Cara Mematikan Komputer dan Laptop

cara mematikan komputer

Untuk mereka yang sering menggunakan komputer atau laptop pastinya tau cara mematikan komputer/laptop mereka. Karena cara mematikan laptop memang cukup mudah.

Tapi bagaimana jika orang tersebut baru belajar menggunakan laptop atau komputer? Pastinya akan sedikit mengalami kesulitan saat hendak mematikan komputer dan laptop mereka.

Nah, di kesempatan kali ini kami akan membahas cara mematikan komputer/laptop dengan benar dan aman. Mulai dari mematikan laptop secara normal hingga saat laptop dalam keadaan hang atau error tidak bisa gerak.

Agar tidak terlalu panjang, langsung saja. Berikut cara mematikan komputer dan laptop yang benar.

CaraMematikan komputer dan Laptop dengan Benar

1. Mematikan Laptop atau komputer secara normal

Untuk mematikan komputer dengan benar dan cepat tentulah sangat mudah. Berikut cara standar untuk mematikan pc dan laptop setelah selesai digunakan.

  • Pastikan sudah mengeluarkan semua  apliaksi yang terbuka.
  • Klik tombol start menu di pojok kiri bawah.
  • Pilih Shutdown (Jika Windows 10 klik icon power baru pilih Shutdown).
  • Maka komputer atau laptop akan otomatis mati.

2. Mematikan Windows dengan kombinasi Tombol

shutdown-dengan-benar

Cara pertama pastinya sudah cukup umum digunakan. Cara selanjutnya yang bisa kamu pakai adalah dengan kombinasi tombol keyboard ALT + f4. Berikut caranya.

  • Keluarkan semua aplikasi yang di gunakan dan posisikan windows di desktop.
  • Tekan tombol Alt + f4
  • Menu Shut Down Windows akan muncul.
  • Pilih Shutdown dan klik OK maka komputer akan mati.

3. Shutdown pakai Run

matikan-komputer-lewat-run

Cara selanjutnya kita bisa pakai fungsi run untuk  mematikan komputer atau laptop. Tidak hanya berfungsi untuk mematikan komputer. Kita juga bisa menyetel timer kapan komputer akan mati dengan run. Berikut caranya:

  • Buka Run (windows + R)
  • Ketikkan perintah shutdown /s maka laptop akan langsung mati
  • Untuk memberikan timer tinggal tambahkan perintah menjadi shutdown -s -t 600 maka dalam 10 menit kedepan komputer akan otomatis mati (600 disini berarti 600 detik dan bisa kamu  ubah sesuai kebutuhan)

4. Mematikan Laptop via CMD

cara mematikan komputer lewat cmd

Cara lainnya yang mungkin belum banyak yang tau adalah mematikan komputer lewat CMD. Sebenarnya cara mematikan lewat cmd ini sama halnya seperti menggunakan RUN diatas. hanya beda di bagian perintah saja. Berikut caranya.

  • BukaCommand Promt di komputer kamu.
  • Setelah jendela CMD muncul ketikkanperintah shutdown /s dan komputer akan memulai proses shutdown.
  • Untuk menambahkan timer tinggal tambahkan kode menjadi shutdown /s /f /t 600 (Sama seperti menggunakan Run,600 disini merupakan hitungan mundur dalam detik)

5. Mematikan komputer pakai ctrl + Alt + Del

ctrl-alt-del

Cara lainnya untuk  shutdown komputer bisa melalui shortcut ctrl + alt + del. Cara ini cukup berguna saat komputer dalam kondisi super lemot. Untuk mematikannya kamu cukup menekan kombinasi 3 tombol ctrl + alt + del. Nanti kamu akan dibawa ke halaman start windows dan pilih icon shutdown di pojok kanan bawah.

6. Shutdown Komputer/Laptop yang ngefreeze

cara mematikan komputer ngefreeze

Nah, kalo laptop atau komputer ngefreeze atau tidak bisa digerakkan sama sekali gimana? Langkah darurat yang bisa kita lakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol power hingga mati. Tapi sebelum menggunakan cara yang terakhir ini kamu bisa coba cara kombinasi 3  tombol sebelunya terlebih dahulu.

Tips mematikan komputer agar awet

Berikut beberapa tips mematikan agar hardisk dan ssd lebih awet.

  1. Jangan terlalu sering mematikan laptop/pc menggunakan tombol power. Gunakan cara  ini hanya dalam keadaan darurat saja.
  2. Setelah layar mati tunggu beberapa saat, karena biasanya hardisk masih berputar.
  3. Jangan langsung mencabut power saat komputer atau laptop ngefreeze.

Akhir kata

Sekian tips dan cara mematikan komputer dan laptop yang bisa kamu pakai. Silahkan pilih cara mana yang ingin kamu pakai. Yang terpenting adalah pastikan bahwa komputer kamu dimatikan setelah selesai digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.