Cara Mengatasi Hp Android Lemot

mengatasi-android-lemot

Saat ini banyak vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan memori besar dan performa mumpuni. Tapi bagaimana dengan mereka yang masih bertahan dengan smartphone dengan memori terbatas dan RAM kecil? Kendala yang paling sering dialami oleh smartphone dengan memori dan RAM yang kecil adalah kinerja yang lambat atau hp lemot.

Tapi penyakit hp lemot ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada hp baru dengan memori besar. Karena banyak orang yang masih salah dalam menggunakan smartphonenya yang berakibat hp jadi lemot.

Banyak yang beranggapan bahwa dengan mengganti hp dengan spesifikasi lebih tinggi akan menghilangkan penyakit hp lambat. Hal ini memang benar, tapi dibutuhkan biaya yang cukup banyak untuk mengganti hp lama dengan yang baru. Ditambah bila kamu masih melakukan hal  yang sama pada hp baru kamu seperti hp lama sudah dapat dipastikan cepat atau lambat akan lemot kembali.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mudah mengatasi hp android lemot. Tapi tidak hanya itu saja, disini juga akan dibahas hal apa saja yang menyebabkan hp cepat lemot.

Penyebab dan Cara mengatasi HP Android Lemot

Android ini merupakan smartphone yang dimana cara penggunaannya tidak boleh asal-asalan. Kamu harus tau bagaimana cara merawat smartphone supaya tetap awet dan dalam kondisi prima. Tips-tips ini juga berguna untuk semua smartphone seperti iOS dan windows phone.

Berikut adalah beberapa penyebab smartphone lemot dan cara mengatasinya dengan modah.

1. Kebanyakan Install Aplikasi

aplikasi wajib install

Banyaknya aplikasi dan game diplaystore tentunya akan menggugah hati kita untuk memasangnya. Tapi kebanyakan dari aplikasi yang terinstall di smartphon, kurang dari 30%nya saja yang aktif digunakan. Sisanya? tentu saja hanya kamu install dan kamu biarkan karena mungkin sudah bosan atau lupa.

Dengan menginstall banyak aplikasi tentunya akan mengurangi kapasitas memori. Apalagi bila aplikasi tersebut banyak yang berjalan di background. Hal ini lah yang sering menghabiskan RAM kamu dan membuat hp jadi lemot.

Cara paling mudah mengatasi masalah  ini adalah dengan menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja dan segera menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Baca juga: Aplikasi Yang Sebaiknya Tidak Kamu Instal di Android .

2. Chat atau pesan yang menumpuk

chat menumpuk

Hal selanjutnya yang sering dilakukan pada smartphone adalah tidak menghapus pesan lama baik itu pesan SMS, WhatsApp, Line, atau pesan chating lainnya. Kelihatannya memang sepele, namun hal ini amat sangatlah membuat hp berat setiap ada chat yang masuk. Karena setiap aplikasi dibuka, hp akan memproses seluruh isi chat yang ada di aplikasi tersebut. Kamu bisa bayangkan bagaimana bila ada lebih dari seribu pesan yang kamu simpan dan hp kamu terus-menerus menscannya untuk ditampilkan.

Untuk itu kamu harus sering-sering menghapus chat yang sudah berlalu. Bila ada chat yang penting kamu bisa menyimpannya di drive. Admin sendiri sudah menerapkan cara ini dan terbukti smartphone admin yang sudah lebih dari satu tahun masih memiliki performa yang bagus tanpa ada kendala hp lemot.

3. Lupa menghapus history pencarian

Penyebab selanjutnya ini hampir mirip seperti chat yang menumpuk. Tapi disini yang menumpuk adalah history atau riwayat pencarian. Riwayat ini bisa berasal dari browser, youtube, dan lainnya. History yang terkumul ini akan membentuk cache yang semakin lama akan semakin membesar ukurannya bila kamu tidak segera menghapusnya.

Untuk mengatasinya adalah dengan rajin menghapus history pencarian dari seua aplikasi. Kamu bisa menuju pengaturan aplikasi yang dipakai > Pilih riwayat dan hapus data riwayat. Hal ini berlaku di semu aplikasi yang terhubung ke internet.

4. Widget yang berlebihan

widget-smartphone

Tentunya kamu ingin tampilan hp menjadi keren dan langkah paling mudah adalah dengan memasang widget. Tapi kamu harus tau bahwa widget tersebut sebenarnya cukup memakan banayak RAM. Dengan RAM yang semakin terpotong sudah pasti hp akan menjadi cepat lambat.

Untuk itu gunakanlah widget seperlunya saja atau tidak usah sekalian agar hp lebih ringan. Adin sendiri hanya menggunakan widget jam pada hp androidnya.

5. Memori penuh terus

memory-full

Penyebab hp lambat selanjutnya adalah Memori hp yang sudah hampir penuh. Memori disini tidak hanya memori internal namun juga memori eksternal. Salah satu atau bahkan keduanya penuh akan sangat berpengaruh pada kinerja smartphone.

Untuk mengatasi ini sebisa mungkin selalu menyediakan Freespace atau ruang kosong minimal 10% dari total memori yang digunakan. Sebagai contoh bila memori kamu adalah 16GB maka kamu setidaknya harus menyisakan 1.6GB ruang kosong. Atau kamu bisa menggunakan Google Drive atau cloud drive lainnya yang gratis untuk menyimpan file-file kamu.

6. Factory Reset/Format Adroid

Cara terakhir yang bisa kamu lalukan untuk mengatasi hp lemot adalah dengan melakukan Factory Reset atau hapus data telepon. Cara ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp kamu dan hanya menyisakan data dan aplikasi bawaan.

Sebelum melakukan cara ini sebaiknya kamu menyimpan atau membackup terlebih dahulu data-data penting seperti kontak dan catatan. Tapi perlu diketahui, jika kamu masih mengulangi kesalahan nomor 1 sampai 5, cepat atau lambat hp akan kembali lambat lagi.

Kesimpulan

Gunakanlah smartphone sebijak mungkin agar performa dan kinerjanya tidak turun. Simpanlah data atau file di tempat lain seperti PC, Flashdisk atau Cloud Storage karena menyimpan banyak data di hp adalah pelaku utama penyebab hp lemot.

Semoga tips kali ini bermanfaat. Dengan mengikuti tips di atas kami yakin kinerja hp kamu akan tetap stabil karena tidak banyak data yang disimpan dan memori selalu lega. Selamat mencoba dan terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.