Cara Mengubah Partisi Hardisk Dynamic ke Basic

cara-merubah-format-hardisk-dynamic-ke-basic-primary

Saat seseorang membuat partisi baru di hardisk mereka terkadang terjadi perubahan format baru di hardsik tersebut. Dimana format yang semula adalah Basic berubah menjadi Format Dynamic.

Sebenarnya hardisk dengan format Dynamic tidaklah buruk. Karena kita masih bisa mengoperasikan komputer/laptop kita seperti  biasa. Masalah mungkin akan muncul saat kita menginstal aplikasi baru atau saat melakukan instal ulang windows dan menolak saat mengetahui fotmar hardisk kita adalah dynamic.

Untuk mengembalikan partisi hardisk dari Dynamic  ke Basic tanpa format dan kehilangan file tentunya cukup mudah. Kita bisa memanfaatkan software bernama Dynamic Disk Converter 3.5 Pro.Berikut tutorialnya.

Cara Ganti Format Hardisk Dynamic ke Basic/Primary

Cara Merubah Partisi Hardisk Dynamic ke Basic/Primary Tanpa Format

  1. Download dan install terlebih dahulu software Dynamic Disk Converter disini (Pass:cukuptau.id).
  2. Buka aplikasi Dynamic Disk Converter, Disini ada 2 metode yang bisa digunakan. Pilih Method 1 lanjut dengna klik Next.
  3. Akan tampil disk hardisk yang ada di komputer/laptop kamu. Pilih hardisk mana yang ingin di convert formatnya dengan memberi tanda centang dan klik Next lagi.
  4. Beri ceklis pada bagian I have decided to execute this operation… dan klik Proceed
  5. Tunggu Hingga proses pemindahan format dynamic  ke basic selesai. Jika sudah tingal klik OK saja dan komputer akan restart dengan sendirinya.
  6. Selesai, sekaranga hardisk kamu sudah kembali ke basic dan bisa di partisi lagi.

Cara Mengubah Partisi Dynamic ke Basic Tanpa Software

Cara kedua kita bisa mengubah Hardisk Dynamic ke basic tanpa software dengan memanfaatkan CDM windows. Caranya agak sedikit panjang dan kamu harus teliti dalam menuliskan perintahnya di cmd. Oiya, jika kmau memilih cara ini kamu  harus siap kehilangan data dalam hardisk. Berikut caranya:

  1. Buka CMD dengan run as Administrator.
  2. Ketik diskpart > list disk > pilih hardisk yang ingin di ubah formatnyadengan perintah select disk# (contoh select disk 1).
  3. Ketik detail disk.
  4. Ketik select volume# dan tekan enter. # disini adalah nomor volume sama seperti saat memilih hardisk pada langkah ke-2.
  5. Ketik delete volume dan tekan enter.
  6. Ulangi langkah ke 4 dan 5 untuk setiap colume yang tercantum pada bagian detail disk sampai semua volume terhapus.
  7. Kembalilagi ke langkah 2 dengan mengetikkan perintah select disk# > convert basic > tekan enter.
  8. Dan sekarang hardisk kamu sudah kembali formatnya ke basic.

Buat kamu yang kehilangan data karena tidak sengaja terformat atau partisi terhapus bisa pakai Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Terformat di Hardisk. Atau kamu juga bisa menggunakan cara Ubah format Hardisk Dari MBR ke GPT dan Sebaliknya untuk menghindari masalah format hardisk jadi Dymanic.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara mengubah format partisi hardisk dari Dynamic ke basic tanpa format data. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.