Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R – Apa kamu merasa Laptop yang kamu gunakan mulai terasa lemot dan berat? Laptop yang lemot tentunya akan membuat kita sebagai penggunanya menjadi sedikit kesal. Apalagi jika sedang dikejar kerjaan yang menumpuk dan harus segera diselesaikan. Permasalah Laptop lemot ini akan sangat mengganggu sekali tentunya jika dibiarkan.

Soal masalah Laptop Lemot ini sebenarnya cukup mudah mengatasinya dan kamu tidak perlu sampai ketukang service. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Cara Agar Laptop Tidak Lemot.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan tentunya bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa perlu mengandalkan tukang service dan minim resiko. Apa saja itu? Langsung saja berikut cara agar laptop tidak lemot.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R

Disable StartUp

Cara agar laptop tidak lemot pertama, kamu bisa mendisable aplikasi Startup. Aplikasi startup sendiri adalah aplikasi yang akan langsung berjalan saat pertama kali laptop dihidupkan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan maka semakin berat dan lemot juga laptop saat dihidupkan.

Cara disable aplikasi Startup sendiri cukup mudah yakni melalui Run yang bisa di akses dengan kombinasi tombol Windows + R, Berikut tutorialnya agar lebih jelas..

Disable Startup Windows 7

  1. Tekan Windows + R untuk membuka menu Run
  2. Ketikkan msconfig
  3. Buka Tab Startup
  4. Klik disable all untuk disable seluruh startup yang aktif. Jika ada apikasi penting yang membutuhkan startup bisa kamu beri ceklis
  5. Terakhir Klik Ok dan restart Laptop untuk melihat perubahan

Disable Startup Windows 10

Nah, untuk Windows 10 sendiri kamu tidak akan menemu menu apapun di tab StartUp. Menu ini dipindahkan ke Task Manager namun masih tetap bisa kamu akses melalui menu msconfig. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah.

  1. Buka Task Manager (Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager)
  2. Klik More detail untuk menampilkan seluruh menu Task Manager
  3. Pilih tab Startup
  4. Pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan
  5. Klik kanan dan pilih Disable
  6. Terakhir restart Laptop

Hentikan Service Aplikasi Tidak Penting

Selain program Startup yang menjadi penyebab Laptop lemot, Service program yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab lainnya. Berikut Cara mengatasi laptop lemot dengan disable Service aplikasi.

  1. Tekan Windows + R untuk membuka menu RunKetikkan msconfig
  2. Buka Tab Services
  3. Disable service aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Kamu bisa mengurutkannya sesuai dengan Manufacturer, Untuk aplikasi Microsoft sebisa mungkin jangan di disable
  4. Terakhir klik Apply dan OK
  5. Restart Laptop

Kurangi Animasi

Penggunaan animasi memang membuat tampilan laptop lebih enak dilihat. Namun untuk beberapa laptop yang memiliki memori RAM kecil, animasi ini bisa membuat laptop lemot. Salah satu cara membuat laptop tidak lemot selanjutnya tentunya dengan mengurangi atau mematikan Animasi windows agar lebih ringan. Berikut varanya.

  1. Tekan Windows + R untuk membuka menu Run
  2. Ketikkan sysdm.cpl untuk mengakses menu Advance system Settings
  3. Setelah itu pilih pada bagian Performance dan pilih Adjust for best performance
  4. Kamu juga bisa menghilangkan centang secara manual dengan memilih pada bagian Custom dan hilangkan pada bagian yang ingin di matikan

Cara di atas itu untuk Windows 10, untuk Windows 7 kamu bisa Performace Information and Tools dan pilih Adjust visual effects dan gunakan tab Visual Effects.

Cek Update Windows

Laptop kamu lemot terus pas terhubung ke internet? Ada kemungkinan laptop sedang melakukan update Windows. Untuk masalah ini kamu bisa mengeceknya di menu Windows Update. Berikut caranya.

  1. Tekan Windows + R untuk membuka menu Run
  2. Ketikkan control update untuk membuka menu Windows Update
  3. Di menu ini kamu bisa melihat apakah sedang ada update atau tidak
  4. Kamu juga bisa mengganti menu update otomatis pada bagian Advanced options
  5. Pada bagian update option bisa kamu di sable di setiap opsinya

Defrag Hardisk

Cara memperbaiki laptop lemot berikutnya bisa dilakukan dengan melakukandefrag pada hardisk laptop. Defrag hardisk ini sendiri adalah salah satu cara yang cukup aman untuk menjaga kesehatan hardisk untuk yang laptopnya masih menggunakan hardisk. Dengan melakukan defrag bisa meminimalisir terjadinya bad sector maupun program yang corupt karena sector yang digunakan bermasalah.

Cara defrag hardisk juga tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri. Berikut caranya.

  1. Buka menu Run dengan kombinasi Windows + R
  2. Ketikkan command dfrgui
  3. Setelah jendela Defragment and optimize Drive terbuka kamu akan melihat partisi yang aktif di laptop kamu
  4. Pilih partisi yang ingin di defrag
  5. Klik analyze untuk melihat fregmentasi hardisk
  6. Terakhir pilih optimize

Mungkin itu saja beberapa command Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R. Nah, cara selanjutnya ini adalah tambahan yang bisa kamu gunakan juga agar Laptop bisa lebih enteng saat digunakan.

Baca juga :
Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Windows 10/11
Cara Mengecek Bit Laptop Windows 32bit atau 64bit
Penyebab Kenapa Laptop Tidak ada Suaranya

Hentikan Program yang memakan banyak Resource

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot selanjtunyaa dalah dengan menghentikan program-program yang memakan banyak resource atau sumber daya entah itu RAM, CPU, atau Disk. Untuk mengeceknya kamu bisa lihat di Task Manager.

Pada bagian task manager di bagian Processes kamu akan mendapati semua program ayng berjalan beserta presentase penggunaan sumberdaya. Jika laptop lemot kemungkinan ada aplikasi yang memakan banyak sumberdaya entah itu disk, Memory, atau CPU.

Untuk mengatasi masalah tersebut tinggal kamu lihat aplikasi apa yang memakan banyak sumberdaya. Jika aplikasi tersebut memang sedang tidak digunakan maka bisa klik kanan dan pilih Endtask. Namun jika penyebab laptop lemot adalah aplikasi yang sering kamu gunakan maka langkah lain taentunya harus dilakukan upgrade hardware.

Bersihkan Hardisk System C

Kapasitas hardisk yang hampir penuh juga bisa menjadi penyebab laptop lemot terutama untuk disk dengan partisi system atau biasa disebut disk C. Pastikan selalu ada ruang tersisa minimal 10% dari total kapasitas keseluruhan.

Kamu juga bisa memindahkan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan banyak ruang penyimpanan ke partisi lain. Hal ini bertujuan agar pembacaan data hardisk lebih ringan.

Bersihkan Laptop Dari Debu

Nah, untuk cara membersihkan laptop agar tidak lemot berikut ini membutuhkan keahlian bongkar-membongkar. Karena beberapa laptop lemot dikarenakan suhu yang tinggi yang disebabkan sirkulasi udara dalam lptop tersumbat debu.

Untuk masalah ini biasanya terjadi pada laptop-laptop dengan umur 2sampai 3 tahun penggunaan. Umumnya laptop dengan penggunaan yang lama memiliki kotoran yang lumayan banyak dan mengganggu sirkulasi udara dalam laptop.

Kamu bisa membersihkannya sendiri jika memamang memiliki peralatan yang lengkap atau bisa diserahkan kepada yang lebih ahli. Jika bisa lakukan juga penggantian pasta processor yang sudah kering dengan pasta yang baru.

Bersihkan Cache Laptop

Cache yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab laptop lemot. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan rutin file ini. Naah, untuk pembersihan cache ini sudah pernah kami bahas di 4 Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 dan 7.

Tambah RAM

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya bisa juga dengan dilakukan penambahan RAM. Cara ini tentunya masih berkaitan dengan cara Hentikan Program yang memakan banyak Resource diatas. Beberapa kerjaan terkadang membutuhkan multitasking yang banyak seperti membuka browser, aplikasi zoom, dan chat.

Dan untuk menjalankan semua program tersebut membutuhkan sumberdaya terutama RAM yang cukup besar. Untuk pengguna Laptop dengan RAM yang masih 2GB tentunya wajib melakukan upgrade. Kamu bisa melakukan upgrade RAM untuk mengatasinya.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Cara Agar Laptop Tidak Lemot Dengan Windows + R. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan tuliskan dikolom komentar. Selamat mencoba dan semoga laptop kamu tidak lemot lagi.