Penyebab Android Cepat Panas

hp-android-cepat-panas

Apakah kamu pengguna smartphone android? Apakah pernah hp android menjadi cepat panas saat digunakan? Jika iya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab mengapa hp android cepat panas dan cara menanganinya.

Android panas atau Overheat adalah kondisi dimana suhu hp yang meningkat secara berlebihan. Pada kasus tertentu hal ini bahkan bisa membuat hp meledak.

Tidak hanya android yang mengalami penyakit overheat ini. Penyakit ini biasanya juga terjadi pada smartphone lain seperti iOS dan Windows Phone.

Selain membuat tidak nyaman saat digunakan, berikut adalah hal-hal yang akan terjadi pada hp kamu jika tidak segera diketahui permasalahannya.

Efek hp android panas

1. Hp lemot

Dengan tingginya suhu smartphone sudah pasti kinerja prosesor tidka akan maksimal. Hal ini tentunya akan membuat hp kita jadi lemot.

2. Baterai cepat habis

Selain kinerja yang berkurang, hp yang panas juga akan lebih boros dalam mengkonsumsi baterai.

3. Hp sering restart bahkan sampai bootloop

Bila panas masih berlanjut efek selanjutnya adalah hp kamu akan sering restar. Hal ini dikarenakan sistem mendeteksi suhu yang tidak stabil yang mengharuskan hp restart.

4. Hp bisa meledak

Hal yang paling ditakutkan saat hp sering overheart atau mengalami panas berlebih adalah hp bisa saja meledak. Karena pada kasus tertentu, overheat ini dikarenakan cacat produk atau malfungsi sistem yang menyebabkan hp bisa meledak.

Penyebab HP Android Cepat Panas

smartphone cepat panas

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat hp android cepat panas. Setiap hp biasanya memiliki penyebab yang hampir sama.

1. Menggunakan hp saat sedang di cas

Hal pertama yang menyebabkan hp android cepat panas adalah faktor engguna yang tidak sehat. Salah satunya adalah masih menggunakan hp saat masih di cas.

Buat pecinta game pastinya sering melakukan hal ini. Padahal kebiasaan ini membuat kondisi hp cepat panas dan baterai cepat bocor.

Sebaiknya kamu menghindari menggunakan hp saat dicharge, karena saat ini sudah banyak yang menggunakan fitur fast charge untuk pengisian baterai yang lebih cepat.

2. Sinyal buruk

Penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah sinyal yang buruk. Saat hp tidak mendapat sinyal yang bagus, sistem akan terus-menerus mencari sinyal. Hal inilah yang membuat hp android cepat panas.

Biasanya hal ini terjadi di daerah-daerah yang memiliki jaringan sinyal buruk.

3. Banyak aplikasi yang berjalan di background

Apa kamu memiliki banyak aplikasi? Jika iya kamu harus mengeceknya, karena beberapa aplikasi masih berjalan di background meski kita sudah keluar dari aplikasi terebut.

Contoh aplikasi yang masih berjalan dibackground seperti aplikasi chatting, Media sosial, dan bahkan beberapa game masih tetap berjalan di background meski kita sudah keluar.

Dengan aplikasi yang masih aktif ini tentunya hp akan terus bekerja meski sudah kamu kunci. Hal inilah yang membuat hp sering panas dan lemot.

Baca juga : 5 Jenis Aplikasi Yang Sebaiknya Tidak Kamu Instal di Android

4. Fabrikasi chipset lama

Hp android yang beredar saat ini sudah menggunakan chipset dengan fabrikasi kecil yang pastinya lebih irit daya dan tidak cepat panas. Nah, untuk hp keluaran lama biasanya masih menggunakan chipset/prosesor dengan fabrikasi besar.

Jika kamu termasuk yang masih memegang hp dengan fabrikasi chipset diatas 16nm. Kamu  sepertinya harus pasrah, karena chipset tersebut memang cepat panas walau hanya digunakan untuk sosial media.

5. Terdapat virus di HP

Tidak hanya di komputer saja, kini virus dan malware juga menyerang smartphone. Virus ini biasanya datang dari aplikasi yang diinstal diluar playstore atau saat kita mengunjungi website tidak jelas.

Virus ini sifatnya seperti aplikasi yang berjalan di background dimana dia akan terus melakukan pemrosesan walau hp sudah dalam kondisi mati.

Nah itu dia 5 penyebab utama hp android sering panas. Tapi tenang saja, karena ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu gunakan agar hp android kamu tidak cepat panas. Berikut caranya.

Tips mengatasi hp cepat panas

  • Jangan memainkan game sambil di charge, tapi jika memang terpaksa kamu bisa menurunkan daya pengisian dengan kepala charger yang ampernya lebih kecil dari bawaan.
  • Pakai jaringan yang baik, kamu bisa mengubah di pengaturan dan ubah prioritas jaringan.
  • Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang berjalan di background.
  • Selalu menginstall aplikasi dari playstore
  • Buat kamu yang ingin mengganti hp usahakan memilih hp dengan  fabrikasi chipset kecil.

Nah, itu saja tips yang bisa kami berikan. Jika ada pertanyaan lain atau tips tambahan bisa tinggalkan komentar dibawah, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.