review PIX-Link AP LV-WR09 kelebihan dan kekurangan

PIX-Link AP LV-WR09 WiFi Repeater Murah

Belakangan ini banyak yang mencari WiFi extender atau Repeater murah. Hal ini dilakukan untuk memperluas jaringan sinyal Wifi di rumah agar semua ruangan mendapatkan sinyal WiFi yang maksimal. Karena seperti yang kita ketahui, Router bawaan provider sebagian memiliki kemampuan yang kurang mumpuni apalagi bila di rumah yang memiliki banyak ruangan.

Di artikel sebelumnya sudah kami bahan mengenai Rekomendasi Wifi Extender Terbaik. Nah, salah satu rekomendasi terbaik tersebut yakni PIX-Link AP LV-WR09Selain dibenderol dengan harga yang cukup terjangakau, Repeater WiFi satu ini juga memiliki beberapa fitur yang mana fitur tersebut ada pada repeater dengan harga diatasnya.

Buat kamu yang ingin tau lebih lanjut mengenai PIX LINK LV-WR09 kekurangan dan kelebihannya. Silahkan simak lebih lanjut pembahasan kami berikut ini.

Spesifikasi lengkap PIX LINK LV-WR09

Hardware Features
Plug TypeEU, UK, US
StandardsIEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Interface1 * 10/100Mbps LAN Port
1 * 10/100Mbps LAN/WAN Port
ButtonWPS Button, Reset Button
Antenna4 * external
Dimensions ( W x D x H )95.0 x 61.5 x 35.2mm
Wireless Features
Frequency2.4~2.4835GHz
Signal RateUp to 300Mbps (dynamic)
Reception Sensitivity270M: -69dBm@10% PER
Transmit Power< 20 dBm (EIRP)
Wireless ModesRepeater/WISP/Router/AP
Wireless Security64/128/152-bit WEP
WPA-PSK / WPA2-PSK/td>

Jika sinyal wifi rumahmu lemah dan tidak dapat menjangkau seluruh ruangan di rumah mungkin PIX-Link AP LV-WR09 ini bisa jadi pilihan. Selain harganya yang murah, fitur yang diberikan juga lumayan lengkap jika dibandingkan dengan Wifi Extrender di range harga sekelasnya.

PIX-Link AP LV-WR09 hadir dengan 4 antena eksternal yang lumayan mampu menyebarkan sinyal lebih luas dan stabil. Bentuknya yang portabel dengan penggunaan langsung colok tanpa perlu adapter sangatlah berguna untuk mereka yang ingin terlihat rapih.

WiFi repeater ini berjalan pada frekuensi 2.4GHz dan memiliki kecepatan maksimal hingga 300Mbps yang tentunya sudah cukup untuk kebutuhan internet rumahan.

Desain depan akan terpampang jelas merk PIX-LINK dan 5 indikator sambungan WiFi. Sedangkan pada sisi kanan kamu akan menemui tombol WPS serta lubang reset. Dan pada bagian bawah kamu akan menemui 2 lubang port RJ45 yang mana satu berfungsi untuk Ethernet dan satunya LAN.

Cara Setting PIX-Link AP LV-WR09

Cara setting WiFi repeater satu ini sama saja seperti WiFi repeater and Extender kebanyakan seperti TOTOLINK EX200, Mi Wi-Fi Range Extender Pro, maupun Mercusys MW300RE yang sebelumnya sudah kami bahas. Tapi buat yang belum tau, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan colokkan WiFi Extender ke colokan listrik.
  2. Selanjutnya sambungkan smartphone ke jaringan PIX-Link dengan nama PIX-LINK2.4G.
  3. Untuk masuk ke pengaturan silahkan buka browser dan ketikan alamat 192.168.7.1
  4. Di menu utama silahkan pilih wizard untuk pengaturan sambungan.
  5. Di system mode silahkan pilih mau menggunakan yang mana, untuk Repeater tanpa kabel kamu tinggal memilih jaringan dari router utama dan memasukkan password. Sedangkan jika ingin menggunakan sambungan kabel bisa pilih Router.
  6. Sementara untuk setting SSID maupun password admin bisa klik pada bagian WiFi.

Lalu bagaimana cara reset jika kita sudah mengganti jaringan utama? Caranya cukup mudah, pada PIX-Link AP LV-WR09 kamu bisa menggunakan tombol reset yang ada di bawah tombol WPS. Kamu cukup menekannya kurang lebih 5 detik saat Repeater dalam kondisi menyala. Atau cara ke 2 melalui menu Restore Factory Settings di menu admin.

 

Kelebihan PIX-Link AP LV-WR09

Harga PIX-Link AP LV-WR09 yang bisa kamu dapatkan mulai dari 150 ribuan. Berikut ini ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari WiFi extender murah ini. Dengan bentuknya yang minimalis ini, PIX-Link AP LV-WR09 sudah mendukung berbagai mode sambungan seperti Router, Access Point, Repeater dan WISP yang mana fitur-fitur tersebut kebanyakan hanya ada pada WiFi extender dengan harga diatas 200ribuan.

Kekurangan PIX-Link AP LV-WR09

Namanya sebuah produk pasti ada saja kekurangannya. Nah, untuk PIX-Link ini ada kekurangan yang lumayan mengganggu dimana penurunan kecepatan saat menggunakan mode Repeater tanpa kabel. PIX-Link AP LV-WR09 meski sudah menggunakan 4 antena external kemampuan transfer data dari modem utama untuk diteruskan kembali mengalami penurunan kecepatan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sambungan kabel untuk mendapatkan kecepatan yang sama dengan Router utama.

Kesimpulan

PIX-Link AP LV-WR09 memiliki fungsi yang cukup lengkap sebagai WiFi Extender. Namun alat ini lebih sering digunakan untuk WiFi Repeater untuk memperluas jangkauan sinyal wifi dirumah. Pengaturan yang mudah membuatnya bisa digunakan oleh siapa saja. Untuk yang kurang paham untuk masalah pengaturan, dalam paket penjualannya juga sudah terdapat petunjuk untuk menyambungkan ke internet.

Secara Fungsi alat ini sudah cukup baik ditambah dengan harga yang murah. Kekurangannya mungkin hanya di sambungan nirakabel yang kurang baik. Tapi hal tersebut tentunya masih bisa di atasi dengan sambungan kabel. KEtimbang disebut sebagai WiFi Extender, kami lebih suka menyebut PIX-Link AP LV-WR09 sebagai Router Mini Portable.