cara merawat baterai android agar tidak cepat rusak

Penyebab Baterai Hp Bocor dan Ciri-Cirinya

Penyebab Baterai Hp Bocor dan Ciri-Cirinya – Kamu memiliki smartphone dan baterainya cepat rusak atau bocor? Mungkin kamu harus menerapkan beberapa tips dan Cara Agar Baterai Hp Tidak Bocor dan Rusak berikut ini agar baterai hp android kamu lebih awet.

Seperti yang kita ketahui, Smartphone keluaran terbaru saat ini hampir semuanya memiliki layar yang cukup lebar. Namun penggunaan dan perawatan yang salah bisa membuat baterai smartphone kamu menjadi berumur pendek dan cepat habis.

Saat ini hp keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan baterai jenis non-removable yang artinya baterai tidak bisa langsung diganti atau harus menjalani proses pembongkaran terlebih dahulu jika ingin mengganti baterai. Oleh karena itu lebih baik sebisa mungkin kita merawat smartphone kita agar baterai yang ada di smartphone kita tidak gampang rusak.

Cara Agar Baterai Hp Tidak Bocor dan Rusak

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar baterai hp tidak cepat rusak. Apa saja itu? Silahkan simak tips berikut ini.

1. Jangan cas hp saat tidur

Penyebab Baterai Hp Bocor

Kebiasaan seseorang yang mencharge smartphonenya dari malam hingga pagi hari bukan hal yang aneh lagi. Hal ini memang terlihat biasa saja karena smartphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur memutus daya secara otomatis saat kondisi baterai sudah penuh. Namun yang diketahui, meskipun sistem sudah memutus pengisian aliran listrik tetap masuk ke smartphone kamu walaupun baterai sudah penuh.

Hal ini tentu bisa mempengaruhi umur dari baterai smartphone kamu bila sering melakukannya dan membuat baterainya cepat rusak. Untuk itu sebisa mungkin untuk menghindari melakukan pengisian hp semalam penuh.

2. Jangan Menggunakan Hp Saat di cas

ciri ciri baterai hp bocor

Banyak para penikmat game dan video yang sering melakukan hal ini pada smartphone mereka. Mencharge dan menggunakan smartphone secara bersamaan akan membuat smartphone kamu cepat panas. Sebaiknya kamu menghindari hal ini agar baterai smartphone kamu awet. Karena selain memperpendek umur baterai, menggunakan smartphone saat dicharge juga membuat pengisian daya baterai menjadi jadi tidak stabil.

Jika memang terpaksa menggunakan hp saat sedang di cas, kami menyarankan menggunakan pendingin hp untuk menstabilkan suhu hp saat digunakan.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Xiaomi

3. Jangan Menunggu Hp Mati Untuk Melakukan Pengisian Daya

cara jangan menunggu hp mati

Sebisa mungkin Jangan menunggu smartphone kamu sampai mati untuk melakukan pengisian daya baterai. Karena ada kasus tertentu dimana smartphone gagal melakukan booting dikarenakan kehabisan daya baterai terutama untuk hp yang masih menggunakan penyimpanan eMMC.

Lebih baik kamu mematikan hp kamu jika kondisinya sudah dibawah 10% dan tidak menemukan daya untuk mengisi baterai untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan

4. Buatlah Jadwal Untuk Mematikan Smartphone

cara agar baterai android awet

Smartphone sama seperti mesin lainnya yang membutuhkan istirahat agar konponen didalamnya tetap awet. Smartphone yang digunakan terus menerus membuat komponen di dalamnya dan juga umur baterai menurun dengan cepat. Buatlah jadwal untuk mematikan smartphone kurang lebih 1 jam setiap harinya untuk mengistirahatkan mesin smartphone kamu.

Akhir Kata

Itulah beberapa Cara Agar Baterai Hp Tidak Bocor dan Rusak. Anggaplah smartphone itu bagian dari dirimu, yang dimana dia juga bisa lelah bila digunakan secara terus menerus setiap harinya. Semoga cara di atas dapat membantu agar baterai smartphone kamu lebih awet dan tidak gampang bocor.