cara membuat daftar isi otomatis word 2016

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016

Lagi cari cara membuat daftar isi otomatis Word 2016? Tidak usah kemana-mana lagi, disini akan kami beritau kamu untuk membuat daftar isi secara otomatis diWord 2016. Sebenarnya  untuk versi Wordnya sendiri tidaklah terlalu signifikan, Word 2016 ini dipilih karena memang saat ini versi ini lah yang paling banyak digunakan oleh user Windows.

Selain untuk Word 2016, cara yang akan kami berikan ini bisa juga di gunakan di  Word 2007, 2010, 2013, 2019 atau microsoft 365. Nah, jika kamu mencari tutorial digoogle cara membuat Daftar isi di google kebanyakan pastinya  memberikan yang mode manual. Tapi disini kami akan membagikan cara Otomatisnya.

Kelebihan Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Lalu apasi kelebihan membuat daftar isi otomatis di Word 2016 ketimbang cara manual yang mesti kita isi satu-persatu? Sebenarnya kelebihannya simpel saja, yakni halaman akan secara otomatis terisi atau  berubah sesuai dengan lokasi heading berada. Jika kamu pakai manual dan ingin menghapus halaman, otomatis kita juga  harus mengubah halaman di daftar isi. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa kamu harus membuat daftar isi manual agar tidak salah halaman.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016 Buat Skripsi

Untuk menerapkan daftar isi otomatis tidak bisa langsung begitu saja, pastikan terlebih dahulu struktur penulisan kamu di word. Pastikan setiap sub bab dan lainnya menggunakan Heading di bagian Style. Jadi tentukan dulu mana yang menjadi Header,Heading 1, Heading 2, dan seterusnya untuk mempermudah pembuatan daftar isi.

Nah dari pada kelamaan basa-basinya, langsung aja kita masuk ke tutorial cara membuat daftar isi otomatis di word 2016 dengan mudah.

  • Pertama-tama kita bisa membuat file baru dengan memilih File ⇒ New ⇒ Blank Documents.
  • Sebelum melakukan pengetikan di tab menu Home di bagian Ribbon Styles silahkan lakukan modifikasi pada Heading 1 dan Heading 2 sesuai dengan keinginan.
    cara membuat daftar isi otomatis word 2016
  • Untuk mengeditnya tinggal klik kanan pada bagian Heading1/2 dan pilih Modify.
    modify
  • Selanjutnya tinggal sesuaikan format yang dibutuhkan mulai dari jenis font, ukuran, warna, posisi dan jarak. Beri centang juga pada bagian All Caps agarsemua huruf di judul bab menjadi huruf besar semua dan jika sudah klik Ok.
    modify-style
  • Lanjut, di tab Home bagian Paragraph klik menu Multilevel List dan pilih Define New Multilevel List.
    newmutilevel-list
  • Klik More di bagian kiri bawah.
  • Klik angka 1 di bagian Click list level to modify.
  • Pilih Heading 1 pada bagian list Link level to style
  • Pilih angka romawi I,II,III… pada bagian Number Style for this level
  • Ketikan BAB sebelum romawi I pada Enter formatting for number.
    define-multilevellist
  • Lanjut klik Font dan tentukan jenis Font  yang akan digunakan dan klik OK.
  • Masih di  jendela Define new Multilevel list, pilih nomor 2 pada List click level to modify
  • Pilih Heading 2 pada list link level to style
  • Pilih huruf A,B,C…pada Number style for this level.
  • Beri titik setelah huruf Apada enter formating for number dan klik Tombol Font untuk menyesuaikan jenis, ukuran, dan style fontyang kana digunakan. Jika sudah klik  ok.
    define-multilevellist-2
  • Centang pada Restart list after dan pilih Level 1 pada list level dibawahnya.
  • Disini kamu tinggal atur Posisi sesuai kebutuhan.
  • Lakukan juga pada level-level lain jika diperlukan dan jika sudah klik OK.

Sekarang kamu bisa mulai pengetikan dengan beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Untuk menambah halaman baru harus melalui menu Layout Breaks⇒ dan pilih Next Page agar halaman tidak romawi lagi.
  2. Gunakan Heading 1 untuk membuat BAB baru.
  3. Gunakan Heading 2 untuk membuat Sub Bab baru.

Jika pengetikan sudah selesai, sekarang tinggal memasukkan daftar isi otomatisnya. Berikut caranya.

  • Di halaman pertama klik pada rencana penempatan daftar isi di bagian menu reference ⇒ Table of Contents pilih Table of ContentsAutomatic Table 1 atau Automatic Table 2.
    automatic
  • Di halaman ini kamu tinggal menambahkan judul menjadi Daftar isi dan jangan lupa ubah format style menjadi Heading 1.
  • Lakukan Update Table of Content dan jika yang berubah hanya posisi nomorhalamannya saja,maka pilih radio button Update page numbers only, tapi jika yang berubah headingnyamaka bisa  memilih pada bagian Update entri table dan klik Ok.
  • Selesai.

Sebenarnya tahap pembuatan daftar isi ini bisa langsung kamu masukkan tanpa harus menyelesaikan pengetikan terlebih dahulu. PEmbuatan di  akhir bertujuan untuk mengetahui apakah ada error atau tidak.

Demikian Tutorial kali  ini mengenai cara Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016. Selamat mencoba dan semoga membantu.