cara mengembalikan data hardisk yang terformat tanpa software

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Terformat di Hardisk

Cara Mengembalikan Hardisk yang Terformat Seperti Semula – Hampir sebagian orang pastinya pernah melakukan kesalahan baik itu di kehidupan, pekerjaan, atau dalam hal lain. Nah, karena kita sedang membahas masalah mengembalikan file yang terhapus di hardisk tentunya juga masuk ke dalam daftar kesalahan seseorang. Yakni kesalahan menghapus file yang seharusnya tidak dihapus.

Kesalahan menghapus file dihardisk biasanya terjadi saat kita sedang membersihkan file-file lama yang sudah tidak terpakai. Namun naasnya ternyata ada file baru  yang seharusnya tidak kita hapus tapi malah terhapus.

Jika hanya terhapus satu atau 2 file tidaklah terlalu sakit. Hal terburuk yang mungkin bisa terjadi adalah file satu hardisk terhapus karena hardisk terformat. Dari masalah inilah pasti banyak yang mencari cara mengembalikan file dari hardisk yang terformat atau terhapus.

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus/Terformat dari Hardisk

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan file hardisk  yang terhapus. Namun tidak ada jaminan file tidak rusak, apalagi jika jenis file yang terhapus adalah file document atau tulisan. Karena menurut pengalaman admin sendiri, untuk restore file dokumen tang terhapus itu untung-untungan.

Daripada kepanjangan ceritanya,lebih baik kita langsung saja ke langkah-langkah mengembalikan data hardisk yang terhapus.

Cek Recycle Bin

Untuk kasus file terhapus secara tidak sengaja, kita bisa terlebih dahulu mengecek Recycle Bin windows. Karena secara default,file yang terhapus tidak langsung hilang begitu saja. Biasanya file tersebut akan ditahan terlebih dahulu di Recycle Bin.

Silahkan cek Recyclebin terlebih dahulu, apakah file yang terhapus masih ada atau tidak. Tapi akan lain ceritanya bila kamu mematikan fitur agar tidak memasukkan file terhapus ke dalam Recycle Bin. Selain itu untuk kasus file di hardisk terformat juga sudah pasti tidak akan ada di  Recycle Bin. Silahkan baca langkah berikutnya untuk recovery hardisk terformat.

Recovery Hardisk Pakai EaseUS Data Recovery

LAngkah selanjutnya untuk mengembalikan data yang terformat adalah dengan software bernama EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini tersedia gratis dan bisa kamu download disini. Tapi,yang namanya gratis tentunya ada beberapa pengurangan fitur dan pembatasan. Untuk Download EaseUS Data Recovery PRO kamu bisa mencarinya di bagas31 ataupun gigaurbalingga.

Untuk mengembalikan data yang terformat dengan software ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download EaseUS Data Recovery PRO dan instal di komputer/Laptop.
  • Buka software Date Recovery.
  • Pilih jenis file yang ingin di restore.
  • Pilih lokasi drive tempat file terhapus/terformat.
  • Mulai scan dan tunggu hingga proses pencarian file selesai.
  • Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Deep Scan agar pencarian dilakukan lebih dalamlagi sampai per sektor.
  • Setelah selesai cari file yang ingin di restore dan beri tanda centang.
  • Klik recovery.

Recovery Hardisk Pakai GetDataBack for NTFS

Software selanjutnya yang cukup bagus untuk mengembalikan file dari hardisk yang terformat adalah GetDataBack for NTFS. Untuk download GetDataBack fersiPro agar bisa merestore fileyang sudah terhapus bisa kamu cari di  Google.

Berikut cara menggunakan GetDataBack for NTFS:

  • Download dan instal software GetDataBack for NTFS.
  • Buka software GetDataBack for NTFS PRO.
  • Pada pilihan recovery bisa pilih Systematic file System damage untuk hardisk yang terformat dan I wan to recover delete file untuk mengembalikan file yang terhapus.
  • Klik Next, pilih drive  yang ingin di recovery data-datanya dan klik next lagi.
  • Software akan mulai menscan sector hardisk untuk mencari file yang terhapus.
  • Setelah selesai bisa kamu cari file yang terhapus.
  • Klik kanan pada file  yang ingin diselamatkan dan pilih restore beserta lokasinya.
Buat yang sedang mencari cara recovery file android yang terhapus  juga bisa baca Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Catatan sebelum menggunakan software Recovery Hardisk

  • Software Hardisk Recovery hanya bisa digunakan untuk hardisk dan tidak untuk SSD.
  • Untuk kasus hardisk terformat kami menyarankan untuk melepas HDD terlebih dahulu dan memasangnya  di komputer lain.
  • Usahakan tidak menaruh data setelah hardisk terformat  untuk menghindari data yang terhapus rusak.
  • Tidak ada jaminan file yang berhasil diselamatkan masih bisa terbuka. Kemungkinan ada sebagian yang rusak dan tidak bisa dibuka kembali.

Sekian penjelasan dan langkah-langkah cara mengembalikan data yang terhapus/terformat dari hardisk. Semoga tutorial kali ini bisa mengembalikan data kalian yang terhapus. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.