9 Aplikasi Wajib di Install Setelah Install Ulang Windows

Aplikasi-wajib-di-instal

Masih banyak orang yang mungkin masih bingung aplikasi apa saja yang harus kita install saat selesai install ulang windows. Walau kamu termasuk orang yang jarang melakukan install ulang windowsnya, kamu sebaiknya harus mengetahuinya. Walau ini buka merupakan sebuah hal besar dan sulit untuk dilakukan, tapi tidak ada salahnya untuk menyiapkan software dan aplikasi-aplikasi ini agar saat nantinya kamu instal ulang windows tidak perlu repot-repot mendownloadnya lagi.

Dalam melakukan kegiatan install ulang windows sendiri pastinya ada tujuan dan harapan tersendiri. Misalnya saja untuk mengembalikan file system yang rusak atau corrupt. Atau bisa juga karena pc atau komputer sudah terasa lemot. Karena masalah-masalah tersebut lah yang membuat tidak enak dalam pemakaian.

Aplikasi-wajib-di-instal

Hal pertama yang biasanya dicari orang setelah melakukan install ulang windows adalah software-software dan aplikasi yang dibutuhkan dan paling sering di gunakan. Buat kamu yang bingung apa saja aplikasi dan softwarenya, atau mungkin lupa dan sedang mencari software-software yang wajib di install setelah melakukan install ulang, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis. Software di bawah ini sangat berguna buat kamu dalam melakukan kegiatan yang sering dilakukan saat menggunakan PC / Laptop. Jadi jangan lupa untuk menginstall aplikasi dan software dibawah ini setelah kamu selesai melakukan install ulang windows kamu ya.

9 Software atau Aplikasi Wajib di Install Setelah Install Ulang Windows

1. WinRAR

Software ini menjadi software yang harus kamu install paling pertama, karena biasanya software-software selanjutnya memerlukan WinRAR untuk membukanya. WinRAR sendiri berguna untuk mengarsipkan dan mengkompresi file. WinRAR biasanya digunakan untuk membuka file dengan format .RAR atau .ZIP . Admin sendiri menggunakan WinRAR karena sangat membantu sekali. Karena biasanya saat kita mendownload sebuah file game atau software bentuk awalnya adalah .ZIP atau .RAR.

2. Driver

Selanjutnya kamu bisa menginstal driver setelah menginstall WinRAR. Driver ini merupakan software yang perlu kamu install setelah menginstall ulang laptop / pc kamu. Karena biasanya beberapa harware tidak berjalan sempurna bila drivernya belum di instal. Misalnya VGA, Audio, Keyboard, Mouse, dan beberapa harware lainnya yang memerlukan driver agar bisa berjalan dengan sempurna. Kamu bisa mendownload driver ini di website resmi laptop atau motherboard pc kamu.

3. Browser

SOftware wajib selanjutnya adalah bbrowser. Browser berfungsi sebagai penjelajah web yang membuat kamu bisa melihat semua tempat tampa perlu datang ketempat itu. Untuk saat ini, browser yang paling banyak digunakan adalah Mozilla Fire Fox dan Google Chrome. Sebenarnya windows sendiri memiliki browser bawaan. Namun jarang yang menggunakannya karena dirasa cukup lambat saat kita baru memulainya.

4. Microsoft Office

Nah, selanjutnya kamu juga pastinya membutuhkan software yang satu ini. Microsoft Office  ini terdiri dari beberapa Software lainnya. Antara lain, Microsoft Word untuk melakukan pengetikan, Microsoft Excel untuk pembuatan tabel dan perhitungan, Microsoft Power Point untuk membuat Presentasi, dan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membantu pekerjaan kantor.

5. Downloader

Selanjutnya kamu juga harus menginstal software downloader. Karena dengan software downloader kamu bisa dengan mudah mendownload file-file yang kamku inginkan. Untuk software downloader  yang paling terkenal yaitu IDM (Internet Download Manager). Software ini sangat bermanfaat untuk mendownload berbagai file yang ada di internet.

6. Media Player

Media player ini merupakan software untuk memutar video dan audio. Walaupun sudah ada media player bawaan windows, tetap saja memiliki banyak kekurangannya. Jadi lebih baik kamu menginstal media player lainnya seperti MPC-HC, VLC Media Player, GOM Player, dan lainnya.

7. Anti Virus

Antivirus merupakan jenis sofware yang berfungsi untuk mencegah, mendeteksi, dan juga mengamankan pc / laptop kita dari serangan virus yang mengganggu sistem. Software ini juga sangat wajib kamu instal apabila kamu  sering menggunakan flashdisk untuk mentrasfer file. Banyak software antivirus yang bisa kamu gunakan seperti SMADAV, Avast, atau antivirus bawaan windows yaitu Microsoft Security Essentials.

8. Software Maintenance

Tujuan dari menginstal software ini adalah agar performa pc / laptop kamu tetap terjaga dan tidak lemot. Beberapa software maintenance yaitu seperti CCLeaner, Auslogics, Disk Defrag, dan lain sebagainya.

9. VPN

Yang terakhir kamu bisa mengintasl VPN. VN sangat berguna buat kamu yang sering membuka internet untuk membuka situs yang di blokir. Fungsi dari VPN ini adalah untuk menyamarkan IP kamu dan membuatnya seakan-akan di tempat dengan server yang kamu pilih. Untuk softwarenya sendiri admin biasa menggunakan OpenVPN.

Nah itu dia software dan aplikasi wajib yang harus kamu instal setelah melakukan install ulang windows. Sebaiknya kamu persiapkan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi tersebut sebelum kamu melakukan instal ulang.

Jika ada pertanyaan atau tambahan, kamu bisa menulisnya dikolom komentar dibawah. Cukup sekian artikel kali ini, Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *