Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Untuk Aplikasi di Smartphone

cara-mengaktifkan-layanan-lokasi-di-iOS-Android

Saat ini hampir sebagian besar aplikasi berbasis online baik itu aplikasi Media Sosial, Chating, Ticket Booking, bahkan game sekalipun akan meminta pengguna untuk mengakses data informasi di hp mereka. Hal ini berlaku baik itu untuk smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS milik iPhone.

Biasanya aplikasi-aplikasi ini membutuhkan data hp anda agar bisa berjalan dengan semestinya. Namun kamu disini sebagai pengguna bisa memilih Izinkan agar aplikasi bisa mengakses informasi dari perangkat. Atau juga bisa memilih Jangan Izinkan jika kamu tidak ingin aplikasi tersebut mengakses informasi lokasimu.

Beberapa akses informasi yang sering diminta izin akses adalah Layanan Lokasi. Dengan mengaktifkan layanan lokasi, aplikasi akan lebih mudah memberikan data secara akurat berdasarkan lokasi atau tempat yang kamu kunjungi.

Nah, buat kamu  yang tidak tau cara mengaktifkan layanan lokasi di Android maupun di iPhone, berikut ini kami berikan panduan mengenai cara mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi

cara-mematikan-izin-akses-lokasi-android-dan-iphone

1. Android

Kamu bisa mengaktifkan Layanan Lokasi di android kamu bisa masuk ke menu Pengaturan > Pengaturan Lanjutan > Privasi > Pilih Location. silahkan klik Akses lokasi untuk mengaktifkannya.

Nah, untuk pengguna android 6 keatas ada fitur tambahan dimana kita bisa menentukan aplikasi mana saja yang bisa mengakses layanan lokasi dan yang tidak. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk menu pengaturan > aplikasi terinstal > Pilih aplikasi yang ingin di aktifkan atau di nonaktifkan permintaan lokasi.

Selanjutnya pilih Izin/Permissions dan silahkan aktifkan atau nonaktifkan pada bagian dapatkan info lokasi. Kamu akan melihat 3 pilihan yakni Izinkan, Tanya terlebih dahulu dan Jangan izinkan..

Untuk pilihan Izinkan berarti aplikasi tersebut bisa mengakses informasi lokasi hp kamu kapan saja. Untuk opsi Tanya terlebih dahulu bererti aplikasi harus meminta izin lagi saat ingin mengakses lokasi kamu. Dan terakhir jangan izinkan yang artinya aplikasi tidak diizinkan untuk mengakses lokasi ponsel.

Ubah tampilan android agar lebih keren, baca selengkapnya di Tema HP Android Keren.

2. iOS iPhone

Untuk mengaktifkan layanan lokasi di perangkat iPhone, kamu bisa membuka menu pengaturan cari menu Privasi dan masuk ke Layanan Lokasi. Terakhir kamu tinggal mengaktifkan dengan menekan tombol slider Layanan Lokasi ke posisi hidup.

Selain melalui pengaturan Layanan Lokasi, kamu juga bisa mengatur akses lokasi untuk setiap aplikasi. Untuk mengaktifkan Layanan lokasi untuk aplikasi tertentu kamu bisa menggulir layar pengaturan ke bawah dan pilih Aplikasi yang akan diatur izin akses layanan lokasi.

Disini ada tiga jenis pilihan yakni opsi Jangan Pernah, Sewaktu Menggunakan App, dan Opsi Selalu.

Jika kamu memilih opsi Jangan Pernah maka aplikasi tidak akan bisa mengakses lokasi dan mendapatkan informasi dari layanan lokasi. Gunakan opsi ini jika kamu  tidak ingin aplikasi tersebut mengetahui informasi Layanan Lokasi.

Untuk opsi Sewaktu Menggunakan App berarti kamu hanya mengijinkan aplikasi mengakses layanan lokasi saat aplikasi terbuka saja. Saat aplikasi ditutup/keluar, mereka kembali tidak mendapatkan izin akses lokasi perangkat.

Sedangkan opsi Selalu berarti kamu mengizinkan aplikasi untuk mengakses layanan lokasi setiap saat. Opsi ini biasanya tersedia  untuk aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan di belakang layar (Background).

Nah itu dia sedikit informasi mengenai Mengaktifkan Layanan Lokasi untuk aplikasi di smartphone Android dan iPhone. Perlu diketahui bahwa informasi Layanan Lokasi merupakan data pribadi yang seharusnya tidak disebar sembarangan. Karena itu, kamu harus berhati-hati saat menginstal aplikasi yang tidak dikenal dan meminta izin mengakses Layanan Lokasi Ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.