Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

8 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup – Di zaman sekarang, kebutuhan laptop bisa dibilang hampir seperti smartphone dengan tingkat permintaan yang semakin banyak. tidak seperti PC, laptop memiliki mobilitas yang lebih tinggi dan bisa dibawa kemana-mana dengan mudah.

Perawatan benda satu ini yakni leptop sebenarnya tidaklah sulit. Apalai kamu orang yang bersih dan tidak sembarangan menaruhnya. tapi pernahkah kamu mengalami masalah dimana mesin laptop menyala saat di hidupkan namun layar blank hitam? Jika iya jangan panik dulu apalagi langsung lari ketukang service. Karena bisa jadi hanya masalah sepele yang menimpa laptop kamu.

Nah, dikesempatan kali ini akan kami bagikan bagaimana Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup. Berikut caranya.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Masalah layar blank hitam tapi mesin menyala ini bukanlah masalah baru. Tidak hanya di Laptop, masalah ini juga terkadang kerap menimpa komputer PC. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu gunakan sebelum membawa laptop ke tukang service.

1. Cek Backlight Monitor

Cara pertama kamu bisa cek backlight monitor. KArena beberapa kasus layar mati karena backlight yang tidak hidup alias sudah mati. Cara mengeceknya cukup mudah, saat laptop kamu hidupkan perhatikan dengan seksama layar laptop.

Bila di layar tampil windows namun tidak jelas berarti backlight monitor kamu yang kena. Untuk perangkat backlightnya sendiri jarang ada yang bisa. Kebanyakan lebih menyarankan untuk ganti LCD sekalian.

2. Coba Colokan VGA/HDMI

Jika backlight atau layar tidak nampak cara selanjutnya coba colokkan laptop dengan kabel VGA atau HDMI dan hubungkan ke monitor atau Televisi. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah motherboard benar-benar masih menampilkan gambar ke LCD atau tidak.

Jika gambar muncul di monitor ada kemungkinan LCD laptop mengalami kerusakan.  cara mengatasinya tenmtunya mulai dengan mengecek jalur kabel LCD hingga penggantian LCD. Jika masih tidak tampil juga silahkan lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Copot baterai dan Bersihkan RAM

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup selanjutnya bisa coba membersihkan RAM atau menukar posisinya. RAM yang kotor sering kali menjadi penyebab laptop tidak mau boot dan layar mati meski mesin hidup.

Untuk beberapa merk seperti Acer, Lenovo mungkin cukup mudah untuk mencopot RAM karena memang covernya terpisah. Tapi untuk Laptop seperti ASUS kamu mesti membuka seluruh bagian backcover laptop. Oiya, pastikan juga sebelum melepas RAM lepaskan terlebih dahulu baterai Laptop.

Jika sudah kamu bisa mencopot dan membersihkannya. Mencoba slot RAM yang lainnya atau meminjam RAM laptop milik teman. KArena dalam kasus mesin laptop hidup namun layar blank ini kebanyakan penyebabnya ada di bagian RAM.

Baca juga :
Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10
Cara Log Out Akun Google di Laptop

4. Bersikan bagian dalam laptop

Cara ini memang terlihat sepele, tapinya nyatanya Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup ini terkadang berhasil mengatasi masalah-masalah laptop. Kamu bisa coba bongkar laptop dan membersihkan debu-debu yangmenempel di motherboard. Bisa menggunakan kuas, atau cairan pembersih elektronik.

Selain itu kamu juga bisa mengganti pasta processor untuk mengatasi laptop yang sering overheat. Setelah dirasa semua bagian bersih, bisa nyalakan kembali laptop dan lihat hasilnya apakah layar mau hidup atau tidak.

5. Reset CMOS

Saat ada konfigurasi yang error di BIOS terkadang bisa menjadi penyebab laptop tidak mau booting dan layar blank.. Untuk mereset CMOS kamu cukup membiarkan laptop tidak teraliri listrik ulai dengan mencabut charger dan baterai Laptop.

Untuk laptop-laptop keluaran lama kamu mungkin perlu membongkarnya untuk mencabut Baterai CMOS yang berada di dalam motherboard. Bentuk baterai ini bulat gepeng seperti koin 100rupiah. Silahkan cabut beberapa menit dan pasang kembali untuk melihat hasilnya.

6. Chip VGA bermasalah

Khusus untuk laptop dengan Dedicated VGA atau VGA Tambahan bisa coba chip VGA. Pasalahnya lap[top yang layarnya blank namun mesinnya hidup dikarenakan VGA-nya bermasalah. Karena seperti yang kita ketahui, peranan VGA ini sangat penting untuk menampilkan gambar ke layar.

Jika semua cara diatas masiyh belum berhasil kamu bisa coba cek  VGA Laptop. Tapi cara ke-5 ini kami menyarankan untuk langsung diurus oleh tukang services.

7. Instal Ulang Bios

Cara selanjutnya untuk mengatasi Laptop hidup tapi layar tidak tampil adalah dengan melakukan instal ulang BIOS. Permasalahan ini biasanya sering terjadi di laptop merk ASUS. Namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di laptop merk lain.

8. Ganti Hardisk

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengganti Hardisk. Karena selain RAM yang bermasalah, Hardisk yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab layar laptop blank meski mesin menyala. Cobalah untuk menghidupkan laptop dengan hardisk yang berbeda dan lihat hasilnya

Akhir Kata

Pada dasarnya Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup ini harus diurut perlahan. penyebab paling sering biasanya terjadi pada bagian RAM dan BIOS yang bermasalah. Karena kedua komponen ini yang menyebabkan Laptop gagal Booting ke bios dan layar tidak nampak apa-apa. Sekian artikel singkat kali ini mengenai Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup. Semoga bermanfaat.