ac portable terbaik

Rekomendasi AC Portable Terbaik

Salah satu cara mendinginkan ruangan disaat panas terik selain menggunakan kipas dan exhaust fan adalah dengan menggunakan Air Conditioner atau orang biasa menyingkatnya AC. Salah satu produk yang mulai ramai dicari akhir-akhir ini yakni AC Portable mulai dari 1/2PK.

AC Portable hadir sebagai solusi untuk mengusir hawa panas ruangan yang mana memiliki bentuk dan instalasi yang lebih praktis bila dibandingkan dengan AC biasa. Ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk pengoperasiannya menjadi nilai plus dari sebuah AC Portable.

Sekilas Tentang AC Portable

Siapa si yang tidak ingin memiliki hunian yang sejuk di daerah perkotaan yang padat penduduk? Hadirnya AC Portable menjadi solusi untuk mereka yang ingin menikmati sensasi dinginnya ruangan dengan ruangan yang terbatas dan tanpa instalasi yang memakan biaya lagi.

Nah, AC Portable ini agak sedikit berbeda sistemnya dengan AC pada umumnya. AC Portable memiliki sistem closed loop atau tidak membutuhkan sebuah exhaus untuk membuang udara panas terpisah. AC Portable ini bekerja secara mandiri dan sangat cocok digunakan paad ruangan yang berukuran kecil karena mudah dipindah-pindahkan tanpa harus membongkar unitnya.

Cara pengoperasian AC Portable ini juga lebih senyap dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan AC pada umumnya. Selain itu, manintenance juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi karena kita hanya perlu membersihkan filternya saja yang mudah.

Kelebihan AC Portable

Selain bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan, ada juga kelebihan lainnya dari penggunaan AC portable yang mungkin tidak akan kamu temui saat menggunakan AC pada umumnya. berikut beberapa kelebihan dari penggunaan AC Portable.

  1. Tidak memerlukan pemasangan yang rumit. Tidak seperti AC Split yang mana untuk memasangnya memerlukan teknisi agar bisa terpasang dengan baik di ruangan. AC Portable isa langsung digunakan alias langsung colok.
  2. Ukuran yang minimalis menjadikan pendingin ini tidak terlalu memakan banyak tempat. Beberapa model bahkan sudah include roda yang bisa digunkaan untuk menggeser-geser.
  3. Harga yang semakin murah dan semakin banyak pilihan. Di awal kemunculannya AC Portable ini memang masih di banderol dengan harga yang bisa bibilang malah lebih mahal bila dibandingkan dengan AC biasa. Namun seirting makin banyaknya merk baru yang bermunculan membuat AC Portable ini semakin murah harganya.
  4. AC Portable juga bisa disimpan dengan mudah saat cuaca sedang dingin.

Rekomendasi AC Portable

Meski tidak terlalu banyak varian AC Portable, untuk saat ini varian yang paling banyak dicari yakni AC Portable 1/2PK atau 0,5 PK. Berikut produk-produk rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Close Comfort PC9 Plus

AC Portable pertama yang cukup murah dan irit listrik ada dari Close Comfort PC9 Plus. Dengan pendingin 1/2 PK dan pengaturan 3 kecepatan, PC9 Plus ini cukup andal untuk mendinginkan satu ruangan.

Close Comfort PC9 Plus juga cukup irit dalam penggunaan listriknya. AC Portable ini hanya membutuhkan daya 300W saja untuk bisa beroperasi di kecepatan tertinggi.

Bobot yang ringan juga membuat AC Portable ini mudah di pindahkan. PC9 Plus memiliki bobot 17KG saja dan sudah dilengkapi dengan 4 roda yang bisa membantu kamu saat ingin menggesernya.

2. Changhong R22 CPC-05EM

Seri AC Portable selanjutnya ada dari brand Changhong. Buat yang sudah lama berada di dunia elektronik pastinya sudah tidak asing lagi dengan brand asal negri tiongkok ini. Changhong memiliki kualitas yang cukup baik dengan harga yang murah.

AC Portable Changhong R22 ini salah astunya, memiliki kemampuan pendignin ruangan 1/2PK. Tidak hanya itu saja, produk ini juga bisa berfungsi sebagai Air Purifier, Dehumidifier, Air Refresher, dan Air Conditioner.

Bentuknya yang minimalis menjadikan AC Portable dari Changhong ini mudah diletakkan di berbagai tempat dan ruangan.

3. Auto Cool AUX

Seri rekomendasi selanjutnya hadir dari AUTO COOL AUX 12 LR1. Dengan kemampuan pendinginan ruangan hingga 1,5PK atau 1 1/5 PK membuat AC Portable ini cukup powerfull di kelasnya dengan harga yang terjangkau.

Auto Cool AUX 12 ini jgua sudah dilengkapi dengan pipa pembuangan hawa panas yang bisa membantu pendinginan agar lebih maksimal. Untuk daya yang dibutuhkan memang agak sedikit besar. Untuk kemampuan maksimalnya, Auto Cool AUX ini memakan daya hingga 1370 Watt untuk varian 1,5 PK dan 1000Watt untuk varian 1PK.

4. Sansui

Kebutuhan pendingin ruangan kian hari kian meningkat. Banyak varian pendingin ruangan baru yang mulai bermunculan dan tentunya dibarengi dengan harga yang makin bersahabat.

Salah satu produk rekomendasi AC Portable lainnya yang bisa jadi pilihan ada dari SANSUI. Hadir dengan 2 varian yakni 1PK dan 1,5PK AC Portable SANSUI siap untuk mendinginkan ruangan kamu.

Bentuknya yang kecil membuat AC Portable ini cocok untuk apartemen dan kos-kosan atau untuk kamu yang sering pindah-pindah rumah karena AC Portable ini mudah dibawa kemana-mana tanpa ahruys bongkar pasang unit.

5. Midea MPF-09

Produk AC Portabel rekomendasi selanjutnya ada dari Midea. Produk ini juga hadir dalam dua varian mulai dari 1PK dan 1,5PK. Untuk jenis freonnya sendiri, Midea menggunakan freon R410A yang juga digunakan oleh produk-produk AC Portable kebanyakan.

Untuk konsumsi listriknya, Midea bisa dibilang lebih irit dimana hanya membutuhkan daya 1.255 Watt untuk 1,5PK dan 940Watt Untuk 1PK. Tidak lupa juga Produk Midea sudah dibekali dengan garansi 1 tahun sparepart dan 3 tahun kompresor.

6. SHARP Plasmacluster

AC Portable senalnjutnya yang bisa jadi pilihan ada dari Sharp. Dengan kapasitas pendingin 1PK dengan daya rendah 880Watt, AC Portable ini sangat rekomendasi untuk rumah dengan listrik dengan daya masih 900Watt.

Sharp Plasmacluster ini selain bisa digunakan dalam ruangan juga bisa digunakan di luar ruangan alias outdoor. Namun sayangnya bobot yang dimiliki cukup berat yakni hingga 36KG yang membuat AC Portable ini agak sedikit susah saat ingin memindahj-mindahkannya.

7. Teco

Mungkin agak sedikit asing dengan merk satu ini. Teco sendiri merupakan merk yang berasal dari Taiwan. AC Portabel keluaran Teco dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Teco hadir dengan desain minimalis dan sudah dilengkapi dengan 4 roda yang berguna untuk memudahkan ketika ingin dipindahkan.

8. Trends

Produk berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah AC Portable Trends. Dengan produk AC Portable ini, kamu bisa mendinginkan ruangan tanpa perlu repot-repot melakukan instalasi. Kamu tinggal mencolokkannya ke colokan listrik dan meletakkannya di sudut ruangan agar udara dingin bisa tersebar ke seluruh ruangan.

Dengan kapasitas 3/4PK, Trends cukup untuk satu ruangan 16 meter persegi. Untuk freon yang digunakan juga masih sama seperti produk kebanyakan, yakni menggunakan freon jenis R410A. Daya yang dibutuhkan juga cukup irit yakni hanya 547Watt saja.

Tips Membeli AC Portable

Nah, berikut ini sedikit tip sebelum membeli AC Portabel agar tidak salah memilih.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama sebelum membeli AC Portable adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar PK memang semakin dingin. Tapi perlu di perhatikan juga konsumsi listriknya. Untuk satu ruangan berukuran small AC Portable 1/5 PK sepertinya sudah cukup.

Sesuaikan dengan listrik rumah

Untuk kamu yang masih memikirkan listrik tentunya poin ini juga menjadi penting. Jangan sampai setelah membeli AC Portable malah tidak bisa menghidupkan peralatan elektronik lainnya karena daya yang kurang. Sesuaikanlah juga dengan daya listrik rumah kamu sebelum membeli AC Portable.

Part & Service

Belakangan memang semakin bnanyak bermunculan AC Portabel dengan harga murah. Tapi kembali lagi ke sifat barang dimana ada harga tentunya ada kualitas. Pastikan kamu memilih barang dengan kualiatas bagus agar awet. Selain itu pastikan sparepart dan service mudah dilakukan bila terjadi masalah.

Fitur yang harus diperhatikan dari AC Portable

Selain tips-tips diatas ada hal lainnya yang perlu diperhatikan yakni Fitur yang ditawarkan. Beda merk tentunya beda juga fitur yang ditawarkan. Berikut ini fitur-fitur yang wajib kamu perhatikan detailnya sebelum membeli AC portable.

Air Flow / Fan Speeds

Fitur yang wajib kamu cek adalah Air Flow maupun Fan Speed. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan sirkulasi yang maksimal dan bisa menjangkaun seluruh ruangan. Secara standar AC Portable ini memiliki 3 kecepatan pengaturan kipas.

Dehumidifier Mode

Selain sebagai pendingin ruangan, Fungsi lainnya dari AC Portable adalah sebagai pengurang kelembapan dalam ruangan. Pastikan terdapat fitur ini saat ingin membeli AC Portable.

Remote Control

Meski kebanyakan variant erbaru sudah include remote control, kamu bisa memastikannya kembali di kelengkapan yang diberikan. Karena masih ada beberapa merk yang masih belum support remot. Dengan adanya Remot Control kita tentunya bisa dengan mudah mematikan maupun mengubah kecepatan putaran kipas tanpa perlu menghampirinya.

Timer Function

Fitur lainnya yakni Timer yang bisa diatur agar perangkat bisa aktif maupun nonaktif secara otomatis.

Noise Level

Carilah AC Portable yang memiliki tingkat kebisingan yang rendah untuk menjaga agar tetap nyaman digunakan saat tidur.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan kali ini seputar Rekomendasi AC Portable yang bisa kamu pilih. Jadi, mau pilih yang mana?