sebaiknya dibiarkan saja sampai update selesai atau bisa menstopnya.

Akhir Kata

Itu dia barusan penyebab Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak. Semoga degnan adanya informasi ini bisa membantu untuk mengatasi hp lemot dan mencegahnya. Jika ada tips lainnya akan segera kami update. Jangan lupa untuk membagikannya ke teman dan berlangganan di cukuptau.id.