Cara Mudah Clone Windows Ke SSD atau HDD

clone windows

Cara Clone Windows to SSD – Buat kamu yang berencara ingin mengganti HDD ataupun SSD tanpa melakukan install ulang windows, cara ini bisa kamu gunakan. Yaitu clone windows, adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk menduplikat sistem operasi kamu yang lama ke hardisk atau ssd yang baru. Aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah EaseUS TODO Backup. Aplikasi ini hadis secara gratis untuk memudahkan kamu yang ingin melakukan clone windows.

Nah, cara clone windows melakukan proses kloning windows pada storage extra kamu, entah itu pada hardisk atau SSD. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa melihat detailnya dibawah ini.

Cara Clone Windows 7/8/10 ke SSD atau Hardisk baru

Disini kita akan membahas cara untuk mengclone atau membuat salinan windows menggunakan software EaseUS TODO Backup. EaseUS pada dasarnya memiliki software utilitas yang bagus untuk pengguna dan salah satu softwarenya adalah EaseUS TODO Backup. Dengan software ini kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan instal ulang bila ingin mengganti hardisk atau ssd baru. Selain mempu membuat sebuah clone windows atau mengcopy sistem operasi sepenuhnya, Software ini juga bisa digunakan untuk membuat data cadangan dengan beberapa langkah mudah.

Software ini memiliki 2 varian, yakni versi gratis dan versi premium. Namun, untuk versi gratisnya saja sepertinya sudah cukup dan sudah bisa memenuhi kebutuhan utama pengguna, dalam hal ini adalah untuk mengkloning windows.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan proses kloning sistem operasi wondows 7/8/10 dari storage lama pada storage terbaru, baik itu SSD ataupun HDD. Berikut ini langkah-langkah cara untuk menduplikat windows menggunakan EaseUS TODO Backup.

  1. Langkah pertama adalah, pastikan bahwa storage/hardisk/ssd exstra sudah terpasang pada komputer/laptop.
  2. Selanjutnya  bisadownload EaseUS TODO Backup PRO disini, setelah itu install software tersebut ke pc kamu.
  3. Buka software tersebut dan ilih opsi System Clone. Tapi, sebelum kamu memulai, pastikan ssd/hdd sudah terpasang dengan partisi yang sepenuhnya kosong dan belum memiliki partisi.
  4. Jika sudah, klik tanda ceklis pada bagian storage yang ingin kamu clone,khususnya untuk sistem operasi.clone windows 2
  5. Pada bagian Advanced Option, kamu bisa memilih Optimize for SSD maupun opsi Sector bt sector clone yang bisa memberikan hasil jauh lebih sempurna, meski proses yang akan dilakukan menjadi lebih lama.clone windows mudah
  6. Jika sudahyakin dengan semu pilihan, kamu bisa melanjutkannya dengan klik Procees dan software ini akan memulai membuat clone dari windows kamu ke SSD atau hardisk yang baru.

Nah, itu dia sedikit tutorial cara clone windows 7/8/10. Dengan cara ini kamu tidak perlu melakukan instal ulang jika hanya ingin memindahkan sistem operasi dari Hardisk ke SSD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.