Cara Memperbaiki Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca – Meski sudah ada SSD, Hardisk sampai saat ini masih menjadi media penyimpanan favorit baik itu komputer maupun laptop. Hal ini tentunya dikarenakan harga yang makin murah dengan kapasitas yang besar. Nah, dalam penggunaan perangkat ini tentunya terkadang terjadi masalah yakni hardisk internal tidak terbaca di windows.

Kejadian hardisk tidak terbaca di windows ini sering terjadi. Mulai tidak terbaca di system windows hingga hardisk tidak terdeteksi di BIOS sama sekali. Sebelum kita masuk ke tahap cara memperbaiki hardisktidak terdeteksi windows terlebih dahulu kita harus tau faktor yang menyebabkan tidak terbaca.

Faktor Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca

  1. HDD tidak terdeteksi dan terbaca BIOS
  2. Kesalahan memasang kabel
  3. Hardisk tidak hidup/berputar
  4. Ksalahan memasang jumper
  5. Hardisk tidak mendapatkan power yang cukup

hardisk-internal-tidak-terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca

1. Ubah pengaturan BIOS

Langkah pertama untuk mengatasi hardisk laptop dan komputer tidak terbaca BIOS, kita bisa mengubah pengaturan BIOS nya. Hal ini terjadi dikarenakan settingan pembacaan drive OFF yang menyebabkan HDD tidak terbaca.

Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke BIOS dan merubah pengaturan drive menjadi AUTO agar BIOS bisa mendeteksi Hardisk yang kamu gunakan.

2. Cek Pemasangan Kabel

Cara selanjutnya adalah cek pemasangan kabel. Pastikan kamu  tidak  melakukan kesalahan dalampemasangan kabelpada HDD. Pastikan juga kabel tidak terlalu bengkok, terlipat, atau bahkan putus. Karena dari kabel yang bermasalah ini bisa membuat hardisk internal tidak terdeteksi. Karena BIOS tidak bisa mendeteksi kerusakan pada kabel SATA.

3. Pastikan Hardisk Berputar

Kemungkinan lain yang menyebabkan Hardisk tidak terdeteksi di komputer karena hardisk mati atau tidak berputar. Hal ini biasanya terjadi karena hardisk tidak mendapatkan pasokan listrik dari PSU yang cukup. KAmu bisa mengetes dengan menyalakan komputer dan pegang atau dengarkan apakah hardisk tersebut berputar atau tidak.

Bila hardisk tidak berputar kamau bisa coba mengganti kabel power hardisk. Jika tidak berputar juga coba gunakan hardisk tersebut dikomputer lain. Karena bisa jadi PSU kamu yang sudah lemah.

4. Cek dengan aplikasi HDD Regenerator

Cara terakhir kamu bisa mengecek hardisk yang tidak terdeteksi di  windows dengan software HDD Regenerator. Kamu bisa menggunakan HDD Regenerator untuk memastikan apakah hardisk sudah rusak atau hanya ada bad sector saja.

Sekian tips dan Cara Memperbaiki Hardisk Internal Yang Tidak Terbaca di windows 7/8/10 yang bisa kamu coba. Jadi kamu diharuskan memeriksa satu persatu mulai dari bios, kabel dan kondisi hardisk itu sendiri. Semoga cara memperbaiki hardisk tidak terdeteksi diatas dapat berguna dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.