Mengenal Apa Itu Search Engine atau Mesin Pencari

search engine

Saat kita sedang mempelajari SEO yang paling awal kita pelajari adalah tau apa itu search engine. Karena SEO sendiri tidak dapat terlepas dari search engine itu sendiri. Search engine sendiri adalah sebuah program atau aplikasi yang dirancang untuk mencari dokumen maupun file dengan kata kunci sebagai accuan yang dipakai untuk mengambil data-data dari dokumen yang berisi kata kunci yang dimasukkan ke database.

Search engine sendiri bisa dibuat atau diterapkan untuk koneksi lokal seperti pencarian file pada sebuah konputer, software atau pencarian yang lebih luas lagi dengan bantuan jaringan seperti intranet dan internet melalui situs search engine.

Saat ini sudah ada banyak situs mesin pencari (Search engine) yang beredar di internet seperti Google, Bing , Ask, Yandex dan lainnya yang masing-masing memiliki kemampuan dan fiturnya sendiri-sendiri.

Bagaimana cara mengakses search engine?

Untuk menggunakan search engine kita terlebih dahulu harus terhubung ke jaringan internet. Setelah itu kamu bisa mengaksesnya melalui browser di laptop, smartphone, atau perangkat lainnya.

Bagaimana cara kerja search engine?

Search engine memiliki crawler atau biasa di sebut robot yang memiliki tugas untuk mengunjungi jutaan halaman website secara otomatis. Setelah semua halaman dijelajahi, selanjutnya data yang ada pada halaman tersebut diproses untuk dilakukan pengindeksan ke dalam database. Data tersebut dikumpulkan untuk digunakan dalam penentuan peringkat halaman dan merupakan metode utama dari search engine itu sendiri dalam menentukan apakah halaman itu bisa di tampilkan dan dalam rangka tujuan apa.

Setelah data diproses selanjutnya akan dimuat kedalam memori utama yang kemudian bisa diakses dengan pengetikan kata kunci yang diinginkan.

Searchengine sendiri memiliki jutaan hingga milyaran halaman dalam databasenya, yang dimana hal ini membuat search engine bisa menampilkan hasil pencarian tergantung pada kepentingan penggunanya. Untuk menampilkan urutan/rangking hasil pencarian biasanya ditentukan berdasarkan algoritma tertentu yang biasanya terdiri dari beberapa faktor seperti :

  1. Kata kunci (keyword)
  2. Frekuensi halaman dibuka
  3. Link dari halaman lain (backlink)
  4. Gambar dan media lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.