cara mengatasi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh

Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh, Begini Cara Mengatasinya

Jika sedang membicarakan android keluaran lama, Tentunya masalah yang ada tidak jauh-jauh dari Memori internal yang cepat penuh. Dan salah satu hp yang cukup banyak penggunanya hingga saat ini yakni Samsung J2 Prime tidak luput dari masalah ini.

Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh menjasi permasalahan yang cukup merepotkan. Saya sendiri selaku mantan pengguna J2 Prime mengakui hal tersebut. Hal ini dikarenakan memori yang memang terbatas namun Aplikasi terus update.

Untuk pengguna J2 Prime dengan internal 16GB sepertinya jarang terkena masalah Memori internal cepat penuh, berbeda dengan pengguna yang memiliki J2 Prime dengan internal 8GB. Keadaan memori internal cepat penuh tidak dapat dihindari.

Agar tidak terlalu panjang tulisan kali ini, langsung saja berikut cara mengatasi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh dengan cepat.

Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh

Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh

Sering-sering Hapus Cache

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan sesering mungkin menghapus cache. Samsung sendiri sudah menyediakan aplikasi perawatan memori bawaan yang bisa kamu temui di menu pengaturan. Silahkan gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan cache aplikasi.

Jika dirasa aplikasi bawaan masih kurang mumpuni, kamu bisa menghapus cache aplikasi secara manual. Berikut Caranya.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Manajer Aplikasi
  • Klik Aplikasi yang ingin di hapus cachenya
  • Pilih Hapus Cache

Beberapa aplikasi yang memiliki banyak cache seperti aplikasi meida sosial, youtube, dan aplikasi lainnya yang terhubung ke internet.

Pindahkan Penyimpanan ke SD Card

Langkah selanjutnya adalah dengan memeindahkan penyimpanan ke SD Card. File gambar, video, lagu, dan dokumen-cokumen bisa kamu pindahkan dari memori internal HP ke penyimpanan SD. Beberapa Aplikasi saat ini juga sudah mendukung penyimpanan di microSD. Untuk lebih jelasnya bisa baca Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD.

Hindari Menginstal aplikasi Tidak Penting

Salah satu penyebab Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh adalah pemasangan aplikasi yang banyak. Sebisa mungkin hindari untuk menginstal aplikasi tidak jelas. Beberapa pengguna bahkan kami pantau menggunakan aplikasi seperti batery saver dan memory cleaner yang di instal dari PlayStore. Bukannya tidak boleh, tapi menurut kami, di HP android internal 8GB ini dengan menginstal aplikasi sejenis itu malah memberatkan hp dan menimbulkan masalah Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh. Beberapa contoh aplikasi yang tidak perlu kamu instal di HP dengan internal kecil bisa kamu cek di 5 Aplikasi Android Yang Tidak Perlu di Install.

Nonaktifkan Aplikasi Bawaan yang tidak terpakai

MEski tidak menginstal aplikasi dari Playstore hp masih sering memunculkan peringatan memori penuh. Hal ini dikarenakan J2 Prime memiliki aplikasi bawaan yang cukup banyak dan bahkan beberapa tidak terlalu penting. Untuk mengatasi ini caranya cukup menonaktifkannya saja. Berikut caranya.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Manajer aplikasi
  • Klik aplikasi Bawaan Yang Ingin di Nonaktifkan
  • Klik Hapus Pembaruan Instalasi pada pojok kanan atas
  • Klik Nonaktifkan

Lakukan hal ini pada aplikasi-aplikasi berukuran besar diatas 50MB. Penghapusan pembaruan instalasi diperlukan untuk menambah space penyimpanan internal.

Pakai Custom ROM

Buat kamu yang suka oprek tentunya mengatasi Memori Internal sering penuh dengan menggunakan Cstom ROM menjadi pilihan yang tepat. PAsalanya, di Custom ROM kamu tidak akan menemui aplikasi-aplikawsi bawaan yang tidak jelas kegunaannya. Ukuran Custom ROM juga terbilang lebih kecil jika dibandingkan ROM Officialnya.

Masalah Yang Timbul Saat Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh

Hp yang terkena masalah dan peringatan penyimpanan penuh seringkali mengalami beberapa masalah di bawah ini. Untuk itu pastikan kamu selalu memantau penyimpanan internal agar terhindar.

Hp Lemot

Masalah yang pertama timbul saat internal samsung j2 prime penuh adalah performa yang menurun drastis. Memori internal penuh sangat mempengaruhi performa hp. Untuk itusering-seringlah membersihkan memori internal. Idealnya memori internal diberi kapasitas bebas atau Free Space sebesar 10% dari kapasitasnya. Jika Samsung J2 Prime memiliki kapasitas total 8GB. Maka setidaknya kamu memberikan sisa penyimpanan setidaknya 800MB.

Tidak bisa Buka Aplikasi

Saat Memori sudah terlanjur penuh, hal yang paling menyebalkan adalah kamu tidak bisa membuka beberapa aplikasi seperti camera, galeri, dan bahkan aplikasi medsos. Hal ini dikarenakan memori sudah tidak dapat menyimpan file cache dari setiap aplikasi yang terbuka dan menyebabkan aplikasi gagal dimuat.

Hp Hang

Selain hp lemot dan tidak bisa buka aplikasi, internal yang penuh juga bisa menyebabkan hp menjadi hang dan tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Beberapa kasus yang terparah terkadang membuat hp gagal booting dan harus dilakukan hard reset.

Akhir Kata

Permasalahan Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh memang tidak dapat dihindari. hal ini dikarenakan memang J2 Prime memiliki memori internal yang terbatas. Untuk aplikasi-aplikasi saat ini yang berukuran cukup besar tentunya internal 8GB sudah sangat tidak rekomendasi. Mungkin alternatif awal yang bisa dilakukan adalah menggunakan MicroSD sebagai penyimpanan utama.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan kali ini seputar Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh. Jika ada pertanyaan atau tambahan bisa tinggalkan komentar dibawah. Sekian tulisan singkat dari kami, Selamat mencoba dan semoga terbantu.